materi pembelajaran pai sma

Fokus Materi Pembelajaran PAI SMA/MA K13 Kelas 10 11 12 Sesuai BSNP

Posted on

PenaGuru.Com – Pada postingan kali ini blog penaguru akan memberikan infornasi terkait dengan materi pembelajaran PAI SMA/MA sesuai dengan fokus pembelajaran yang dirilis oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan guru dalam membuat batasan materi pembelajaran sesuai dengan tujuan kurikulum pendidikan.

Tema-tema yang menjadi fokus pembelajaran PAI di jenjang SMA/MA ini meliputi Sumber-sumber ajaran Islam, Akidah dan pembentukan karakter, ibadah dan muamalah (terutama eknomi Islam dan NKRI), dan akhlak terhadap perbedaan mazhab dan perbedaan keyakinan, serta kepedulian lingkungan.

Materi Pembelajaran PAI SMA/MA Kelas 10

Sumber-sumber Ajaran Islam [Aspek: Alquran – Hadis, Fikih dan Sejarah]

Melalui proses pembelajaran di kelas dan di luar kelas, siswa dengan bimbingan guru, mengenal sumber-sumber ajaran Islam yang utama, yaitu: Alquran, Hadits dan Ijtihad.

  • Dari aspek Alquran dan Hadis, siswa mempelajari argumen tekstual dan rasional mengenai sumber-sumber ajaran Islam tersebut dan definisi masing-masing.
  • Dari aspek sejarah, siswa mendalami tentang Alquran (makna, sejarah diwahyukan, dibukukan dan pelestariannya) dan hadits (makna, sejarah periwayatan dan kategorisasinya).
  • Dari sisi fikih, dengan bimbingan guru siswa mengidentifikasi posisi Alquran, Hadis dan ijtihad dalam penetapan hukum Islam dan perbedaan pendapat dalam penafsiran Alquran dan Hadis, perbedaan pendapat dalam ijtihad/fatwa, serta kekuatan sebuah ijtihad/fatwa.

Iman dan Pembentukan Karakter [Aspek: Alquran – Hadis, Akidah dan Akhlak]

Siswa berupaya menguatkan keimanan dengan mengeksplorasi ajaran agama sehingga menumbuhkan keyakinan atas dasar-dasar keimanan.

Dengan Alquran dan Hadis, siswa mengidentifikasi dan mengkaji argumen tekstual tentang dasar-dasar keimanan (rukun iman), Dengan keyakinan pada rukun iman yang enam siswa menumbuhkan karakter yang ditumbuhkan: jujur, optimis, senang berbuat baik, dan tawakkal.

Guru memberikan referensi dan contoh penguatan karakter dengan dasar keimanan. Guru membimbing siswa untuk memperkuat keyakinannya terhadap aspek keimanan dalam ajaran Islam

Ibadah dan Mu’amalah [Aspek: Alquran-Hadis, Fiqh dan akhlak]materi pembelajaran pai sma

Siswa mendalami prinsip-prinsip dan distingsi ekonomi Islam, serta beberapa contoh prakteknya (jual-beli, tabungan, pinjam meminjam dan investasi). Siswa juga mengembangkan sikap hidup yang memperhatikan pentingnya hak Allah dan hak manusia dalam beribadah dan bermuamalah.

Guru memfasilitasi siswa memahami prinsip muamalah dalam Islam dan akhlak dalam bermuamalah. Guru memandu siswa untuk memahami muamalah dalam Islam dan mengidentifikasi praktek-praktek muamalah yang Islami.

Kepedulian Lingkungan [Aspek: Alquran – Hadis, Fikih dan Akhlak]

Siswa mengeksplorasi bacaan, makna dan kandungan ayat-ayat Alquran dan Hadits tentang pentingnya menjaga keseimbangan lingkungan hidup serta tidak merusak alam. Siswa mengidentifikasi ketentuan hukum tentang perbuatan-perbuatan yang merusak lingkungan dan alam.

Baca juga :  Catat! Ringkasan Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 2 Tahun 2020-2021

Siswa menumbuhkan kesadaran peduli lingkungan melalui pembiasaan di sekolah dan di rumah. Sekolah membangun budaya peduli lingkungan. Orang tua membiasakan sikap peduli lingkungan di keluarga.

Guru memandu siswa untuk menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya menjaga dan memperbaiki lingkungan, atas dasar ajaran agama.

Sasaran Kompetensi yang Diharapkan

  • Topik 1 mengantarkan peserta didik untuk memiliki wawasan tentang sumber- sumber ajaran sehingga dapat memahami Islam secara komprehensif dari sumber- sumbernya.
  • Topik 2 mengantarkan peserta didik untuk memantapkan keyakinannya terhadap ajaran Islam melalui eksplorasi terhadp ayat-ayat Alquran dan Hadis yang terkait dengan keimanan. Dasar keimanan yang kuat akan mengantarkan peserta didik memiliki karakter positif yang kuat pula.
  • Topik 3 mengantarkan peserta didik untuk memahami praktek-praktek ibadah dan muamalah dari sumber ajaran Islam dan mempraktekkan akhlak kepada Allah SWT dalam melaksanakan ibadah.
  • Topik 4 mengantarkan peserta didik untuk memahami ajaran agama tentang peduli lingkungan, memiliki kepedulian pada lingkungan dan mempraktekkan akhlak yang baik kepada lingkungan sekitar.

Fokus Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas 11

Beragam Mazhab, Satu Keyakinan [Aspek: Akidah, fikih, Akhlak dan Sejarah]

Setelah di kelas 10 siswa diberikan pemahaman mengenai sumber ajaran Islam dan memiliki dasar-dasar keimanan, di kelas 11, guru mengenalkan kepada siswa tentang perbedaan penafsiran/paham di kalangan umat Islam.

  • Aspek Akidah dan Sejarah: Guru membimbing siswa untuk mengidentifikasi adanya perbedaan mazhab dalam akidah dan fikih, mendalami sejarah lahirnya aliran-aliran dalam akidah dan fikih Islam serta perbedaan pendapat di dalamnya (akidah Ahlussunnah, Syiah, Mu’tazilah, Khawarij, Murji’ah, dan fikih empat mazhab), dan menjelaskan titik temu dari perbedaan-perbedaan tersebut.
  • Aspek Fikih: Guru mendampingi siswa untuk mencermati adanya perbedaan pendapat dan praktek keagamaan dalam hal akidah dan ibadah, disertai dengan argumen-argumen yang digunakan dan contohnya (mis. Penetapan awal/akhir Ramadhan, qunut subuh, hal yang membatalkan wudhu, dll.)
  • Aspek akhlak: guru menanamkan pada siswa untuk menumbuhkan akhlak yang baik kepada sesama Muslim yang berbeda pandangan/praktek keagamaan dalam hal akidah dan ibadah.

Agama dan Negara [Aspek: Fikih, Sejarah dan Akhlak]materi pembelajaran pai sma

Siswa mengeksplorasi pandangan fikih Islam tentang negara dan peran tokoh-tokoh agama dalam pembentukan serta mempertahankan NKRI, mengidentifikasi hak dan kewajiban umat beragama sebagai warga negara dan memahami konsep hubungan agama dan negara dalam NKRI.

Guru memfasilitasi siswa untuk mengidentifikasi dan mengeksplorasi (dari berbagai sumber) pandangan Islam tentang tata negara modern dan menganalisis posisi agama dalam negara di Indonesia (termasuk sejarah dan makna Pancasila), serta memotivasi siswa untuk memperkuat sikap positif sebagai warga negara dan memahami hak dan kewajiban sebagai warga negara yang beragama.

Ibadah, Mu’amalah dan Tradisi [Aspek: Alquran dan Hadis, Fikih, Akhlak, dan Sejarah]

Siswa mendalami ajaran Islam dalam beribadah, bermuamalah dan hal-hal yang bersifat tradisi (dalam kehidupan sehari-hari), seperti puasa, zakat, sedekah, santunan yatim,

Guru mendampingi siswa untuk mendalami makna sosial dalam melaksanakan puasa, zakat (sedekah) dan ibadah lain, beserta argumen tekstual dan rasionalnya (untuk efisiensi guru mengajarkan hanya yang belum dikuasai siswa saja).

Guru menanamkan kepada siswa untuk membangun rasa empati dan kepedulian sosial terhadap kawan, keluarga, tetangga, dan orang yang butuh bantuan.

Sikap dan Kontribusi umat Islam terhadap Perkembangan Ilmu [Aspek: Sejarah dan
Akhlak]materi pembelajaran pai sma

Siswa mencermati perkembangan ilmu di dunia Islam dan meneladani tokoh-tokoh Muslim yang berpengaruh di dunia. Siswa mencermati dan menganalisa sejarah berkembangnya ilmu di dunia Islam, dan kontribusi tokoh-tokoh, seperti: Al-Ma’mun, Harun al-Rasyid, Ibnu Sina, Al-Farabi, Ibn Rusyd, Al-Ghazali.

Baca juga :  Fokus Materi Pembelajaran Matematika SMP Kelas 7 8 9 Lengkap

Guru memotivasi siswa untuk menumbuhkan semangat mencari ilmu dan meneladani sikap- sikap positif ilmuwan Muslim.

Sasaran Kompetensi yang Diharapkan

  • Topik 5 mengantarkan siswauntuk memiliki wawasan tentang perbedaan mazhab dalam ajaran Islam, namun masing-masing tetap saling menghormati dan menjaga hubungan yang baik.
  • Topik 6 memandu siswauntuk memiliki wawasan tentang konsepsi negara dalam pandangan Islam dan hubungan negara dan agama. Sehingga peserta didik memiliki sikap positif sebagai warga negara Indonesia.
  • Topik 7 mengantarkan siswamemahami perbedaan antara ibadah ritual, sosial dan tradisi. Sehingga peserta didik dapat memiliki akhlak yang baik kpada sesama manusia dalam rangka melaksanakan ajaran agamanya.
  • Topik 8 memberikan wawasan kepada siswamengenai sikap Muslim yang baik terhadap ilmu pengetahuan dan memahami kontribusi umat Islam terhadap ilmu, sehingga peserta didik memiliki sikap yang positif dalam belajar dan menghargai ilmu.

Fokus Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas 12

Satu Bumi, Beragam Keyakinan [Aspek: Alquran –Hadis, Akidah dan Akhlak]

Aspek Alquran-Hadis, dan Akidah: siswa mencermati adanya keragaman agama dan keyakinan di dunia dan mampu memposisikan agama dan keyakinannya, disertai dengan memahami argumen tekstual dan rasional tentang perbedaan agama.

Siswa menumbuhkan sikap menghargai perbedaan keyakinan dan mengidentifikasi akhlak positif dalam berinteraksi dengan orang yang berbeda keyakinan (teman atau tetangga).

Guru membimbing siswa untuk mengidentifikasi adanya keragaman agama dan keyakinan di dunia, serta menumbuhkan akhlak positif terhadap perbedaan keyakinan.

Indahnya Ajaran Islam [Aspek: Alquran dan Hadis, Fikih dan Akhlak]

Siswa mencermati dan mendalami ajaran Islam tentang pernikahan (termasuk pembinaan keluarga, perceraian dan keharaman zina), pengurusan jenazah, dan hukum waris beserta argumen tekstual dan rasionalnya.

Guru membimbing siswa untuk memahami ajaran Islam tentang pernikahan (termasuk pembinaan keluarga, perceraian dan keharaman zina), pengurusan jenazah (termasuk takziah dan tradisinya di Indonesia), dan hukum waris (dan penerapannya di Indonesia).

Islam, Ilmu dan Teknologi [Aspek: Keimanan, Sejarah dan Akhlak]materi pembelajaran pai sma

Siswa menganalisa kedudukan ilmu pengetahuan dan pentingnya penelitian dalam Islam, tidak terjebak pada dikotomi ilmu dan tidak terjebak pada penafsiran sempit tentang ilmu. Siswa mencermati contoh dan meneladani ilmuan Muslim: a.l. Ibnu Khaldun, Ibnu Batutah, Abdus Salam (peraih nobel fisika), BJ Habibie.

Guru memfasilitasi siswa untuk menganalisa pandangan Islam tentang ilmu pengetahuan dan meneladani tokoh-tokoh ilmuwan Muslim internasional dan nasional.

Sasaran Kompetensi yang Diharapkan

  • Melalui Topik 9 siswadiharapkan dapat memiliki keyakinan yang kuat tentang agamanya sambil menghargai dan menghormati keyakinan yang berbeda-beda di bumi. Sehingga menumbuhkan akhlak positif terhadap teman dan tetangga yang berbeda keyakinan.
  • Topik 10 mengantarkan siswa untuk memahami dan mempraktekkan ajaran-ajaran Islam terkait ibadah sosial. Sehingga peserta didik dapat memiliki sikap yang positif dalam bermuamalah (interaksi) dengan orang lain.
  • Topik 11 mengantarkan siswa untuk memiliki wawasan yang luas tentang tokoh- tokoh ilmuwan Muslim dalam sejaran Islam dan meneladani tokoh-tokph tersebut sehingga memiliki sikap yang positif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan.

Kesimpulan

Setelah membaca dan menganalisa fokus materi pembelajaran PAI SMA/MA di atas, tentu teman-teman guru sudah memiliki bayangan tentang ruang lingkup pembelajaran pendidikan agam islam yang akan diajarkan. Semoga informasi tersebut membantu.

Referensi: Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP)