materi pembelajaran pai smp
materi pembelajaran pai smp

Fokus Materi Pembelajaran PAI SMP/MTs Kelas 7 8 9 BSNP

Posted on

PenaGuru.Com – Menurut evaluasi badan standar national pendidikan (BSNP) masih banyak guru yang mengalami kesulitan dalam menentukan cakupan materi pembelajaran. Apa akibatnya? Topik pembelajaran akan melebar keluar dari materi yang tercantum dalam kurikulum pendidikan. Olehnya itu pada postingan kali ini blog penaguru akan membagikan informasi tentang fokus materi pembelajaran PAI SMP/MTs Kelas 7 8 9.

Dalam fokus pembelajaran PAI tingkat SMP/MTs Kelas 7 – 9 ini, siswa dipandu untuk memahami ajaran agamanya, baik secara tekstual maupun kontekstual. Seluruh aspek tersebut disajikan dalam 9 fokus pembelajaran yang disajikan secara integratif melalui kegiatan kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Fokus pembelajaran agama Islam siswa kelas 7 – 9 SMP/MTs ini memperhatikan aspek-aspek keimanan (kepada Malaikat dan makhluk ghaib), ibadah (sholat khusus, membaca Alquran, halal dan haram), dan akhlak (jujur, amanah, ikhlas, sabar, pemaaf, cinta ilmu dan qonaah).

Fokus Materi Pembelajaran PAI SMP/MTs Kelas 7

Jujur dan Amanah [Aspek Akhlak dan Alquran-Hadis]materi pembelajaran pai smp

Siswa mengeksplorasi nilai-nilai kejujuran dan amanah dalam ajaran Islam, serta memahami dalil-dalinya. Mengidentifikasi dan mempraktekkan nilai-nilai kejujuran dan amanah dalam kehidupan. Siswa menghafal surat-surat pendek: Al-‘Alaq, At-Tiin, Al- Insyirah dan Ad-Dhuha.

Guru membimbing siswa mengidentifikasi nilai-nilai kejujuran dan amanah lewat contoh kasus dan observasi. Guru membimbing siswa membaca Alquran dengan tajwid dan menghafal surat-surat Al-‘Alaq, At-Tiin, Al-Insyirah dan Ad-Dhuha.

Keimanan kepada Malaikat [Aspek: Keimanan dan Alquran]

Siswa mempelajari tentang makna keimanan kepada Malaikat dan implementasinya dalam kehidupan. Siswa mengetahui dalil-dalil keimanan kapada Malaikat berdasarkan ayat-ayat Alquran pilihan.

Guru membimbing siswa dalam memahami makna keimanan kepada Malaikat dan mempraktekkan implikasi keimanan kepada Malaikat.

Tokoh Muslim Indonesia [Aspek: Sejarah]

Siswa mempelajari kisah dan meneladani KH Hasyim Asy’ari dan KH Ahmad Dahlan dalam dakwah Islam di Indonesia melalui organisasi, lembaga pendidikan, rumah sakit, yayasan yatim piatu, dan lain-lain.

Baca juga :  Materi Advertisement Text dalam Bahasa Inggris Kurikulum 2013 Lengkap dengan Latihan Soal!

Siswa mengemati melalui bacaan dan video, pengaruh tokoh dalam perkembangan Islam di Indonesia.

Siswa mencari informasi tentang tokoh di wilayahnya yang berpengaruh besar dalam dakwah Islam secara kultural di wilayahnya.

Guru memberikan referensi bacaan dan video, membimbing siswa untuk memahami dengan baik dan mengambil kesimpulan akan keteladananan tokoh.

Guru memfasilitasi siswa untuk mengidentifikasi dan mempelajari tokoh dakwah Islam di wilayahnya.

Sasaran Kompetensi yang Diharapkan

  • Melalui topik 1 (jujur dan amanah), siswa diharapkan memiliki sikap jujur dan amanah dalam berinteraksi di keluarga, sekolah dan bermasyarakat.
  • Melalui topik 2 (Keimanan kepada Malaikat) siswa diharapkan memiliki sikap mawas diri dalam berperilaku sehari-hari, sehinga keimanannya tercermin pada perbuatannya.
  • Melalui topik 3 (Tokoh Muslim Indonesia), siswa diharapkan dapat meneladani tokoh- tokoh Muslim di Indonesia dalam memperjuangkan Islam di masyarakat dengan memperhatikan budaya lokal serta merefleksikannya dalam kehidupan saat ini

Fokus Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas 8

Ikhlas, Sabar dan Pemaaf [Aspek: Akhlak dan Alquran-Hadits/Kitab Suci]

Siswa mempelajari dan mengeksplorasi makna ikhlas, sabar dan pemaaf dalam Islam. Siswa melakukan observasi penerapan sikap ikhlas, sabar dan pemaaf. Siswa menghafal surat Al- Lail, As-Syams dan Al-Balad.

Guru membimbing siswa untuk memahami makna ikhlas, sabar dan pemaaf, melalui pemahaman terhadap dalil-dalil Alquran-Hadits dan contoh penerapannya. Guru membimbing siswa untuk menghafal surat-surat pendek pilihan.

Shalat Jumat, Jamak dan Qashar [Aspek: Ibadah]

Siswa mempelajari tentang ketentuan sholat Jumat, Shalat jamak dan qashar, serta mempraktekkannya.

Guru membimbing siswa untuk dapat mempraktekkan sholat Jumat, Jama dan Qashar dengan benar.

Nilai-nilai Cinta Ilmu [Aspek: Sejarah dan Akhlak]materi pembelajaran pai smp

Siswa mempelajari perkembangan ilmu pengetahuan dalam sejarah Islam, di masa Bani Abbasiyah, terutama dengan hadirnya Baitul Hikmah, penerjemahan buku-buku dari luar Islam ke dalam Bahasa Arab.

Guru membimbing siswa dalam menemukan referensi dan mengidentifikasi kemajuan Islam di masa Bani Abbasiyah, kehausan akan ilmu, kesungguhan belajar dan keterbukaan berpikir. Khususnya kehadiran Baitul Hikmah.

Sasaran Kompetensi yang Diharapkan

  • Melalui topik 4 siswa diharapkan memiliki wawasan dapat menerapkan iklhas, sabar dan pemaaf dalam keseharian, serta menghafal surat-surat pilihan dari Alquran.
  • Melalui topik 5 siswa diharapkan dapat melaksanakan solat Jumat dan solat Jamak serta Qashar sesuai dengan ketentuan fikih yang benar.
  • Melalui topik 6 siswa diharapkan memiliki wawasan tentang sejarah Islam masa Bani
    Abbasiyah, serta menumbuhkan kecintaan terhadap ilmu pengetahuan.
Baca juga :  Bahasa Inggris : Materi Teks Naratif Pertemuan 1 Semester 2 Kelas 9 SMP

Fokus Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas 9

Sholat-sholat Khusus [Aspek: Ibadah dan Alquran-Hadis]materi pembelajaran pai smp

Siswa berupaya memahami dan mempraktekkan sholat-sholat yang dianjurkan pada waktu tertentu, seperti sholat ‘ied, tarawih, kusyuf, khusuf, hajat, tahajud dan jenazah. Siswa membaca dan menghafal surat Al-Fajr, Al-Ghasyiyah dan al-A’la.

Guru memfasilitasi siswa untuk memahami dan mempraktekkan sholat-sholat khusus dan membaca serta menghafal surat Al-Fajr, Al-Ghasyiyah dan Al-A’la dengan tajwid.

Halal dan Haram dalam Islam [Aspek: ibadah dan Akhlak]

Siswa mengidentifikasi makanan yang halal dan haram dalam Islam, berupaya menemukan hikmah adanya halal dan haram dalam makanan dan implementasinya dalam kehidupan sehari-hari.

Guru memfasilitasi siswa untuk memahami konsep makanan yang halal dan haram. Guru membimbing siswa untuk merasa cukup dengan yang halal.

Tradisi Islam [Aspek: Sejarah dan Ibadah]

Siswa mempelajari sejarah perkembangan Islam di Indonesia dan menganalisa lahirnya tradisi-tradisi Islam khas Indonesia, seperti: Ragam perayaan Maulid Nabi di Indonesia.

Guru memandu siswa mempelajari sejarah perkembangan Islam di Indonesia dan memahami tradisi-tradisi keagamaan di daerah masing-masing dan menggali hikmahnya.

Sasaran Kompetensi yang Diharapkan

  • Melalui topik 7, siswa diharapkan dapat mempraktekkan sholat-sholat khusus, baik secara sendiri ataupun berjamaah. Siswa juga diharapkan menambah hafalan surat- surat pendeknya.
  • Melalui topik 8, siswa diharapkan dapat membedakan makanan yang halal dan haram, mampu menjelaskan hikmah halal dan haram, serta mampu menerima aturan Allah tentang halal dan haram.
  • Melalui topik 9, siswa diharapkan memiliki wawasan tentang beragam tradisi keagamaan di daerahnya dan mampu membedakan tradisi yang baik dan yang tidak baik, sehingga menghargai tradisi-tradisi keagamaan yang baik.

Kesimpulan

Dengan adanya fokus materi pembelajaran PAI SMP/MTs yang dikeluarkan oleh BSNP akan membuat guru PAI jenjang SMP dan MTs terbantu dalam menentukan batasan materi sehingga proses pembelajaran akan lebih terstruktur dan terarah.

Referensi : fokus pembelajaran oleh BNSP