Perbedaan Thanks dan Thank You serta Thank

Posted on

Perbedaan Thanks dan Thank You – Anda pasti sudah sering mendengar kata thank, thank you, dan thanks dalam percakapan bahasa inggris sehari-hari. Jika dilihat dari kamus Bahasa Inggris, ketiganya memiliki arti yang sama dalam bahasa Indonesia yaitu terima kasih. Lantas apa yang membuat ketiganya berbeda?

Artikel kali ini akan membahas tentang perbedaan kata thank, thank you, dan thanks. Hal ini penting mengingat masih banyak yang belum memahami konteks penggunaan ketiganya.

Daripada penasaran, yuk langsung kepoin penjelasannya di bawah ini, yak!

Perbedaan Thanks dan Thank You

Berikut ini adalah pembahasan perbedaan Perbedaan Thanks dan Thank You serta Thank. Agar lebih mudah dipahami, kami akn mengulas satu persatu secara detail.

Thank dan Penggunaannya

Perbedaan Thanks dan Thank You serta Thank
Perbedaan Thanks dan Thank You serta Thank

Thank termasuk ke dalam kategori kata kerja (verb) yang dapat diartikan dengan “menyatakan terima kasih” atau “berterima kasih” dalam Bahasa Indonesia.

Sedangkan arti thank dalam Bahasa Inggris menurut dictionary.com adalah to express gratitude, appreciation, or acknowledgment to:, yang berarti mengucapkan terima kasih, penghargaan, atau pengakuan kepada:

Dari definisi kata thank tersebut dapat disimpulkan bahwa kata thank digunakan untuk menunjukkan, menyatakan, dan atau menyampaikan rasa terima kasih. Jadi fokusnya bukan kepada ucapan terima kasih itu sendiri.

Silahkan perhatikan beberapa contoh penggunaan kata thank dalam dialog dan kalimat berikut ini:

Dialog 1

A: Anto thanked me for training him well and he said that his test is passed. That’s made me proud. (Anto berterima kasih padaku karena telah melatihnya dengan baik dan dia bilang bahwa ujiannya telah lulus. Itu membuatku merasa bangga)
B: You’re great. I’m so proud to heart that too. (Kamu hebat. Saya juga sangat bangga mendengar hal tersebut)

Dialog 2

A: You will not believe this. Lastri thanked me a while ago for borrowing my dictionary. (Kamu nggak akan percaya ini. Lastri berterima kasih padaku tadi karena telah meminjam kamusku)
B: Really? That cold hearted girl? What did she say? (Beneran? cewek yang pendiam itu? Apa yang dia bilang?)
A: She didn’t say much, you know how she is. But I know that she is sincere. (Dia nggak bilang banyak sih, kamu tahu gimana dia kan. Tapi aku tahu kalau dia tulus)

Baca juga :  120 Kosakata Bahasa Inggris yang Wajib Dihafal untuk Pemula

Contoh thank dalam kalimat

  • Nadiem thanked them for their hospitality.
  • Jokowi thanked to the athlete for their achievement.
  • My father thanked to me for helping him.

Thank You dan Penggunaannya

Perbedaan Thanks dan Thank You serta Thank
Perbedaan Thanks dan Thank You serta Thank

Jika thank diartikan sebagai “menyatakan terima kasih”, maka thank you adalah pernyataan atau ucapan terima kasihnya itu sendiri. Thank you berfungsi sebagai ucapan ini yang kita sampaikan kepada orang lain ketika ingin menunjukkan rasa terima kasih.

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh berikut:

Conversation 1

A: Do you want a cup of tea? I’m buying! (Kamu mau minum secangkir teh? Aku traktir!)
B: Wow, that’s great. Thank you! (Wow, mantap. Terima kasih!)

Conversation 2

A: Thank you for giving me another chance, sir. I promise that I won’t do that again. (Terima kasih sudah memberikan aku kesempatan lagi, pak. Aku janji nggak akan berbuat seperti itu lagi)
B: You better keep your word. (Kamu harus penuhi janji kamu)

Kata thank you juga dapat berfungsi sebagai noun atau kata benda. Dalam fungsi ini, thank you digunakan sebagai alat untuk mengungkapkan rasa terima kasih. Jadi bukan hanya ucapan, namun juga menunjukkan bentuk dari rasa terima kasih kita.

Perhatikan contoh berikut ini:

Example 1

A: This party is surely rousing, right? He’s giving all out this time. (Pesta ini benar-benar meriah, ya? Dia total betul kali ini)
B: Of course, he is. He made this party as a thank you to his first son birth. (Tentu aja lah. Dia buat pesta ini sebagai ungkapan terima kasih atas kelahiran putra pertamanya)

Example 2

A: I never got so much as a thank-you for helping him. (Saya tidak pernah mendapatkan begitu banyak ucapan terima kasih karena telah membantunya.)
B: of course. He was very helped(tentu saja. Dia merasa sangat terbantu)

Baca juga :  3 Arti Kata Fine yang Wajib Anda Ketahui!

Thanks

Perbedaan Thanks dan Thank You serta Thank
Perbedaan Thanks dan Thank You serta Thank

Penjelasan yang terakhir adalah kata “thanks”. Pada dasarnya “thanks” memiliki arti dan fungsi yang sama dengan kata “thank you”. Yang membedakan keduanya hanyalah kondisi pada saat penggunaannya.

Thanks umumnya digunakan dalam percakapan santai atau informasl sebaliknya thank you digunakan dalam percakapan formal.

Lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh berikut:

Example 1

A: Here is my dictionary. You can use it! (ini kamusku. Kamu dapat menggunakannya)
B: Thanks! You’re indeed my best friend! (Terima kasih! Kamu emang teman terbaikku!)

Example 2

A: Thanks for bringing my bag, bro. I am really forget to take it. (Terima kasih telah membawakan tas saya, bro. saya benar-benar lupa mengambilnya)
B: That’s what a friend for, right? (Itulah gunanya teman, kan?)

Seperti halnya dengan thank you, kata thanks juga berfungsi sebagai noun atau kata benda. Kata thanks dapat kita gunakan sebagai bentuk ungkapan terima kasih kepada seseorang atau sesuatu.

Contoh penggunaannya dapat dilihat pada dialog berikut:

Example 1

A: They basically said thanks a lot and shook our hands and took off. (Mereka pada dasarnya mengucapkan terima kasih banyak dan menjabat tangan kami dan pergi)
B: that’s an official. (begitulah seorang pejabat)

Example 1

A: In fifteen days she returned, bringing us the thanks of congress, and fresh orders. (Dalam lima belas hari dia kembali, membawakan kami ucapan terima kasih dari kongres, dan pesanan baru)
B: Really? That’s great! (Benarkah? Itu bagus!)

Demikianlah penjelasan singkat mengenai Perbedaan Thanks dan Thank You serta Thank beserta dengan contoh penggunaannya dalam Bahasa Inggris. Semoga informasi ini bermanfaat!