4 Universitas Jurusan Fashion Design di Yogyakarta

Posted on

Universitas jurusan fashion design di Yogyakarta mengalami tren peningkatan dari tahun ke tahun dalam hal penerimaan mahasiswa baru. Hal ini tak lepas dari semakin berkembangnya industry fashion dalam negeri.

Perkembangan teknologi dan informasi membuat para generasi muda berlomba-lomba untuk menunjukkan eksitensinya melalui social media. Inilah salah satu alasan mengapa industry fashion semakin popular.

Akibatnya peluang kerja di bidang tersebut juga semakin meningkat sehingga jurusan fashion design kini menjadi salah satu yang digemari oleh calon mahasiswa.

Universitas Jurusan Fashion Design di Yogyakarta

Universitas jurusan fashion design di Yogyakarta
Universitas jurusan fashion design di Yogyakarta

Di kota Yogyakarta sendiri terdapat banyak perguruan tinggi yang memiliki jurusan fashion design. Anda tinggal memilih mana universitas yang cocok buat kondisi keuangan dan kebutuhan Anda.

Fashion design sendiri biasanya oleh pihak universitas dimasukkan dalam program studi pendidikan tata busana atau desain komunikasi visual.

Jurusan Fashion Design bisa jadi apa?

Fashion Design dikenal pula sebagai Jurusan Desain Mode. Tetapi kalian tidak cuma belajar segala teknik desain baju, celana, ataupun rok di jurusan ini.

Nyaris tiap produk mode yang bersifat pakaian jadi, kayak topi, selendang, sepatu, apalagi tas, muncul dari karya tangan orang- orang Fashion Design.

Berikut ini adalah beberapa universitas jurusan fashion design di Yogyakarta.

Universitas Negeri Yogyakarta

Universitas jurusan fashion design di Yogyakarta
UNY – Universitas jurusan fashion design di Yogyakarta

Universitas pertama yang bisa menjadi pilihan Anda yaitu Universitas Negeri Yogyakarta. Salah satu universitas negeri terbaik di Indonesia ini menyelenggarakan program studi tata busana mulai dari jenjang D3, D4 hingga S1.

Akreditasi dari ketiga jenjang prodi tersebut pun tak main-main. Prodi D4 Tata Busana terakreditasi Baik, Tata Busana D3 terakreditasi A, dan Pendidikan Tata Busana S1 memiliki akreditasi Unggul berdasarkan sertifikat akreditasi dari BAN-PT.

Baca juga :  Universitas Terbuka Medan Negeri atau Swasta?

Melalui prodi ini, UNY berharap dapat memberdayakan lulusannya dengan berbagai skill di bidang fashion dan dapat berperan aktif dalam mendukung perkembangan dunia fashion dalam negeri sehingga bisa berkompetisi di tingkat internasional.

Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Rekomendasi perguruan tinggi jurusan fashion design di Yogyakarta berikutnya adalah Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Mungkin di kalangan masyarakat umum masih banyak yang belum kenal dengan kampus yang satu ini, namun di kalangan pegiat seni sudah sangat terkenal.

Untuk mendalami bidang fashion design, Anda bisa memilih fakultas seni rupa. Di sana terdapat jurusan S1 Desain Komunikasi Visual (DKV) dan D3 Batik dan Fashion. Anda bisa memilih jurusan mana yang pas buat passion Anda.

Khusus jurusan batik dan fashion ini sangat pas untuk menghasilkan lulusan di bidang seni batik dan fashion yang mengikuti perkembangan zaman sehingga nantinya dapat go internasional.

Beberapa prospek kerja lulusan batik dan fashion ini, diantaranya:

  • Desainer batik dan fashion
  • Wirausahawan di bidang batik dan fashion.
  • Quality Control perusahaan batik dan fashion
  • Supervisor perusahaan batik dan fashion
  • Instruktur/ pelatih di bidang batik dan fashion

Universitas Kristen Duta Wacana

Universitas jurusan fashion design di Yogyakarta
Universitas Kristen Duta Wacana

Universitas jurusan fashion design di Yogyakarta berikutnya adalah Universitas Kristen Duta Wacana. Kampusnya terletak di Kantor Fakultas Arsitektur dan Desain. Gedung Agape lantai 5, Jl. Dr. Wahidin 5-25 Yogyakarta 55224.

Nama prodinya adalah desain produk di bawah naungan fakultas arsitektur dan desain. Anda akan mendapatkan gelar sarjana desain (S.Ds) jika berhasil menyelesaikan studi disini.

Program studi Desain produk UKDW ini menghasilkan generasi profesional mandiri dalam bidang desain produk yang mempunyai kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang handal.

Baca juga :  140 Universitas yang Ada Jurusan Sistem Informasi di Indonesia

Selain itu, Program Studi Desain Produk UKDW juga memberikan peluang belajar melalui program Praktik Profesi Desain di Industri, Kuliah Kerja Nyata di Desa, dan sejak tahun 2021 akan menerapkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Dengan dukungan fasilitas yang lengkap dan tenaga pengajar terbaik di bidangnya, Lulusan dari program studi ini mempunyai prospek kerja sebagai berikut:

  • Wirausaha Desain (Design Entrepreneur)
  • Desainer Produk (Product Designer)
  • Desainer Kerajinan (Craft Designer)
  • Peneliti Desain (Design Researcher)

AKS- AKK Yogyakarta

Walaupun namanya tidak sebesar kampus – kampus lain yang terdapat di Yogyakarta, AKS- AKK Yogyakarta ini dapat jadi opsi buat kuliah bidang fashion design.

Universitas jurusan fashion design di Yogyakarta yang terletak di tengah kota Yogyakarta, tepatnya di Jl. Nitikan Baru No.69 Umbulharjo Yogyakarta ini kerap mengadakan aktivitas gelar cipta. Adanya aktivitas ini juga bisa menarik atensi warga buat kuliah di bidang ini.

Program tata busana di kampus ini mempunyai tujuan buat menciptakan lulusan sanggup berjiwa wirausaha serta mandiri.

Tidak cuma itu, lulusan dari kampus ini diharapkan mempunyai tujuan bisa meningkatkan diri dengan teknologi busana. Tidak hanya jurusan tata busana, Anda juga bisa memilih jurusan tata rias serta tata boga di kampus ini.

Demikian informasi mengenai jurusan fashion design yang pas buat calon mahasiswa yang ingin mendalami dunia mode atau fashion design. Anda bisa memilih kampus yang membuka jurusan ini termasuk universitas jurusan fashion design di Yogyakarta yang telah kami sebutkan di atas.