Universitas Swasta di Bandung Akreditasi A, Nomor 1 Paling Mewah!

Posted on

Universitas Swasta di Bandung akreditasi A – Pilihan untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi bukan hanya melalui Universitas Negeri. Banyak Universitas Swasta yang memiliki kualitas tak kalah bagus dengan PTN Negeri.

Universitas swasta di Indonesia jumlahnya sangat banyak dan telah tersebar di berbagai wilayah termasuk di Kota Bandung, Jawa Barat. Namun masih banyak juga yang beranggapan bahwa kualitas kampus tersebut jauh lebih mahal di bandingkan dengan kampus negeri.

Padahal kenyataannya, Universitas swasta malah ada yang lebih bagus kualitasnya dan lebih murah dibandingkan kampus negeri.

Universitas Swasta di Bandung Akreditasi A

Selain biaya yang murah, tentu akreditasi menjadi pertimbangan dalam memilih perguruan tinggi. Hingga saat ini, di Bandung telah berdiri beberapa Universitas swasta yang memiliki akreditasi A.

Apakah Anda tertarik untuk melanjutkan kuliah di perguruan tinggi swasta di bandung? Simak, beberapa rekomendasi Universitas Swasta di Bandung akreditasi A yang murah.

Universitas Telkom

Universitas Swasta di Bandung akreditasi A
Telkom University -Universitas Swasta di Bandung akreditasi A

Telkom University berdiri pada tanggal 14 Agustus 2013 menurut Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud No 309/ E/ 0/ 2013. Telkom University merupakan Perguruan Tinggi Swasta yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Telkom, serta merupakan penggabungan dari 4 Perguruan Tinggi Swasta, yakni institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), Politeknik Telkom, serta Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom).

Kampus yang berlokasi di Bandung ini mempunyai akreditasi UNGGUL serta menempati peringkat 1 Perguruan Tinggi Swasta(PTS) di Indonesia versi Kemenristekdikti, Webometrics, Times Higher Education World University Ranking, Science and Technology( SINTA), UniRank serta SCImago, dan memperoleh pemeringkatan dunia QS untuk kategori Online Learning bintang 5.

Prestasi yang lain, Telkom University juga mencapai penghargaan Standar Nasional Indonesia (SNI) Award tahun 2021, dari Badan Standardisasi Nasional (BSN).

SNI Award ialah penghargaan paling tinggi dari Pemerintah Republik Indonesia untuk organisasi yang mempraktikkan SNI secara konsisten, berkinerja besar, mempunyai keahlian mengelola dinamisasi transformasi, serta mengaplikasikan transformasi.

  • Biaya Kuliah: kisaran Rp. 6. 000. 000- Rp. 20. 000. 000 per semester
  • Akreditasi: A

Universitas Komputer Indonesia

Universitas Swasta di Bandung akreditasi A
UNIKOM – Universitas Swasta di Bandung akreditasi A

Rekomendasi universitas swasta di Bandung akreditasi A berikutnya adalah Universitas Komputer Indonesia atau biasa dikenal UNIKOM.

Baca juga :  Universitas Terbuka Medan Negeri atau Swasta?

UNIKOM merupakan kampus swasta terkemuka di Kota Bandung yang mempunyai spesialisasi di bidang teknologi dan informasi.

Kampus yang populer dengan moto Quality is Our Tradition ini berulang kali menjuarai kejuaraan tingkatan nasional serta internasional dalam bidang teknologi dan informasi, lho! Seperti juara awal International Robot Contest di Amerika (2014), juara nasional Indonesia Digital Creative (2014), serta medali emas dalam Kontes Robot Internasional di Amerika (2010).

  • Biaya Kuliah: Rp5. 000. 000- Rp8. 000. 000 kisaran per- semester
  • Akreditasi: A

Universitas Katolik Parahyangan

Universitas Katolik Parahyangan ataupun yang biasa dikenal dengan UNPAR ialah Universitas Katolik pertama di Indonesia yang telah berdiri semenjak tahun 1955.

Berdirinya kampus UNPAR diperuntukan untuk memenuhi kebutuhan SDM berpendidikan tinggi di Republik Indonesia kala masa awal kemerdekaan. Oh ya, kala itu UNPAR tidak langsung berdiri selaku universitas melainkan berawal dari Perguruan Perniagaan yang saat ini jadi Fakultas Ekonomi.

Universitas Swasta di Bandung akreditasi A
UNPAR

Hingga saat ini, UNPAR telah melahirkan banyak alumni hebat serta berkarakter yang tersebar di seluruh Indonesia.

Semenjak tahun 1955 sampai saat ini pastinya telah banyak pergantian serta kemajuan yang dicapai Universitas Katolik Parahyangan. Sehingga layak menjadi universitas swasta di Bandung akreditasi A.

Dari yang awal mulanya cuma satu fakultas sampai saat ini terdapat 7 fakultas untuk program sarjana, ditambah lagi dengan program pascasarjana untuk magister dan doktor. Perjalanan panjang yang dirasakan Universitas Katolik Parahyangan bakal memberimu pengalaman akademik yang bermutu pastinya.

  • Biaya Kuliah: Rp12. 700. 000– Rp53. 700. 000
  • Akreditasi: A

Universitas Islam Bandung

Universitas Swasta di Bandung akreditasi A
UNISBA – Universitas Swasta di Bandung akreditasi A

Apabila kita sebut universitas swasta terbaik di Bandung, nama Universitas Islam Bandung (Unisba) muncul jadi salah satu yang paling atas.

Unisba juga menjadi salah satu universitas yang perkembangannya sangat pesat. Salah satunya dari jumlah peminat. Tahun akademik 2008/ 2009 jumlah peminatnya cuma 2. 000 orang, sebaliknya pada tahun akademik 2016/ 2017 peminatnya bertambah jadi 12. 000 orang.

Pada tahun 2015, survey majalah Tempo menempatkan Unisba masuk ke dalam 10 universitas swasta terbaik di Indonesia.

  • Biaya Kuliah: Rp5. 000. 000 kisaran per- semester
  • Akreditasi: B

Universitas Pasundan

Kampus yang berdiri semenjak 14 November 1960 ini membuktikannya dengan mencapai peringkat ke- 49 universitas terbaik di Indonesia versi Kemenristekdikti.

Sembari berpegang pada budaya lokal, Unpas senantiasa terbuka dengan dunia internasional. Antara lain melalui kerja sama dengan kampus luar negara dari Korea Selatan, Jepang serta Kroasia.

Baca juga :  7 Universitas yang Ada Jurusan Desainer Baju Paling Diminati

Pengkuh Agamana, Luhung Elmuna, Jembar Budayana. Begitulah slogan Universitas Pasundan (Unpas) yang bertujuan melahirkan generasi bermutu dalam aspek agama, ilmu dan budaya.

  • Biaya Kuliah: Rp8. 700. 000 kisaran per- tahun
  • Akreditas: B

Politeknik Pos Indonesia

Universitas Swasta di Bandung akreditasi A
Universitas Swasta di Bandung akreditasi A

Politeknik Pos Indonesia adalah institusi pendidikan tinggi yang didirikan oleh Yayasan Pendidikan Bhakti Pos Indonesia (YPBPI) pada tahun 2001.

Politeknik Pos Indonesia telah memperoleh akreditasi kampus B BAN-PT serta memiliki 6 program studi yang terbagi menjadi Diploma 3 dan Diploma 4 yaitu, Logistik Bisnis, Manajemen Bisnis, Teknik Informatika, Manajemen Infomatika, Akuntansi dan E-Commerce Logistics.

Kampus yang terletak di Jalan Sariasih No. 54 Sarijadi Bandung 40151 Jawa Barat Indonesia memiliki visi menjadi perguruan tinggi vokasi yang unggul secara Nasional dalam bidang Logistik dan Manajemen Rantai Pasok.

  • Biaya Kuliah: Rp8. 000. 000 kisaran per- semester
  • Akreditas: B

Sekolah Tinggi Teknologi Mandala

Sekolah Tinggi Teknologi Mandala di bawah Yayasan Pendidikan Bina Teknika Bandung yang pada awalnya bernama Akademi Teknik Mesin (berdiri tanggal 17 april 1972), mendapat status Terdaftar dengan SK Kopertis Wilayah III Jawa Barat Nomor: 54/KPT-III/TAR-SM tanggal 14 Oktober 1974.

Kampus yang terletak di Jl. Soekarno Hatta No 597 Bandung membuka Program Studi yaitu program Strata 1 dan Diploma 3 dengan Jurusan Teknik Mesin, Teknik Elektro, dan Teknik Sipil dan Teknik Informatika.

Institut Teknologi Harapan Bangsa

Kampus yang terletak di pusat Kota Bandung ini berdiri pada tahun 2002 dan didirikan oleh Yayasan Petra Harapan Bangsa.

Visi dari kampus Institut Teknologi Harapan Bangsa ini merupakan “Our vision to brighten the nation by educating future leaders World Health Organization make a difference”.

Nah, siapa yang ingin berkuliah di Kota Bandung yang sejuk, ITHB dapat jadi opsi, ya!

  • Biaya Kuliah: Rp. 7. 000. 000 kisaran per- semester

Demikian informasi mengenai rekomendasi Universitas Swasta di Bandung akreditasi A yang dijamin bakal membuat Anda bingung untuk memilih salah satu diantaranya. Silahkan bandingkan pula dengan rekomendasi Universitas Negeri di Bandung akreditasi A.
Semoga informasi tersebut bermanfaat yah.