Berapa Tahun Kuliah di Universitas Terbuka?

Posted on

Berapa tahun kuliah di Universitas Terbuka? Mungkin banyak yang penasaran dengan jawaban dari pertanyaan tersebut. Apakah sama dengan durasi kuliah di Universitas lainnya atau tidak?

Universitas Terbuka mungkin adalah satu-satunya Universitas yang mempunyai cabang di seluruh Provinsi yang ada di Indonesia.

Artikel kali ini akan membahas informasi yang berkaitan dengan Universitas Terbuka yang mulai menunjukkan eksistensinya dalam dunia pendidikan Indonesia. Yuk, simak pembahasan seputar Universitas Terbuka berikut ini.

Berapa Tahun Kuliah di Universitas Terbuka

Universitas Terbuka (UT) merupakan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia yang menerapkan sistem belajar terbuka dan jarak jauh.

Berapa tahun kuliah di Universitas Terbuka
Berapa tahun kuliah di Universitas Terbuka

Sistem belajar ini terbukti efektif untuk meningkatkan daya jangkau sehingga dapat memberikan kesempatan kepada semua warga negara Indonesia yang berada di daerah terpencil mendapatkan pendidikan tinggi.

Namun jangan beranggapan bahwa masa kuliah nya lebih singkat dibanding universitas lainnya. Berapa tahun kuliah di Universitas Terbuka? Jawabannya, tentu saja tergantung program studi apa yang Anda tempuh. Apakah program D3, D4, S1, S2, atau program doktor.

Berapa Lama Kuliah S1 di Universitas Terbuka

Lama kuliah S1 di Universitas Terbuka sama dengan kampus lainnya. Perkuliahan akan dilakukan selama 8 semester yang normalnya dapat selesai dalam kurun waktu empat tahun. Waktu kuliah ini sama dengan program studi D4

Namun jika Anda dapat mengatur jadwal dengan mengambil mata kuliah akselerasi, mungkin saja Anda dapat menyelesaikannya lebih cepat.

Kuliah S2 di Universitas Terbuka

Lama waktu kuliah untuk program pasca sarjana (S2) di Universitas Terbuka juga hampir sama dengan kebanyakan kampus pada umumnya. Dimana jumlah semester yaitu empat semester dengan waktu normal perkuliahan selama 4 tahun.

Baca juga :  Universitas Terbuka Medan Negeri atau Swasta?

Hingga saat ini sudah ada 10 program studi magister atau S2 yang diselenggarakan oleh UT.

Sedangkan untuk program doktoral atau S3 baru membuka dua program studi, yakni S3 Administrasi Publik dan S3 Ilmu Manajemen.

Syarat Kuliah Di Universitas Terbuka

Syarat untuk mendaftar kuliah di UT tidak meminta hal-hal yang sulit. Hampir semuanya sama dengan persayaratan umum untuk menjadi mahasiswa. Satu yang wajib tentu saja calon mahasiswa haruslah lulusan SMA sederajat. Selain itu, harus memiliki alamat email yang aktif.

Untuk menjadi mahasiswa Universitas Terbuka, calon mahasiswa wajib melakukan admisi untuk melengkapi informasi data pribadi dan mengunggah berkas pendaftaran. Beberapa berkas yang harus dilengkapi seperti:

  • Formulir Data Pribadi Mahasiswa Universitas Terbuka
  • Formulir Isian Pas Foto, dan Tanda Tangan Mahasiswa UT
  • Formulir Surat Pernyataan Kebenaran Data dan Keabsahan Dokumen
  • Formulir Penilaian Kinerja Profesional Guru

Pendaftaran Kuliah Di Universitas Terbuka

Berapa tahun kuliah di Universitas Terbuka

Pendaftaran kuliah di Univesritas Terbuka dapat dilakukan secara online maupun offline. Untuk pendaftaran offline , silahkan mendatangi kampus UT terdekat dari domisili Anda dengan membawa semua dokumen pendaftaran yang dibutuhkan.

Sedangkan bagi pendaftar online perlu melakukan beberapa tahapan, diantaranya yaitu:

  • Sebelum melakukan tahapan pendaftaran calon mahasiswa UT, terlebih dahulu siapkan akun email yang masih aktif dan bisa Anda akses serta softcopy atau file scan semua dokumen yang menjadi persyaratan pendaftaran.
  • Selanjutnya Anda perlu melakukan admisi atau registrasi melalui laman https://sia.ut.ac.id
  • Silahkan melakukan pendaftaran dengan menekan tombol pengguna baru. Anda akan diminta untuk mengisi data diri. Silahkan lengkapi kemudian klik “Buat Akun Mahasiswa Baru”.
  • Kemudian Anda harus melakukan verifikasi email yaitu dengan membuka email yang telah Anda daftarkan dan mencari pesan masuk dari UT lalu klik tombol “Verifikasi”.
  • Setelah berhasil melakukan verifikasi, silahkan login ke lama SIA dengan aku yang telah Anda buat tadi. Anda akan diminta untuk membayar tagihan admisi.
  • Selanjutnya, silahkan lakukan pembayaran terlebih dahulu sesuai dengan jumlah yang diminta. Setelah itu Anda dapat melanjutkan pendaftaran dengan mengunggah semua dokumen persyaratan.
  • Jika semua data sudah terisi dengan lengkap maka Anda tinggal menunggu proses validasi dari panitia PMB.
Baca juga :  38 Jurusan di Polban Bandung dan Akreditasinya

Sistem Kuliah Di Universitas Terbuka

Berapa tahun kuliah di Universitas Terbuka

Sistem perkuliahan di UT menganut sistem terbuka dan jarak jauh. Istilah jarak jauh artinya bahwa kegiatan pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka tetapi menggunakan media, baik itu media cetak (modul) maupun media non-cetak (audio, video, komputer, internet, siaran radio, dan televisi).

Mahasiswa UT diharapkan dapat belajar secara mandiri sehingga jam kuliah di Universitas Terbuka ini sangatlah fleksibel.

Sedangkan makna dari terbuka yaitu tidak adanya batasan usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu pendaftaran, dan frekuensi mengikuti ujian. Satu-satunya batasan yang ada seperti yang telah disebutkan bahwa setiap calon mahasiswa UT haruslah lulusan SMA sederajat.

Berapa Biaya Kuliah Universitas Terbuka

Biaya pendidikan di UT merupakan biaya yang dibebankan kepada mahasiswa untuk penyelenggaraan dan pembinaan pendidikan serta layanan akademik.

Biaya pendidikan terbagi dua yaitu uang kuliah dengan sistem paket per semester atau paket per SKS dan biaya layanan akademik.

Biaya kuliah dan layanan akademik di UT mungkin saja berbeda antara program studi yang satu dengan prodi lainnya. Agar lebih jelasnya nanti dapat Anda lihat melalui katalog yang dapat diunduh ketika telah berhasil melakukan admisi.

Demikian informasi mengenai berapa tahun kuliah di Universitas Terbuka beserta dengan beberapa informasi penting lain sehubungan dengan perkuliahan di UT.

Semoga informasi tersebut bermanfaat buat calon mahasiswa yang berminat kuliah di UT.