cara membuat absen online
source : canva.com

Begini Cara Membuat Absen Online Dengan Menggunakan Google Form | Daring 2020

Posted on

Penaguru.com– Hallo apa kabar sahabat pena? Tentunya masih pada sehat kan? Kali ini saya akan berbagi tutorial tentang cara membuat absen online di Google form di mana nanti siswa yang akan mengisi sendiri absennya dan kita hanya tinggal merekapnya. Absen online ini sangat bermanfaat buat bapak/ibu guru yang melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Kita hanya perlu membuatnya sekali dan bisa dipakai selama masa PJJ.

Kenapa memilih google form? Tentu saja karena selain gratis, juga mudah dalam pembuatannya. Selama ini mungkin ada diantara bapak/ibu guru yang menggunakan metode absen melalui WA ataupun telegram, dan banyak yang mengeluh karena media penyimpanan smartphone nya yang tidak memadai. Nah melalui google form ini, kita tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut karena semua data akan tersimpan di database google.

Baik bapak/ibu, jadi yang dibutuhkan dalam membuat absen online dengan menggunakan google form hanya dua yaitu, akun google dan koneksi internet. Saya rasa dua hal tersebut sudah dimiliki oleh bapak/ibu guru semua.

Langkah-langkah Cara Membuat Absen Online dengan Google Form

  • Pertama-tama kita buka website google  dan login menggunakan akun google kita, masukkan email dan password pastikan tampilannya google seperti ini
cara membuat absen online
source : dok form. google.com
  • Kemudian pilih tanda kotak-kotak 9 di atas pojok kanan kemudian kita pilih Drive hinggga muncul tampilan berikut.
cara membuat absen online
source : dok form.google.com
cara membuat absen online dengan menggunakan google form
source: dok.form.google.com
  • Klik Kanan di area yang kosong atau klik tanda tambah kemudian pilih buat folder, ini agar aset google drive kita tertata dengan rapi. Jadi biasakan ketika menyimpan file di drive buat per folder sesuai tipe supaya tidak kerepotan dalam mencari berkasnya nanti. Setelah muncul kotak tambah folder baru silahkan ini nama folder anda, misal absen siswa.
Baca juga :  3 Cara Terbaru Melakukan Pembelajaran Online | Belajar Daring
cara membuat absen online dengan google form
source: dok.form.google.com
  • Buka folder yang sudah anda buat, kemudian klik kanan di area yang kosong lagi, paling bawah pilih google formulir, hingga muncul tampilan seperti ini.
cara membuat absen google form
source: dok.formgoogle.com
  • Kemudian kita pilih judulnya dulu disini kita klik dan isi,  misalnya absensi kelas kelas 4a. Klik dibagian pojok kiri tulisan formulir tanpa judul maka akan muncul otomatis sama dengan judul formulir tadi.
cara membuat abse online
source : dok.form.google.com
  • Form ini kemudian kita isi dengan pertanyaan. Cukup 3 pertanyaan saja untuk absen, yang pertama nama lengkap jawaban pilih “jawaban singkat” disini kita klik wajib diisi. Pertanyaan ke dua kita isi dengan “nomor absen” ini penting agar data absen peserta didik yang masuk terurut, jawaban boleh kita pilih jawaban singkat tapi validasi dengan angka. Saya lebih suka untuk jawaban menggunakan “dropdown” karena muridnya udah ketahuan ada 30 saya pilih yang ini dropdown jadi ini kita ketik angka 1 sampai 30. Di sini memang manual ngetiknya tapi nanti hasilnya akan lebih bagus tampilannya.
cara membuat absen online
source : dok.form.google.com
  • Tambahkan lagi pertanyaan terakhir “silakan isi absensi di bawah ini sesuai kehadiran pada hari ini” untuk jawaban kita pilih “kisi pilihan ganda” ya kita pilih yang ini aja absensi di sini yang kolom 1 kita isi hadir kedua misalnya sakit enter aja yang ketiga izin enter kemudian yang terakhir isi alpa misalnya. sampai muncul tampilan seperti ini.
membuat absen google form
source:dok.form.google.com

Jangan lupa tiap pertanyaan di set supaya wajib diisi.

  • Langkah selanjutnya  kita kasih tampilan bagian atasnya  biar lebih menarik, kita pilih gambar lalu sisipkan.
membuat absen online dengan menggunakan google form
source : dok.form.google.com
  • Lalu kita pilih setting, pilih bagian presentasi yang terletak di bagian tengah, hilangkan ceklis dikotak “tampilkan link untuk menyerahkan tanggapan lain“. isi tanggapan setelah siswa mengisi absen misalnya “terima kasih sudah mengisi absen, absen anda sudah tercatat”, lalu kita simpan.
Baca juga :  Alternatif Penggunaan Google sites dalam Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19
membuat absen online dengan menggunakan google form
source : dok. form.google.com
  • Setelah itu klik pratinjau untuk melihat tampilannya seperti apa, kalau sudah muncul seperti gambar berikut.
cara membuat absen online dengan menggunakan google form
pratinjau source: dok.form.google.com

Nah kita lihat tampilannya sudah rapi termasuk pilihan jawaban dropdown tadi.

  • Kalau semuanya sudah selesai, maka kita tinggal mengambil link yang bisa di share ke semua peserta didik. Caranya klik tulisan kirim kemudian pilih tanda pita (simbol link) yang terletak dibagian tengah, setelah itu kita tinggal meng copy link atau tautan yang tersedia, kita bisa memperpendeknya terlebih dahulu dengan mencentang kotak perpendek URL.
cara membuat absen online dengan menggunakan google form
source: dok.formgoogle.com
  • Link yang telah kita salin tinggal dibagikan ke peserta didik, bisa dengan mengirimkan melalui wa grup, fb messenger ataupun di classsroom bagi yang menggunakan. Intinya bagaimana supay link tersebut dapat tersmpaikan ke pada peserta didik.
  • Untuk melihat rekapan absen tinggal kita klik menu respons lalu pilih  spreadsheet yang terletak dibagian atas, kemudian pilih spreadsheet baru maka anda akan mendapatkan file rekapan absen dalam bentuk spreadsheet, anda tinggal mengunduh dalam bentuk excel.
cara membuat absen online dengan menggunakan google form
source: dok.form.google.com

Demikian tutorial cara membuat absen online dengan menggunakan google form, semoga mampu bermanfaat buat bapak/ibu guru dan dunia pendidikan pada umumnya. Jika ada pertanyaan tentang bagaimana cara membuat absen online ini, silahkan tulis di komentar.

Salam pena.