Contoh RPP
Contoh RPP

+8 Contoh RPP 1 Lembar K13 Paling Terbaru Untuk Semua Jenjang SD SMP dan SMA Tahun 2021 (Lengkap)

Posted on

Contoh RPP 1 Lembar K13 Paling Terbaru – Pada postingan ini, admin akan membahas tentang RPP 1 lembar dan contoh RPP 1 Lembar K13 paling baru untuk semua jenjang SD SMP dan SMA tahun 2021. RPP atau Rencana pelaksanaan pembelajaran merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang wajib dimiliki oleh guru dan menjadi panduan dalam menjalankan proses pembelajaran.

Di dalam RPP terdapat 3 komponen utama yaitu, Tujuan pembelajaran, Langkah-langkah pembelajaran, dan Penilaian pembelajaran.

Berdasarkan surat edaran nomor 14 tahun 2019 tentang penyederhanaan RPP, dinyatakan bahwa penyusunan RPP harus dilakukan dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi terhadap peserta didik.

Dalam pengembangan RPP dapat dilakukan secara individu, melalui KKG, dan melalui MGMP dengan tujuan sebesar-besarnya demi keberhasilan belajar peserta didik.
Berikut ini adalah contoh RPP 1 Lembar K13 paling terbaru Tahun 2021. Mulai dari contoh RPP SMP, contoh RPP SD, contoh RPP SMA, contoh RPP 1 lembar, contoh RPP PAI, contoh RPP Bahasa indonesia, contoh RPP K13, contoh RPP lengkap, contoh RPP Bahasa inggris.

Contoh RPP SMP

contoh rpp 1 lembar smp
contoh rpp 1 lembar SMP

RPP SMP merupakan rencana pelaksanaan pembelajaran yang digunakan oleh guru mata pelajaran jenjang SMP. RPP SMP umumnya dibuat oleh masing-masing guru mata pelajaran atau oleh musyawarah guru maple tingkat sekolah. RPP SMP dibuat dalam bentuk per pertemuan atau per kompetensi dasar yang terdapat dalam silabus pembelajaran.

Komponen RPP SMP diantaranya yaitu:

  • Kompetensi Inti
  • Kompetensi Dasar
  • Tujuan Pembelajaran
  • Indikator Hasil Pembelajaran
  • Materi Pembelajaran
  • Metode/Strategi /Aktifitas pembelajaran
  • Penilaian

Contoh RPP SMP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

DARING

(SESUAI EDARAN KEMDIKBUD NO. 14 TAHUN 2019)

Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Matematika
Materi : Bilangan
Kelas/Semester : VII/1
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit
KD : 3.1 dan 4.1
Pertemuan : 1

TUJUAN PEMBELAJARAN

Membandingkan Bilangan Bulat
Mengenal bilangan bulat
Membandingkan bilangan bulat yang (relatif) besar atau memuat banyak angka

KEGIATAN PEMBELAJARAN
MEDIA

Whattsapp, Google classroom, Telegram, zoom, google form dll
Slide presentasi (ppt)

ALAT

Laptop, Handphone, tablet dan lain lain

SUMBER

Buku guru dan siswa
Modul, bahan ajar, internet, dan sumber lain yang relevan

PENDAHULUAN

  • Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama (Religious)
  • Guru mengecek kehadiran peserta didik (melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya)
  • Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan
  • Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran

KEGIATAN INTI

  • Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan (melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya) terkait materi Membandingkan Bilangan Bulat. (Literasi)
  • Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Membandingkan Bilangan Bulat. (HOTS)
  • Peserta didik diberi kesempatan untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Membandingkan Bilangan
    Bulat.(Collecting information and Problem solving)
  • Melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya, Peserta didik mempresentasikan hasil kerjanya kemudian ditanggapi peserta didik yang lainnya (Communication)
  • Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Membandingkan Bilangan Bulat, Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami (Creativity)

PENUTUP

Guru bersama peserta didik merefleksikan pengalaman belajar
Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa

PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
(berupa tes tulis) dan presentasi unjuk kerja/hasil karya atau projek dengan rubrik penilain sebagai nilai ketrampilan.

Baca juga :  Modul Pembelajaran PJJ Bahasa Inggris Kelas 7 8 9 Berbasis Aktivitas Semester Genap SMP

Contoh RPP SD

contoh rpp 1 lembar SD
contoh rpp 1 lembar SD

RPP SD merupakan rencana pelaksanaan pembelajaran yang digunakan oleh guru kelas jenjang SD. RPP SD umumnya dibuat oleh masing-masing guru kelas atau oleh KKG tingkat gugus kecamatan. RPP SD dibuat dalam bentuk per tema terdapat dalam silabus pembelajaran.

Komponen RPP SD diantaranya yaitu:

  • Kompetensi Dasar
  • Tujuan Pembelajaran
  • Indikator Hasil Pembelajaran
  • Materi Pembelajaran
  • Metode/Strategi /Aktifitas pembelajaran

Contoh RPP SD

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

DARING

(SESUAI EDARAN KEMDIKBUD NO. 14 TAHUN 2019)

Kelas : 6
Tema : 6. Menuju masyarakat sejahtera
Subtema : 1. Masyarakat peduli lingkungan
Pembelajaran : Cara melaksanakan Protokol kesehatan 3M
Semester : 2
Alokasi Waktu : 120 menit

Kompetensi Dasar/Materi

Ilmu Pengetahuan Alam
Materi : Cara menjaga kesehatan
KD 3.2 Menghubungkan ciri pubertas pada laki-laki dan perempuan dengan kesehatan reproduksi.
KD 4.2 Menyajikan karya tentang cara menyikapi ciri-ciri pubertas yang dialami.
SBdP
Materi : Reklame
KD 3.1 Memahami reklame.
KD 4.1 Membuat reklame.

Tujuan Pembelajaran

Setelah menyimak video peserta didik diharapkan dapat melaksanakan protokol kesehatan dan membuat reklame protokol kesehatan 3M dalam bentuk video atau gambar.

Alat/Media

Whatsapp group (WAG)/Zoom Meeting antara guru, orang tua, dan siswa.
Orang tua/wali yang menggunakan WA bersama anak. Jika anak yang mengoperasikan WA, maka orangtua/wali wajib mendampingi mereka

Bahan/Materi

Video

Penilaian

(1) Keaktivan partisipasi, (2) Refleksi atas pengetahuan yang diperoleh, (3) Voice note, foto, atau video hasil kerja

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, selalu lakukan tiga M ya, bila ingin berkegiatan. Yaitu mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. Cuci tangan dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Kegiatan

Assalamualaikum, Apa kabar Ananda semua. Semoga Ananda semua dalam keadaaan sehat dan bersemangat. Pandemi Covid-19 belum berakhir, saat ini sudah banyak korban meninggal. Rumah sakit penuh dengan banyaknya penderita penyakit ini yang dirawat dan lokasi pemakaman pun sudah hampir penuh. Anak-anak, remaja, dewasa dan lansia, laki-laki maupun perempuan bisa menjadi korbannya.

Kita semua prihatin dan berduka dengan banyaknya korban berjatuhan, serta belum tahu kapan akan berakhirnya pandemi ini. Selain itu keadaan ekonomi masyarakat pun semakin menurun karena banyaknya pekerja yang terkena PHK atau dirumahkan. Namun karena kebutuhan ekonomi yang sangat mendesak, sebagian orang terkadang lalai untuk melaksanakan protokol kesehatan, sehingga sampai saat ini masih terus terjadi penularan. Bahkan ada juga yang mengabaikan protokol kesehatan karena ingin berlibur dan berolah raga. Tentunya hal tersebut tidak benar karena dapat menyebabkan terjadinya penularan.

Apakah kalian sudah tahu apa itu protokol kesehatan? Apakah kalian sudah melaksanakan protokol kesehatan dengan benar? Nah, sebagai pengingat untuk kalian semua silakan disimak video pada link berikut ini.

Bagaimana menurut pendapat kamu tentang video tersebut? Bagus bukan? Kita berharap masyarakat dapat melaksanakan protokol kesehatan dengan benar, sehingga tidak terjadi penularan dan pandemi segera berakhir. Bapak berharap kalian melaksanakan protokol kesehatan serta juga bisa mengkampanyekan pelaksanakan protokol kesehatan di rumah dan di masyarakat.

Untuk tugas hari ini buatlah reklame tentang pelaksanaan protokol kesehatan 3M. Bisa dalam bentuk gambar atau video yang disertai narasi suara seperti drama, podcast, atau vlog. Di dalam gambar atau pun video yang dibuat, harus berisi ajakan atau imbauan untuk selalu melaksanakan protokol kesehatan (3M). Mudah-mudahan karya yang kalian buat dapat menginspirasi masyarakat agar lebih peduli terhadap protokol kesehatan (3M)

Baca juga :  Contoh RPP Satu Lembar Bahasa Inggris SMP MTs Lengkap dan Terbaru | Daring 2020

Bila telah selesai kirim kepada Bapak/Ibu Guru. Kami sampaikan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang sudah membimbing dan menemani putra-putrinya sehingga pembelajaran Ananda berjalan baik. Marilah kita akhiri pembelajaran ini dengan doa sesudah belajar. Sampai jumpa besok.

Contoh RPP SMA

contoh rpp 1 lembar SMA
contoh rpp 1 lembar SMA

RPP SMA merupakan rencana pelaksanaan pembelajaran yang digunakan oleh guru mata pelajaran jenjang SMA. RPP SMA umumnya dibuat oleh masing-masing guru mata pelajaran atau oleh musyawarah guru maple tingkat sekolah. RPP SMA dibuat dalam bentuk per pertemuan atau per kompetensi dasar yang terdapat dalam silabus pembelajaran.

Contoh RPP SMA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

(SESUAI EDARAN KEMDIKBUD NO. 14 TAHUN 2019)

Materi Pokok : Larutan Elektrolit dan Larutan Nonelektrolit
Tahun Pelajaran : 2020/2021
Alokasi Waktu : 12 x JP @ 30 menit

TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat memahami konsep / menganalisis / menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan sifat larutan berdasarkan daya hantar listriknya dan daya hantar listrik berbagai larutan melalui perancangan dan pelaksanaan percobaan

MEDIA/ALAT, BAHAN DAN SUMBER BELAJAR

Media : Whatsapp, Google Classroom, youtube, google meet, google form, powerpoint, dll
Alat/Bahan : Handphone, Laptop
Sumber Belajar : Buku KIMIA Siswa kelas X / 2 Kemendikbud

KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan

  • Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik melalui google form sebagai sikap disiplin
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya
  • Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi sifat larutan berdasarkan daya hantar listriknya dan daya hantar listrik berbagai larutan melalui perancangan dan pelaksanaan percobaan
  • Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh

Kegiatan Inti

Kegiatan Literasi

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan (video) dan bahan bacaan (Powerpoint) terkait materi sifat larutan berdasarkan daya hantar listriknya dan daya hantar listrik berbagai larutan melalui perancangan dan pelaksanaan percobaan

Critical Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi sifat larutan berdasarkan daya hantar listriknya dan daya hantar listrik berbagai larutan melalui perancangan dan pelaksanaan percobaan

Collaboration

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai sifat larutan berdasarkan daya hantar listriknya dan daya hantar listrik berbagai larutan melalui perancangan dan pelaksanaan percobaan

Communication

Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait sifat larutan berdasarkan daya hantar listriknya dan daya hantar listrik berbagai larutan melalui perancangan dan pelaksanaan percobaan . Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

Kegiatan Penutup

  • Guru bersama peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Guru memberikan penguatan terhadap materi yang sudah dipelajari dengan memberikan penugasan dan menyampaikan rencana pembelajaran selanjutnya, serta diakhiri salam penutup.

PENILAIAN (ASSESMENT)

  • Penilaian Pengetahuan : berupa tes tertulis pilihan ganda & tertulis uraian, tes lisan / observasi terhadap diskusi tanya jawab dan percakapan serta penugasan
  • Penilaian Keterampilan : berupa penilaian unjuk kerja, penilaian proyek, penilaian produk dan penilaian portofolio

Itulah informasi terkait dengan +8 Contoh RPP 1 Lembar K13 Paling Terbaru Untuk Semua Jenjang SD SMP dan SMA Tahun 2021 (Lengkap) yang dapat kami bagikan. Semoga Bermanfaat.