Program Guru Belajar seri AKM
Program Guru Belajar seri AKM

Jadwal Program Guru Belajar Seri AKM Tahun 2021 Telah Terbuka!

Posted on

Jadwal Program Guru Belajar Seri AKM (Assesmen Kompetensi minimum) Telah di Buka!

Program Guru Belajar Seri AKM– Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh, kabar gembira buat bapak/ibu guru sekalian jadwal program Guru Belajar seri AKM telah terbuka. Program Guru Belajar seri AKM adalah lanjutan dari seri pandemi covid-19 dan seri pendidikan keterampilan hidup.

Program Guru Belajar

Program Guru Belajar merupakan salah satu cara untuk mengaktualisasikan kompetensi yang dimiliki, mengevaluasi diri dan mengembangkan diri secara berkelanjutan yang digagas oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI di masa pandemi ini.

Selain mendapatkan pendidikan pengembangan kompetensi pembelajaran, anda juga akan mendapatkan sertifikat yang bisa digunakan untuk kenaikan pangkat/golongan. Yang lebih penting juga, anda juga bisa sharing pengalaman belajar dengan teman-teman guru se-Indonesia melalui grup telegram yang disediakan oleh official Guru Belajar.

Setelah Guru Belajar seri AKM ini, masih aka ada lagi satu seri berikutnya yakni Guru Belajar seri pendidikan inklusif, namun jadwal untuk seri ini belum terbuka karena menunggu seri AKM tuntas terlebih dahulu.

Untuk mengikuti program Guru Belajar ini, anda hanya membutuhkan nomor UKG atau akun SIM-PKB yang dapat digunakan untuk login ke dalam akun SIM-PKB anda. Akun ini biasanya didapatkan melalui komunitas guru di daerah masing-masing. Bisa melalui komunitas MGMP untuk guru mapel SMP/SMA atau komunitas KKG untuk jenjang SD.

Baca juga :  Petunjuk Teknis Gala Siswa Indonesia (GSI) SMP Tahun 2020 Update Data Tim Kecamatan

Program Guru Belajar Seri AKM

Apa itu Program Guru Belajar Seri AKM

Guru Belajar Seri AKM
Program Guru Belajar Seri AKM

Program pembelajaran yang dirancang untuk membantu para Guru, Kepala Sekolah, Pengawas SD, SMP, SMA/SMK dan PKBM sederajat dalam memahami tujuan, konsep dan bentuk pelaksanaan Assesmen Nasional, serta dapat menganalisis contoh asesmen literasi membaca dan numerasi pada Asesmen Kompetensi Minimum.

Bimtek Guru Belajar seri AKM akan dilaksanakan sebanyak 11 angkatan atau gelombang, dengan waktu bimtek masing-masing gelombang yaitu selama 5 hari. Untuk sementara jadwal yang bisa dipilih baru sampai pada gelombang ke-4.

Bapak dan Ibu guru silahkan memilih jadwal dengan memperhitungkan waktu senggang anda, sehingga bimtek Guru Belajar seri AKM ini dapat anda ikuti dengan santai tapi serius dan tidak mengganggu kegiatan pokok anda.

Tujuan program Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum

  • Memahami konsep Asesmen Nasional.
  • Memahami bentuk pelaksanaan Asesmen Nasional.
  • Menganalisis contoh asesmen literasi membaca pada Asesmen Kompetensi Minimum.
  • Menganalisis contoh asesmen numerasi pada Asesmen Kompetensi Minimum.
  • Membaca dan menindaklanjuti laporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum.
  • Melakukan pengimbasan dengan mengajak rekan guru yang lain untuk mengikuti program Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum.

Siapa saja yang bisa menjadi peserta program Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum?

  • Semua Guru SD, SMP dan SMA/SMK.
  • Kepala Sekolah SD, SMP dan SMA/SMK.
  • Pengawas SD, SMP dan SMA/SMK.
  • Peserta yang berasal dari Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) sederajat SD, SMP, SMA/SMK.
  • Telah memiliki Akun SIMPKB.

Tahapan Pelaksanaan program Guru Belajar seri AKM

1. Pendaftaran

Mendaftar dengan memilih jadwal Bimtek yang tersedia mulai 22 Desember 2020 – 20 Februari 2021. Peserta adalah Guru, Kepala Sekolah, Pengawas SD, SMP, SMA/SMK dan PKBM sederajat.

Baca juga :  10+ Daftar Sekolah Kedinasan Terpopuler di Indonesia 2020

2. Bimtek

Peserta adalah Guru, Kepala Sekolah, Pengawas SD, SMP, SMA/SMK dan PKBM sederajat.

3. Pengimbasan

Peserta adalah Guru, Kepala Sekolah, Pengawas SD, SMP, SMA/SMK dan PKBM sederajat yang telah menyelesaikan Tahap 1 (Bimtek) dengan nilai minimal 70 dan dilakukan di satuan pendidikan peserta.

Jadwal Pendaftaran program Guru Belajar seri AKM

Guru Belajar Seri AKM
Contoh Jadwal Guru Belajar Seri AKM

Adapun jadwal masing-masing angkatan yaitu sebagai berikut:

1. Angkatan 1

Hari Jumat, 01 Januari 2021 sampai dengan hari Selasa, 05 Januari 2021. Batas pendaftaran untuk angkatan 1 yaitu, Jumat, 01 Januari 2021 Pukul 23.59 WIB.

2. Angkatan 2

Hari Rabu, 06 Januari 2021 sampai dengan hari Minggu, 10 Januari 2021. Batas pendaftaran untuk angkatan 2 yaitu, Rabu, 06 Januari 2021 Pukul 23.59 WIB.

3. Angkatan 3

Hari Senin, 11 Januari 2021 sampai dengan hari Jumat, 15 Jumat 2021. Batas pendaftaran untuk angkatan 3 yaitu, Senin, 11 Januari 2021 Pukul 23.59 WIB.

4. Angkatan 4

Hari Sabtu, 16 Januari 2021 sampai dengan hari Rabu, 20 Januari 2021. Batas pendaftaran untuk angkatan 1 yaitu, Sabtu, 16 Januari 2021 Pukul 23.59 WIB.

5. Angkatan 5

21-25 Januari 2021

6. Angkatan 6

26-30 Januari 2021

7. Angkatan 7

31 Januari – 4 Februari 2021

8. Angkatan 8

5-9 Februari 2021

9. Angkatan 9

10-14 Februari 2021

10. Angkatan 10

15-19 Februari 2021

11. Angkatan 11

20-24 Februari 2021

Nah tunggu apalagi, silahkan daftarkan diri anda di laman Gurubelajar Kemdikbud RI. Demikian jadwal program guru belajar seri AKM yang dapat admin bagikan. Semoga bermanfaat.