Kata Kerja Tidak Beraturan dalam Bahasa Inggris: Penjelasan Lengkap Beserta Contohnya

Posted on

Irregular verbs atau kata kerja tidak beraturan dalam Bahasa Inggris adalah kata kerja yang tidak mengikuti pola aturan verb. Ketika digunakan dalam kalimat, kata kerja tak beraturan seringkali tidak memiliki bentuk past tense dan past participle yang sama dengan bentuk infinitifnya. Meskipun begitu, pemahaman dan penggunaan kata kerja tak beraturan sangat penting dalam memahami bahasa Inggris secara keseluruhan.

Dalam artikel ini, kami akan membahas secara mendalam tentang irregular verbs dalam bahasa Inggris, meliputi pengertian, aturan pembentukan, contoh kalimat, dan beberapa irregular verbs yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Pengertian Irregular Verbs

Kata kerja tidak beraturan dalam Bahasa Inggris
Kata kerja tidak beraturan dalam Bahasa Inggris

Irregular verbs adalah kata kerja dalam bahasa Inggris yang tidak mengikuti pola aturan verb seperti regular verbs. Ini berarti bahwa bentuk past tense dan past participle dari kata kerja tersebut tidak dapat diprediksi hanya dengan menambahkan akhiran -ed pada bentuk infinitifnya. Sebaliknya, bentuk past tense dan past participle dari irregular verbs harus dipelajari secara individual.

Aturan Pembentukan Irregular Verbs

Karena tidak mengikuti pola aturan verb seperti regular verbs, pembentukan irregular verbs bisa sangat beragam. Beberapa irregular verbs memiliki bentuk infinitif, past tense, dan past participle yang sama, seperti cut-cut-cut, sedangkan yang lain memiliki bentuk yang sama antara past tense dan past participle, namun berbeda dari bentuk infinitifnya, seperti sing-sang-sung. Berikut ini adalah beberapa aturan umum dalam pembentukan irregular verbs:

  • Beberapa irregular verbs memiliki bentuk infinitif, past tense, dan past participle yang sama, seperti put-put-put.
  • Beberapa irregular verbs memiliki bentuk infinitif yang sama dengan bentuk past tense, namun berbeda dengan bentuk past participle, seperti hit-hit-hit.
  • Beberapa irregular verbs memiliki bentuk infinitif yang berbeda dengan bentuk past tense dan past participle, seperti sing-sang-sung.

Contoh Kalimat dengan Irregular Verbs

Kata kerja tidak beraturan dalam Bahasa Inggris
Irregular Verbs

Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat dengan irregular verbs:

  1. I ate breakfast this morning. (makan-past tense)
  2. She sang beautifully at the concert. (menyanyi-past tense)
  3. They swam in the pool yesterday. (berenang-past tense)
  4. He drove to work this morning. (mengemudi-past tense)
  5. We went to the park on Sunday. (pergi-past tense)
  6. She has written five books. (menulis-past participle)
  7. He has taken the exam three times. (mengambil-past participle)
  8. They have spoken to the manager about the problem. (berbicara-past participle)
Baca juga :  Inilah 65 Kosakata Bahasa Inggris yang Jarang Digunakan

Irregular Verbs yang Sering Digunakan dalam Percakapan Sehari-hari

Berikut ini adalah beberapa irregular verbs yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari:

  • Be-was/were-been (menjadi)
  • Have-had-had (memiliki)
  • Do-did-done (melakukan)
  • Say-said-said (mengatakan)
  • Go-went-gone (pergi)
  • Get-got-got (mendapatkan)
  • Make-made-made (membuat)
  • Take-took-taken (mengambil)
  • Come-came-come (datang)
  • Give-gave-given (memberikan)
Verb 1 Verb 2 Verb 3 Artinya
Arise Arose Arisen Timbul
Awake Awoke Awoken Bangun
Bear Bore Born Menanggung
Bite Bit Bitten Gigit
Blow Blue Blown Mengembuskan
Break Broke Broken Merusak
Choose Chose Chosen Memilih
Come Came Come Datang
Draw Drew Drawn Menggambar
Drink Drank Drunk Minum
Eat Ate Eaten Makan
Forgive Forgave Forgiven Memaafkan
Go Went Gone Pergi
Know Knew Known Mengetahui
Ride Rode Ridden Naik (kendaraan)
Rise Rose Risen Bangkit
Run Ran Run Berlari
See Saw Seen Melihat
Sing Sang Sung Menyanyi
Take Took Taken Mengambil
Write Wrote Written Menulis

Cara Menghafal Kata Kerja Tidak Beraturan dengan Mudah

Menghafal irregular verbs bisa menjadi tugas yang sulit karena tidak ada aturan baku yang harus diikuti. Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memudahkan dalam menghafalnya, seperti:

  • Membuat daftar: Buat daftar dari irregular verbs beserta dengan artinya. Cetak daftar tersebut dan tempelkan di tempat yang mudah dilihat, seperti di dinding kamar atau lemari.
  • Membuat kalimat: Buat kalimat sederhana yang mengandung kata kerja tak beraturan. Hal ini akan memudahkan dalam mengingat bentuk past tense dan past participle dari kata kerja tersebut.
  • Menggunakan aplikasi: Ada banyak aplikasi yang bisa membantu dalam menghafal irregular verbs, seperti Duolingo, Memrise, atau Anki.

Cara Mengoptimalkan Penggunaan Irregular Verbs dalam Bahasa Inggris

Setelah memahami apa itu irregular verbs, penting untuk mengoptimalkan penggunaannya dalam bahasa Inggris. Beberapa tips untuk mengoptimalkan penggunaan irregular verbs adalah:

  • Pahami arti dari irregular verbs: Penting untuk memahami arti dari irregular verbs yang digunakan dalam konteks kalimat yang benar agar dapat menggunakan kata kerja dengan tepat.
  • Pahami bentuk past tense dan past participle: Pahami bentuk past tense dan past participle dari irregular verbs karena bentuk ini sering digunakan dalam pembentukan tense dan passive voice.
  • Gunakan dalam kalimat yang tepat: Gunakan irregular verbs dalam kalimat yang tepat agar bisa mengkomunikasikan makna dengan jelas dan efektif.
  • Perhatikan penggunaan tense yang tepat: Irregular verbs sering digunakan dalam pembentukan tense dan penggunaan tense yang tepat sangat penting agar kalimat terlihat jelas dan tidak ambigu.
  • Perbanyak membaca dan berbicara: Perbanyak membaca dan berbicara dalam bahasa Inggris untuk meningkatkan pemahaman dan penggunaan irregular verbs secara alami.
Baca juga :  5 Cara Menghafal Kosakata Bahasa Inggris dengan Cepat

Dengan mengoptimalkan penggunaan irregular verbs, kita bisa memahami dan mengkomunikasikan bahasa Inggris dengan lebih baik dan efektif.

Bagaimana Menjadi Lebih Terampil dalam Bahasa Inggris?

Kata kerja tidak beraturan dalam Bahasa Inggris

Selain memahami dan mengoptimalkan penggunaan irregular verbs, ada beberapa cara untuk menjadi lebih terampil dalam bahasa Inggris, antara lain:

  • Praktik: Praktik adalah kunci untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Praktikkan bahasa Inggris setiap hari, baik dengan membaca, menulis, mendengarkan, atau berbicara.
  • Berbicara dengan penutur asli: Berbicara dengan penutur asli dapat membantu meningkatkan kemampuan dalam berbicara dan memahami bahasa Inggris.
  • Menonton film dan acara televisi dalam bahasa Inggris: Menonton film dan acara televisi dalam bahasa Inggris dapat membantu meningkatkan kemampuan mendengarkan dan memahami bahasa Inggris dengan konteks yang lebih nyata.
  • Membaca buku dan artikel dalam bahasa Inggris: Membaca buku dan artikel dalam bahasa Inggris dapat membantu meningkatkan kemampuan membaca dan pemahaman bahasa Inggris.
  • Menggunakan aplikasi dan kursus belajar bahasa Inggris: Ada banyak aplikasi dan kursus belajar bahasa Inggris yang bisa membantu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dengan berbagai metode pembelajaran yang berbeda.

Dengan mengikuti beberapa tips di atas, kita bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dan menjadi lebih terampil dalam berbicara, menulis, mendengarkan, dan membaca bahasa Inggris.

Kesimpulan

Kata kerja tidak beraturan dalam Bahasa Inggris adalah kata kerja dalam bahasa Inggris yang tidak mengikuti pola aturan verb seperti regular verbs. Pembentukan irregular verbs bisa sangat beragam, namun pemahaman dan penggunaannya sangat penting dalam memahami bahasa Inggris secara keseluruhan. Ada banyak irregular verbs yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari, dan menghafalnya bisa menjadi tugas yang sulit. Namun, dengan cara yang tepat, menghafal irregular verbs bisa menjadi hal yang mudah. Semoga artikel ini dapat membantu dalam memahami irregular verbs dalam bahasa Inggris.

Apa perbedaan antara regular verbs dan irregular verbs?

Regular verbs mengikuti pola aturan verb dan memiliki bentuk past tense dan past participle yang sama dengan menambahkan akhiran -ed pada bentuk infinitifnya. Sedangkan, irregular verbs tidak mengikuti pola aturan verb dan memiliki bentuk past tense dan past participle yang harus dipelajari secara individual.

Apa saja irregular verbs yang sering digunakan dalam bahasa Inggris?

Beberapa irregular verbs yang sering digunakan dalam bahasa Inggris antara lain be-was/were-been, have-had-had, do-did-done, say-said-said, go-went-gone, make-made-made, take-took-taken, come-came-come, dan give-gave-given.

Bagaimana cara menghafal irregular verbs dengan mudah?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghafal irregular verbs dengan mudah, seperti membuat daftar, membuat kalimat, atau menggunakan aplikasi.

Apakah penggunaan irregular verbs sangat penting dalam memahami bahasa Inggris?

Ya, pemahaman dan penggunaan irregular verbs sangat penting dalam memahami bahasa Inggris secara keseluruhan karena banyak irregular verbs yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Mengapa pembentukan irregular verbs bisa sangat beragam?

Karena tidak mengikuti pola aturan verb seperti regular verbs, pembentukan irregular verbs bisa sangat beragam dan bentuk past tense dan past participle dari kata kerja tersebut harus dipelajari secara individual.