Universitas Keperawatan di Jakarta

Posted on

Universitas Keperawatan di Jakarta tersedia banyak pilihan saat ini. Mulai dari yang berstatus negeri hingga swasta. Meskipun berbeda status, dalam hal kualitas masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa jurusan keperawatan merupakan salah satu jurusan favorit selepas menamatkan Pendidikan di SMA. Biasanya kebanyakan peminatnya adalah perempuan.

Universitas Keperawatan di Jakarta

Sebagai daerah ibukota, Jakarta tentu menjadi kota dengan universitas terbanyak di Indonesia. Termasuk universitas yang ada jurusan keperawatan.

Berikut ini adalah referensi Universitas Keperawatan di Jakarta yang patut Anda pertimbangkan.

Universitas Negeri Jurusan Keperawatan di Jakarta

Hingga saat ini perguruan tinggi negeri jurusan keperawatan di Jakarta ada 3 yang terkenal. Simak daftarnya berikut ini!

Universitas Indonesia (UI)

Universitas Keperawatan di Jakarta

Universitas Negeri Jurusan Keperawatan di Jakarta yang pertama adalah Universitas Indonesia yang tergabung dalam Fakultas Ilmu Keperawatan.

Tingginya kebutuhan tenaga ahli di bidang keperawatan membuat UI mendirikan Fakultas Ilmu Keperawatan sejak tahun 1995. Hal ini membuat jurusan ilmu keperawatan yang sebelumnya bernaung di bawah Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia memiliki fakultas sendiri.

Pada 1998, FIK UI menerapkan kurikulum ners dengan dua tahap program pendidikan yakni akademik dan profesi. Hingga kini Fakultas Ilmu Keperawatan menyelenggarakan empat kategori program studi, yakni:

  • Program Sarjana (S1)
  • Program Master (S2)
  • Program Doktoral (S3)
  • Specialist

Hingga saat ini Universitas Indonesia pantas disebut sebagai Universitas Keperawatan di Jakarta terbaik.

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Universitas Keperawatan di Jakarta berikutnya adalah Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) terbentuk secara resmi pada tanggal 5 Oktober 2007 sebagai salah satu fakultas di kampus UPN Veteran Jakarta. Saat ini Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta menempati kampus 2 yang terletak di Jalan Limo, Cinere, Depok. Sama seperti FK UPN Veteran Jakarta, Fikes UPN Veteran Jakarta juga bekerja sama dengan berbagai rumah sakit dan puskesmas untuk menunjang kegiatan belajarnya.

Hingga saat ini FIKES menyelenggarakan Program Diploma (D3), Program Sarjana (S1), dan Profesi jurusan Keperawatan.

Poltekkes Kemenkes Jakarta III

Universitas Keperawatan di Jakarta

Universitas Keperawatan di Jakarta berikutnya adalah Poltekkes Kemenkes Jakarta III. Pogram studi keperawatan Poltekkes Kemenkes Jakarta III menyelenggarakan program pendidikan bagi mahasiswa yang ingin menjadi perawat dengan kualitas lulusan yang kompeten dan berkode etik baik.

Melalui dukungan dan kerjasama dengan berbagai instansi kesehatan baik negeri maupun swasta, tentu Anda tidak perlu bingung untuk menemukan tempat praktik dan lapangan pekerjaan setelah lulus dari poltekkes ini.

Saat ini yang tersedia adalah Program Diploma (D3) dan Profesi ilmu keperawatan.

Universitas Swasta Jurusan Keperawatan di Jakarta

Silahkan simak daftar rekomendasi universitas keperawatan di Jakarta yang masih berstatus perguruan tinggi swasta berikut ini!

Akademi Keperawatan Harum

Akademi Keperawatan Harum merupakan Universitas Keperawatan di Jakarta yang memiliki satu program studi, yaitu D3 Keperawatan yang menghasilkan lulusan D3 perawat terampil dan siap bekerja pada institusi kesehatan. Akper Keperawatan Harum memiliki perizinan dari Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan nomor SK Perguruan Tinggi 288D02006.

Program studi ini mempunyai harapan besar, Salah satunya adalah untuk menjadi program studi keperawatan terpercaya di provinsi DKI Jakarta dengan mengedepankan mutu, berwawasan global serta memiliki keunggulan keperawatan kegawatdaruratan secara profesional pada tahun 2018.

Universitas Mohammad Husni Thamrin Jakarta

Ilmu Kesehatan jadi salah satu jurusan favorit untuk pelajar yang mau melanjutkan studinya selepas SMA. Universitas MH Thamrin yang awal mulanya merupakan sekolah tinggi kesehatan nyatanya sangat berpengalaman dalam program studi ini.

Baca juga :  Berapa Tahun Kuliah di Universitas Terbuka?

Fakultas Kesehatan Universitas Keperawatan di Jakarta ini sediakan beberapa jurusan yaitu keperawatan, kesehatan masyarakat, dan gizi. Nah tinggal dipilih deh, Anda tertarik yang mana. Saat ini tersedia Program Diploma (D3), Profesi, dan Program Sarjana (S1).

Universitas Muhammadiyah Jakarta

Universitas Keperawatan di Jakarta

Pada awal mulanya program studi Ilmu Keperawatan terletak di bawah naungan Fakultas Kedokteran dan Kesehatan. Tetapi bersamaan dengan pertumbuhan pendidikan kesehatan serta kebutuhan masyarakat akan tenaga pakar handal di bidang kesehatan, khususnya profesi keperawatan, hingga segala komponen program studi keperawatan setuju buat membuka Fakultas Ilmu Keperawatan.

Fakultas ini resmi dibuka pada 4 April 2013 dan bertempat di kampus Universitas Muhammadiyah Cempaka Putih.

Program yang tersedia di Universitas Keperawatan di Jakarta saat ini adalah Program Diploma (D3), Program Sarjana (S1), dan Program Master (S2)

Akademi Keperawatan Royhan

Profesi perawat di Indonesia pada 10 tahun terakhir ini jadi profesi yang menarik buat disimak! Hal tersebut bisa dilihat dari sebagian fenomena yang terjalin saat ini.

Fenomena awal yakni semakin terbukanya peluang serta tawaran bekerja di luar neger, kemudian semakin menjamurnya pendidikan keperawatan (setingkat Diploma III) di Indonesia. Pasti fenomena ini sejalan dengan salah satu misi dari Akper Royhan, yakni melakukan ikatan kerja sama antar institusi baik ditingkat nasional ataupun internasional dalam rangka melindungi kualitas pendidikan.

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sismadi

STIKes dr. Sismadi Jakarta bercita- cita mulia! Program D3 Keperawatan STIKes dr. Sismadi mau menciptakan lulusan tenaga keperawatan dengan predikat handal pemula yang bermutu, cocok dengan perkembangan ilmu serta teknologi keperawatan di masa globalisasi cocok tuntutan warga.

Sebaliknya program S1 Keperawatan STIKes dokter. Sismadi sanggup jadi pusat unggulan ilmu pengetahuan serta teknologi keperawatan, khususnya di bidang keperawatan penyakit- penyakit infeksi (Universal Precaution) yang berwawasan nasional serta internasional. Semoga bisa segera menjadi Universitas Keperawatan di Jakarta.

STIKes Jayakarta PKP DKI Jakarta

Sekolah Tinggi Kesehatan Jayakarta mempunyai satu program studi, yaitu Keperawatan dengan jenjang pendidikan sarjana. Tidak hanya program sarjana, STIKes Jayakarta juga sediakan program profesi Ners. Tidak cuma itu, sementara ini STIKes Jayakarta tengah mengembangkan prodi kesehatan lain, yakni bidang kesehatan kerja serta hospital informatica.

Akademi Keperawatan Pasar Rebo Jakarta

Universitas Keperawatan di Jakarta

Prodi Keperawatan Akademi Keperawatan Pasar Rebo Jakarta mempunyai tata cara pendidikan yang keren lho! Anda tidak cuma belajar di dalam kelas saja, namun pula menjajaki beberapa dialog serta seminar yang tentu bakal menambah pengetahuan Anda.

Tidak hanya itu, Anda juga bakal menerapkan aplikasi laboratorium, aplikasi klinik di beberapa rumah sakit serta aplikasi lapangan di puskesmas ataupun wilayah binaan. Wah, seru banget, ya!

Akademi Keperawatan Hang Tuah Jakarta

Program Diploma III Akademi Perawatan (Akper) Hang Tuah mempunyai visi jadi program studi yang menciptakan perawat unggulan asuhan keperawatan kegawatdaruratan kelautan yang siap bersaing di masa globalisasi menuju tahun 2020.

Visi ini pulalah yang membawakan Akper Hang Tuah saat ini telah meluluskan sebanyak 686 orang semenjak tahun 1996 dengan persentase alumni sebesar 95% bekerja di rumah sakit Tentara Nasional Indonesia (TNI)/ Polri, swasta, ataupun negeri dan jadi Perwira Tentara Nasional Indonesia (TNI), baik Angkatan Laut ataupun Polri.

Akademi Keris Husada

Akademi Keperawatan Keris Husada sediakan satu program studi, ialah keperawatan pada jenjang diploma (D3). Program studinya pun telah terakreditasi! Jadi Anda tidak perlu takut dengan mutu pendidikannya.

Tidak hanya itu, prospek kariernya juga sangat menjanjikan. Bersumber pada presentase, sebesar 13% lulusannya berhasil berkarier di lembaga kesehatan pemerintah/ PNS, 55% di lembaga kesehatan pemerintah/ honorer, 17% lembaga kesehatan swasta, 15% lain- lain

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Pertamina Bina Medika

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Pertamina Bina Medika (STIKes Pertamedika) menyelenggarakan proses pendidikan dengan sokongan tenaga pengajar yang andal serta kelengkapan fasilitas pelayanan kesehatan.

Baca juga :  4 Universitas Jurusan Fashion Design di Yogyakarta

Mahasiswa didorong untuk melaksanakan pengabdian masyarakat serta mempraktikkan hasil belajar di rumah sakit rekanan. Jejaring kerja yang luas membuka kesempatan para lulusannya langsung bekerja begitu lulus kuliah.

Saat ini terbuka Program Diploma (D3), Profession, dan Program Sarjana (S1).

Akademi Keperawatan Yayasan Rumah Sakit Jakarta

Tertarik jadi perawat? Akademi Keperawatan Yayasan Rumah sakit Jakarta menawarkan sekolah yang menyenangkan loh.

Kenapa mesti memilih Akper Yayasan Rumah sakit Jakarta? Ini loh sebabnya, antara lain atmosfer serta lingkungan studi yang aman, bayaran pembelajaran yang bisa diangsur, ada beasiswa untuk yang berprestasi serta tidak sanggup, dan pasti saja mempunyai visi pendidikan keperawatan yang bermutu.

Masih bimbang buat jadi perawat handal? Ayo, gabung saja di Program Diploma (D3) Akper Yayasan Rumah sakit Jakarta!

Universitas Kristen Krida Wacana( Ukrida)

FKIK UKRIDA melaksanakan kepaniteraan klinik di berbagai rumah sakit. Rumah sakit tersebut tersebar di daerah Jakarta, Depok, Karawang, Sukabumi, Bandung, Lampung, Semarang, Kudus, serta juga Yogyakarta.

Saat ini, Fakultas Kedokteran UKRIDA sudah meluluskan lebih dari 3. 000 dokter yang bekerja di dalam ataupun di luar negeri.

Fakultas Kedokteran UKRIDA Pertama dan satu- satu Universitas Keperawatan di Jakarta yang mempunyai S1 buat Program Studi OPTOMERI. UKRIDA juga mempunyai Program Studi Keperawatan yang bekerja sama dengan Swakarsa dengan moto Global Nurses with Compassionate Care.

Universitas Esa Unggul (UEU)

Kebutuhan tenaga pakar bidang kesehatan dari waktu ke waktu terus bertambah. Perihal ini jadi lebih parah dengan hadirnya pandemi covid 19 yang banyak menewaskan tenaga kesehatan di Indonesia.

Untuk itu jadi sangat berarti untuk perguruan tinggi termasuk Universitas Esa Unggul memperkenalkan Fakultas Ilmu- Ilmu Kesehatan buat menyuplai SDM bermutu pada bidang tersebut.

Universitas Binawan

Anda tertarik melanjutkan karier di bidang kesehatan, terutama kebidanan serta juga keperawatan? Universitas Binawan merupakan pilihan yang sesuai banget nih buat Anda!

Fakultas Keperawatan dan Kebidanan Universitas Keperawatan di Jakarta ini menyelenggarakan pendidikan pada 3 jenjang, yakni program diploma, sarjana, dan juga profesi. Dengan bermacam fasilitas pendidikan semacam laboratorium keperawatan yang lengkap serta mini hospital, dan pendidikan di klinik, bakal melatih mahasiswa buat jadi tenaga kedokteran yang bermutu dalam standar kinerja kala lulus nanti.

Universitas Nasional

Universitas Keperawatan di Jakarta

Ilmu Kesehatan jadi salah satu jurusan kesukaan untuk pelajar yang mau melanjutkan studinya selepas SMA. Unas sediakan program studi S1 Ilmu Keperawatan serta program studi D3 Bidan Pendidik.

Nah tinggal pilih saja kira- kira Anda tertarik jadi suster ataupun bidan, keduanya adalah profesi yang sama-sama menarik kok!

Akademi Keperawatan Husada Karya Jaya

Akademi Keperawatan Husada Karya Jaya (Akper HKJ) didirikan di bawah naungan Yayasan Jaya Husada Jakarta serta memperoleh izin dari Mendiknas RI yang dikeluarkan pada bertepatan pada 30 Juni 2009?

Akper HKJ mempunyai visi buat jadi institusi pembelajaran keperawatan yang unggul dalam pelayanan keperawatan bersumber pada caring di Indonesia pada 2025. Caring ialah teori yang berkaitan dengan metode seorang berpikir, berperasaan, serta berlagak kala berhubungan dengan orang lain.

Buat kuliah di Universitas Keperawatan di Jakarta ini, besaran bayaran yang butuh Anda keluarkan sangat terjangkau lho! Anda cukup mempersiapkan Rp. 5.000.000 buat bayaran masuk, serta Rp. 1.000.000 per bulannya buat bayaran kuliah.

Universitas Respati Indonesia

Untuk Anda yang bercita- cita jadi perawat, bidan, ataupun bekerja di rumah sakit, fakultas ini dapat dijadikan rujukan tempat studimu. Tidak cuma program diploma, sarjana terapan, sampai sarjana, Fakultas Ilmu Kesehatan Urindo Universitas Keperawatan di Jakarta ini sediakan program profesi Ners.

Akhir Kata

Demikian informasi terkait dengan Universitas Keperawatan di Jakarta, mulai dari yang masih berstatus akademi, sekolah tinggi, negeri, dan swasta. Untuk Anda yang berminat dalam bidang ilmu Kesehatan, khususnya keperawatan dapat mempertimbangkan salah satunya.