7 Universitas yang Ada Jurusan Desainer Baju Paling Diminati

Posted on

Universitas yang ada jurusan desainer baju semakin diincar oleh lulusan sekolah menengah atas seiring dengan peluang kerja di dunia fashion yang semakin banyak.

Mereka berlomba-lomba untuk mendalami ilmu fashion melalui universitas-universitas yang memiliki jurusan desain di dalam negeri. Bahkan tak kurang dari mereka sampai mempelajari dunia fashion hingga ke luar negeri seperti Perancis atau Italia.

Universitas yang Ada Jurusan Desainer Baju

Di indonesia sendiri terdapat beberapa universitas yang memiliki jurusan desainer baju atau tata busana.

Berikut ini beberapa rekomendasi universitas di berbagai kota besar dalam negeri yang bisa Anda jadikan pertimbangan jika ingin berkarir di dunia fashion dan desain.

Universitas Pendidikan Indonesia

Universitas yang ada jurusan desainer baju
Universitas yang ada jurusan desainer baju – UPI

Rekomendasi pertama bagi pelajar yang ingin mendalami dunia fashion adalah Universitas Pendidikan Indonesia atau UPI yang terletak di Bandung, Jawa Barat.

Anda bisa memilih jurusan Tata Busana yang menjadi bagian Departemen Pendidikan Kesejahteraan Keluarga atau PKK tepatnya di Fakultas Ilmu Pendidikan.

Hingga saat ini Program studi Pendidikan Tata Busana yang dibuka oleh UPI telah mendapat akreditasi A.

Mahasiswa yang menempuh kuliah di sini akan memperoleh banyak ilmu dunia fashion termasuk pengelolaan bisnis di bidang tersebut. Lulusan dari jurusan ini juga diharapkan berkontribusi memajukan dunia fashion dalam negeri secara langsung.

Website: www.fptk.upi.edu/program/pendidikan-tata-busana

Universitas Negeri Malang

Universitas yang ada jurusan desainer baju berikutnya yaitu Univerisitas Negeri Malang.

Universitas ini juga membuka program studi Pendidikan Tata Busana untuk jenjang S1. Jurusan ini merupakan bagian dari jurusan Teknologi Industri.

Di sini mahasiswa akan dilatih untuk menjadi pembelajar yang tak hanya cerdas tapi juga mampu bersaing serta bisa berkembang dalam industri dunia fashion dalam dan luar negeri.

Baca juga :  Universitas Keperawatan di Jakarta

Website: www.industri.ft.um.ac.id/program-studi/s1-pendidikan-tata-busana

Universitas Negeri Jakarta

Universitas yang ada jurusan desainer baju
Universitas yang ada jurusan desainer baju – UNJ

Universitas berikutnya yang bisa Anda pilih adalah Universitas Negeri Jakarta atau UNJ.

Universitas ini menyelenggarakan program kuliah jenjang S1 untuk program studi Pendidikan Tata Busana. Masalah kualitas tidak perlu dipertanyakan karena telah memperoleh akreditasi “A” dari BAN-PT.

Selain belajar dunia desain, di sini mahasiswa juga memperoleh pengetahuan seputar ilmu desain, industri fashion, serta pengelolaan dan perkembangan bisnis di dunia fashion Indonesia.

UNJ juga membuka program pendidikan Diploma 3 untuk bidang tata busana, cocok bagi pelajar yang ingin cepat menekuni dunia karir dengan masa kuliah 3 tahun saja.

Lulusan dari program studi tata busana ini akan memiliki lowongan kerja yang sangat beragam. Selain bisa menjadi freelancer desainer, juga dapat berkolaborasi dengan wirausaha fashion lainnya.

Website: www.ft.unj.ac.id/program-studi-pendidikan-tata-busana

Universitas Negeri Yogyakarta

Yogyakarta dikenal dengan sebutan kota pelajar karena menjadi kota tujuan bagi banyak pelajar untuk melanjutkan perkuliahan. Banyaknya kampus yang terdapat di kota ini juga didukung dengan biaya hidup yang konon katanya lebih murah dibanding kota lain.

Mahasiswa yang ingin mendalami ilmu tata busana juga bisa memilih kota ini karena jurusan tersebut tersedia di salah satu kampus terbaik di Yogyakarta yaitu Universitas Negeri Yogyakarta.

Pilihan jenjang pendidikan untuk program studi tata busana di UNY tergolong lengkap. Mulai dari program studi Pendidikan Teknik Busana untuk jenjang S1, Teknik Busana untuk jenjang D3, hingga Tata Busana untuk jenjang D4.

Program studi di bidang tata busana ini menjadi bagian dari jurusan Pendidikan Teknik Boga dan Busana tepatnya di Fakultas Teknik. Mahasiswa di jurusan ini akan mempelajari banyak hal seputar dunia industri busana.

Website: www.pendidikan-teknik-bogabusana.ft.uny.ac.id

Universitas Negeri Semarang

Rekomendasi universitas yang ada jurusan desainer baju berikutnya adalah Universitas Negeri Semarang atau UNNES.

Baca juga :  Top 9 Universitas Sastra Inggris di Bandung!

Program studi yang ditawarkan adalah Pendidikan Tata Busana jenjang S1 dengan akreditasi “B’’ dari BAN-PT. Prodi tersebut menjadi bagian dari jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga.

Hampir senada dengan universitas sebelumnya, di kampus ini mahasiswa juga akan dipersiapkan agar bisa memajukan industri fashion Indonesia.

Website: www.unnes.ac.id/prodi/pendidikan-tata-busana-s1

Universitas Negeri Surabaya (UNESA)

Universitas yang ada jurusan desainer baju
Universitas yang ada jurusan desainer baju – UNESA

Bergeser ke kota Surabaya, Anda dapat menempuh pendidikan tentang desainer baju dengan mengambil jurusan Tata Boga di Universitas Negeri Surabaya atau UNESA.

Program studi yang ditawarkan ada dua jenjang yaitu S1 Pendidikan Tata Busana dan DIII Tata Busana.

Website: www.unesa.ac.id/page/akademik/fakultas-teknik/s1-pendidikan-tata-busana

Universitas Negeri Makassar (UNM)

Rekomendasi kampus negeri dengan jurusan fashion design berikutnya adalah Universitas Negeri Makassar.

Universitas yang terletak di Kota Daeng, Makassar Sulawesi Selatan ini juga menyelenggarakan Prodi Tata Busana Diploma III yang berada di bawah naungan Fakultas Teknik.

Website: www.ft.unm.ac.id/prodi-tata-busana

Selain dari universitas negeri tersebut, tentunya masih banyak jenis perguruan tinggi swasta lainnya yang berupa akademi, sekolah tinggi, dan institut yang juga menyelenggarakan jurusan desain.

Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Politeknik STTT Bandung
  2. Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung
  3. Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar
  4. Politeknik Negeri Media Kreatif
  5. Institut Kesenian Jakarta (IKJ)
  6. Islamic Fashion Institute (IFI)
  7. Akademi Seni Rupa & Desain (ASRIDE) ISWI
  8. ESMOD Jakarta
  9. Lembaga Pengajaran Tata Busana (LPTB) Susan Budiharjo
  10. InterStudi Fashion Design

Demikian informasi mengenai daftar Universitas yang ada jurusan desainer baju di Indonesia. Mengingat semuanya adalah universitas negeri jadi calon mahasiswa dapat mengikuti seleksi ujian masuk dengan melalui SNMPTN, SBMPTN, dan jika memungkinkan ada yang dapat ditempuh dengan jalur mandiri sesuai kebijakan dari pihak universitas.

Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat.