9 Universitas yang Ada Jurusan Dokter Kecantikan Paling Dicari!

Posted on

Universitas yang ada jurusan dokter kecantikan belakangan ini menjadi incaran calon mahasiswa yang bercita-cita menjadi ahli kecantikan.

Hal ini tak lepas dari peluang kerja di bisnis kecantikan yang semakin berkembang dan diminati oleh para kawula muda generasi Z.

Namun tak semua kampus atau universitas memiliki program studi yang mengelola jurusan kecantikan. Mungkin baru beberapa universitas di kota-kota besar yang membuka jurusan ini.

Universitas yang Ada Jurusan Dokter Kecantikan

Apakah ada dokter spesialis kecantikan? Dokter estetika adalah dokter yang menangani berbagai hal seputar perawatan kecantikan, baik pada kulit tubuh, kulit wajah, maupun bentuk tubuh dengan prosedur nonbedah.

Dokter yang disebut juga dokter kecantikan ini bisa Anda jumpai di klinik klinik estetika atau pusat perawatan kulit.

Apakah Anda berminat? Berikut ini adalah daftar universitas yang ada jurusan dokter kecantikan yang bisa menjadi referensi.

1. Universitas Padjajaran

Universitas yang ada jurusan dokter kecantikan
Universitas yang ada jurusan dokter kecantikan

Salah satu program magister yang dibuka oleh UNPAD adalah Anti-Aging dan Aesthetic Medicine. Program ini telah berdiri sendiri sejak tahun 2015 yang hadir sesuai dengan kebutuhan masyarakat modern saat ini.

Banyaknya klinik kecantikan yang berdiri menjadi prospek kerja bagi lulusan ahli kecantikan.

2. Universitas Airlangga

Anda bisa mengambil program studi PPDS 1 Dermatologi dan Venereologi fakultas kedokteran. Program ini merupakan Program Pendidikan Dokter Spesialis-1 yang mencetak dokter Spesialis Kulit dan Kelamin.

Program studi Dermatologi dan Venereologi akan ditempuh dalam waktu 7 semester, termasuk MKDU (Mata Kuliah Dasar Umum) yang ditempuh pada semester 1.

3. Universitas Brawijaya

UB merupakan salah satu universitas terkemuka di Indonesia dengan lebih dari 60.000 mahasiswa, dalam berbagai program vokasi, sarjana, magister, doktor, profesi, dan dokter spesialis.

Anda bisa menempuh program spesialis 1 jurusan ilmu Kesehatan kulit dan kelamin yang diselenggarakan oleh Universitas Brawijaya.

4. Universitas Diponegoro.

Undip merupakan salah satu kampus terkemuka yang ada di Indonesia. Statusnya merupakan Perguruan Tinggi Negeri yang berkedudukan di Semarang, Ibu Kota Propinsi Jawa Tengah.

Sama dengan kampus lainnya, untuk mendalami jurusan kecantikan di Undip, Anda dapat mengambil program dokter spesialis dengan jurusan ilmu penyakit kulit dan kelamin.

Baca juga :  4 Rekomendasi Universitas Jurusan Tata Busana di Bandung

5. Universitas Hasanuddin

Universitas yang ada jurusan dokter kecantikan
Universitas yang ada jurusan dokter kecantikan – UNHAS

Unhas merupakan universitas terbaik di Indonesia timur. Dukungan fasilitas yang lengkap membuat kampus yang terletak di Jln. Perintis Kemerdekaan KM. 10 Gedung Rektorat Lt. 7 Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan ini menjadi primadona calon mahasiswa.

Salah satu fakultas yang menjadi kebanggaanya tentu saja adalah fakultas kedokterannya. Hal ini tak lepas dari banyaknya jurusan ilmu kedokteran dan program spesialis yang diselenggarakan di kampus ini.

Buat Anda yang tertarik dengan dunia kecantikan, bisa memilih salah satu jurusan di fakultas kedokteran Unhas ini.

6. Universitas Negeri Jakarta( UNJ)

Prodi Pendidikan Tata Rias Universitas Negeri Jakarta( UNJ) dengan jenjang S1 memiliki visi sebagai Program Studi unggulan nasional di bidang Pendidikan Tata Rias yang berwawasan kewirausahaan.

Tidak hanya mempersiapkan peserta didik supaya sanggup bersaing di dunia industri, Prodi yang merupakan bagian dari Fakultas Teknik UNJ ini juga meningkatkan berbagai macam wujud dedikasi kepada warga.

Mahasiswa yang kuliah memiliki peluang buat mendapatkan gelar Sarjana Pendidikan( S. Pd). Sesudah lulus, mereka bisa menekuni profesi di bidang Kecantikan semacam pengajar ataupun praktisi handal.

Untuk jadi lulusan yang berkompeten, mereka wajib menekuni materi- materi kuliah serta memahami bermacam berbagai peralatan makeup beserta gunanya.

Tidak cuma sebatas teori, para mahasiswa Kecantikan juga mempraktikkan keahlian dalam perihal merias wajah pada model di laboratorium.

Mahasiswa juga dapat tingkatkan kompetensinya dengan menjajaki tes sertifikasi serta kompetensi di industri kecantikan yang dinilai oleh asesor berpengalaman.

7. Universitas Negeri Semarang( UNNES)

Universitas yang ada jurusan dokter kecantikan

Berdiri pada tanggal 2 Juni 2010, Program Studi Pendidikan Tata Kecantikan Universitas Negeri Semarang( UNNES) menggelar perkuliahan di kampus yang terletak di wilayah Gunungpati, Semarang.

Prodi yang merupakan bagian dari Fakultas Teknik ini memberikan gelar pada lulusannya Sarjana Pendidikan( S. Pd). Di kampusnya, tersedia pula sarana yang disediakan buat mendukung perkuliahan semacam laboratorium serta perpustakaan.

Mengutip dari web resminya, Prodi Pendidikan Tata Kecantikan UNNES berpedoman pada pemahaman konservasi serta reputasi internasional.

Dalam melakukan Tridharma Perguruan Tinggi, Prodi Pendidikan Tata Kecantikan memegang prinsip- prinsip konservasi yaitu proteksi, pengawetan, serta pemanfaatan secara lestari sumber energi alam serta seni budaya dan berwawasan ramah lingkungan.

Lebih dari itu, Prodi Pendidikan Tata Kecantikan juga bertekad buat mencapai prestasi tidak cuma tingkatan nasional tetapi juga internasional.

8. Universitas Negeri Padang

Program Studi Pendidikan Tata Kecantikan Universitas Negeri Padang memiliki tujuan buat menciptakan tenaga kependidikan serta handal di bidang tata rias serta kecantikan.

Lulusannya diharapkan sanggup menyesuaikan diri serta berinovasi secara kreatif demi pengabdian kepada warga.

Baca juga :  Top 9 Universitas Sastra Inggris di Bandung!

Untuk menambah kualitasnya, Prodi Tata Kecantikan yang terletak di Fakultas Pariwisata serta Perhotelan melaksanakan kerja sama dengan lembaga serta industri terkait.

Harapannya, Prodi Tata Kecantikan sanggup menciptakan tenaga kependidikan ataupun nonkependidikan yang unggul serta cocok dengan kebutuhan pasar kerja.

Tidak hanya itu, Prodi Tata Kecantikan juga berupaya menanamkan jiwa entrepreneur di kalangan mahasiswa.

9. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Sudah mengantongi akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN- PT), Prodi Tata Rias dan Kecantikan merupakan bagian dari Jurusan Pembelajaran Teknik Boga serta Busana Universitas Negeri Yogyakarta(PTBB UNY). Ada pula jenjang pendidikan yang ditawarkan di Prodi Tata Rias dan Kecantikan yaitu Diploma 3(D3) serta Diploma 4( D4).

Salah satu misinya yaitu menyelenggarakan pendidikan serta pengajaran bidang Tata Rias yang relevan dengan dunia kerja serta pertumbuhan teknologi.

Prodi Tata Rias dan Kecantikan yang kampusnya terletak di daerah Karangmalang, Yogyakarta juga melakukan studi untuk pengembangan bidang Kecantikan dalam skala lokal, regional, nasional, dan internasional.

Berapa lama kuliah dokter spesialis kecantikan?

Seperti jurusan lain pada umumnya, calon mahasiswa-mahasiswi yang berasal dari negara yang tidak berbahasa Inggris sebagai bahasa utama diharuskan untuk lulus tes IELTS dengan skor skor 6.0-6.5 untuk memulai perkuliahan mereka. Untuk Program Sarjana, lama waktu kuliah akan berlangsung sekitar 3 tahun.

Dokter kecantikan ambil jurusan apa?

Seperti dokter pada umumnya, seorang dokter kecantikan perlu lulus terlebih dahulu dari jurusan kedokteran sebelum mengambil keahlian khusus lainnya. Hal ini karena, dalam jurusan dokter itu akan dipelajari berbagai hal dasar yang harus diketahui oleh semua spesialis dokter.

Berapa gaji dokter di klinik kecantikan?

Gaji rata-rata untuk dokter kecantikan di Indonesia adalah Rp7,5 juta per bulan

Berapa biaya untuk menjadi dokter spesialis?

Biaya yang dibebankan berbeda untuk tiap program studi PPDS dengan besaran antara Rp 13 Juta sampai dengan Rp 20 Juta per semester.

Apa bedanya dokter kulit dan dokter kecantikan?

Jadi sebenarnya tidak ada istilah dokter kecantikan. Karena dokter kulit lebih dari itu, bisa menangani apa saja. Lebih lanjut Dokter Firda menambahkan bahwa dokter kulit atau lebih dikenal dengan dokter spesialis kulit dan kelamin merupakan pendidikan dokter spesialis yang sangat komplit.

Demikian informasi tentang universitas yang ada jurusan dokter kecantikan di Indonesia. Silahkan pilih kampus yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda. Semoga informasi ini bermanfaat.