Top 10 Universitas yang Ada Jurusan Psikologi di Indonesia

Posted on

Universitas yang Ada Jurusan Psikologi di Indonesia menjadi salah satu pilihan favorit bagi calon mahasiswa baru. Terutama bagi mereka yang ingin menjadi ahli psikologi dan bimbingan konseling.

Tertarik untuk kuliah jurusan psikologi, simak daftar 10 terbaik Universitas yang membuka program studi dan jurusan Psikologi yang ada di Indonesia.

Universitas yang Ada Jurusan Psikologi

Universitas yang ada jurusan Psikologi
Daftar Universitas yang ada jurusan Psikologi di Indonesia

Berdasarkan QS World University Rankings 2022 yang dipublish 08 June 2021, daftar 10 Universitas jurusan Psikologi terbaik di Indonesia adalah sebagai berikut:

  1. Universitas Gadjah Mada, Peringkat dunia: 254
  2. Universitas Indonesia, Peringkat dunia: 290
  3. Universitas Airlangga, Peringkat dunia: 465
  4. Universitas Padjadjaran, Peringkat dunia: 801-1000
  5. Binus University, Peringkat dunia: 1001-1200
  6. Universitas Diponegoro, Peringkat dunia: 1001-1200
  7. Universitas Brawijaya, Peringkat dunia: 1001-1200
  8. Universitas Muhammadiyah Surakarta, Peringkat dunia: 1201+
  9. Universitas Sebelas Maret (UNS) , Peringkat dunia: 1201+
  10. Universitas Sumatera Utara (USU) , Peringkat dunia: 1201+

Namun bukan hanya ke sepuluh kampus tersebut yang ada jurusan psikologinya. Anda bisa memilih universitas lain yang membuka jurusan psikologi.

Berikut ini adalah rekomendasi Universitas yang ada jurusan Psikologi di berbagai wilayah Indonesia.

Universitas Yang Ada Jurusan Psikologi Di Jakarta

Buat Anda yang ingin mencari kampus yang membuka jurusan psikologi di area DKI Jakarta dan sekitarnya dapat memilih salah satu dari universitas berikut.

Universitas Al Azhar Indonesia (UAI)

Universitas yang ada jurusan Psikologi
Universitas Al Azhar Indonesia

Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) yang berdiri tahun 2000, merupakan institusi pendidikan tinggi di bawah naungan Yayasan Pesantren Islam (YPI) Al Azhar. Perguruan tinggi ini memiliki 6 fakultas dengan 19 program studi Sarjana dan satu program studi Pascasarjana, dan telah ter-akreditasi sangat baik oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Fakultas Psikologi dan Pendidikan berupaya mengikuti perubahan dalam dunia pendidikan serta terus meningkatkan kualitas pendidikan dengan cara meningkatkan kualitas dosen, melengkapi fasilitas perkuliahan, menyesuaikan kurikulum, serta menghadirkan berbagai inovasi sebagai kegiatan unggulan.

Hingga saat ini Fakultas Psikologi dan Pendidikan (FPsP) menaungi empat Program Studi yaitu; Psikologi, Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD), Pendidikan Agama Islam (PAI), dan Bimbingan dan Konseling Islam (BKI).

Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Kampus para pendidik ini dulunya bernama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Jakarta. Kemudian berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 093 Tahun 1999 tanggal 4 Agustus 1999, IKIP Jakarta ditetapkan dengan nama baru, yaitu Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Fakultas Psikologi UNJ ini baru dibuka pada tahun 2016. Awalnya, Program Studi Psikologi berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Pendidikan. Namun, meskipun tergolong masih baru, fakultas ini cukup diminati oleh pendaftar.

Salah satu penyebabnya ialah karena lulusan Psikologi memiliki jenjang karir yang luas. Berlokasi di kampus yang terpisah dengan kampus pusat, Fakultas Pendidikan Psikologi punya cara tersendiri untuk menghidupkan suasana kampus, yakni dengan kegiatan kemahasiswaan yang cukup banyak.

Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (UHAMKA)

Universitas yang ada jurusan Psikologi
UHAMKA

Universitas yang Ada Jurusan Psikologi di Jakarta berikutnya adalah Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (UHAMKA) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terbaik milik Persyarikatan Muhammadiyah yang berlokasi di Jakarta dan telah memiliki akreditasi A.

Selain memiliki Akreditasi A, UHAMKA juga masuk ke dalam 100 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia berdasarkan klasterisasi yang dilakukan Kemenristekdikti tahun 2019.

Jurusan Psikologi dapat Anda dapatkan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Lulusan dari fakultas ini dipastikan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang handal dalam menjalani tugas sebagai pengajar dan pendidik, serta memberikan bakti terbaik kepada masyarakat luas.

Baca juga :  4 Universitas Jurusan Fashion Design di Yogyakarta

Beberapa jurusan di FKIP UHAMKA:

  • Bimbingan Konseling
  • Praktikum BK dalam Islam
  • Psikologi Pendidikan
  • Profesi Kependidikan Khusus BK
  • Keterampilan Konseling
  • Teknik Khusus dalam Konseling

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Salah satu Universitas Swasta Jurusan Psikologi di Jakarta adalah Unika Atma Jaya.

Unika Atma Jaya merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta terbaik se-Indonesia. Berbagai prestasi telah diraih kampus ini.

Fakultas Psikologi berdiri pada tahun 1992 dan termasuk salah satu fakultas muda di Unika Atma Jaya. Dari awal berdiri hingga tahun 2005, fakultas ini hanya memiliki Program Studi Psikologi jenjang Sarjana (S1).

Mulai tahun 2006, Fakultas Psikologi membuka Program Magister (S2) Psikologi dan melakukan kerjasama dengan lembaga-lembaga dalam dan luar negeri, seperti Radboud University, Westminster University, Yayasan Putera Bahagia Jaya, dan lain sebagainya, untuk terus meningkatkan kualitas pendidikannya dan bakti kepada masyarakat.

Universitas yang Ada Jurusan Psikologi di Jawa Tengah

Jawa tengah juga dikenal memiliki banyak Universitas yang ada jurusan Psikologi. Berikut ini adalah beberapa diantaranya.

Universitas Negeri Semarang (Unnes)

Universitas yang ada jurusan Psikologi
Universitas Negeri Semarang

Status: Universitas Negeri

Fakultas Ilmu Pendidikan adalah cikal bakal berdirinya UNNES. Pada awalnya, Fakultas Ilmu Pendidikan bernama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Semarang (IKIP Semarang).

Pada tahun 1999, IKIP Semarang berubah menjadi UNNES dan melebur menjadi salah satu fakultasnya. Walau sudah berubah bentuk, tapi visi Fakultas Ilmu Pendidikan masih tetap sama, yaitu melahirkan para pendidik yang profesional dan bisa membantu melahirkan generasi penerus yang pandai dan terdidik.

Saat ini jurusan Psikologi Unnes telah memiliki akreditasi B.

Institut Agama Islam Negeri Surakarta

Status: Institut Negeri

Sebagaimana yang kita ketahui, sebagai Perguruan Tinggi yang berbasis agama Islam, fakultas yang ada di IAIN Surakarta memuat nilai-nilai keislaman. Salah satunya adalah Fakultas Ushuluddin dan Dakwah.

Bagi yang ingin mendalami ilmu islam dan dakwah dapat mendaftar di fakultas ini. Beberapa jurusan yang terbuka adalah sebagai berikut:

  • Psikologi Islam (-)
  • Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (A)
  • Manajemen Dakwah (-)
  • Komunikasi dan Penyiaran Islam (B)
  • Aqidah dan Filsafat Islam (B)
  • Akhlak Tasawuf (-)
  • Bimbingan dan Konseling Islam (B)

Universitas Sebelas Maret (UNS)

Status: Universitas Negeri

Fakultas Kedokteran UNS tidak hanya menaungi jurusan Kedokteran? Ya, FK UNS memang sedikit berbeda dari FK lainnya karena fakultas ini tidak hanya memuat Jurusan Kedokteran saja, tetapi juga jurusan lainnya yaitu Psikologi.

Selain itu, kelebihan lain dari fakultas ini ialah kerja sama yang dijalin dengan lebih dari 20 universitas dan lembaga pendidikan luar negeri. Keren banget, bukan?

Universitas Islam Negeri Walisongo

Status: Universitas Negeri

Jika Anda ingin melakukan pengabdian di bidang psikologi dan kesehatan yang bermanfaat untuk pengembangan masyarakat, silahkan daftarka diri Anda di Fakultas Psikologi dan Kesehatan UIN Walisongo!

Fakultas ini adalah fakultas yang memiliki visi “Fakultas yang Unggul dalam Riset Psikologi dan Kesehatan Berbasis Kesatuan Ilmu Pengetahuan untuk Kemanusiaan dan Peradaban Tingkat Internasional Tahun 2038”.

Universitas yang Ada Jurusan Psikologi di Jawa Timur

Beberapa rekomendasi Universitas yang ada jurusan Psikologi di Jawa Timur dapat Anda lihat di bawah ini.

Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS)

Universitas yang ada jurusan Psikologi
Universitas Katolik Widya Mandala

Status: Sekolah Tinggi Swasta

Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) adalah universitas nasional yang telah berdiri sejak 20 September 1960 dengan peringkat akreditasi institusi A.

Sejak awal berdirinya di tahun 1997, fakultas ini hanya memiliki satu program studi. Selain fokus pada pendidikan dan pengajaran, fakultas ini juga fokus pada bidang penelitian dan pengabdian masyarakat.

Pada Program Studi Psikologi, mahasiswa akan belajar teori dan praktik psikologi berdasarkan psikologi positif dalam upaya pemecahan masalah, perancangan intervensi, pengembangan dan optimalisasi sumber daya manusia.

Dengan bekal tersebut, lulusannya diharapkan dapat menjadi tenaga professional yang paham tentang Ilmu Psikologi dan mengenal berbagai macam alat ukur psikologi.

Universitas Negeri Surabaya (Unesa)

Status: Universitas Negeri

Universitas yang ada jurusan Psikologi di Jawa Timur berikutnya adalah Unesa, khususnya FIP yang menaungi jurusannya.

Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) didirikan pada tahun 1964. Pada awalnya, FIP bernama IKIP Surabaya, Quipperian. Saat ini FIP memiliki 8 program studi jenjang sarjana. FIP memfokuskan pengajaran pada bidang ilmu pendidikan dan ilmu psikologi.

Fakultas ini memiliki tujuan agar para lulusannya memiliki kompetensi yang tinggi, inovatif, dan mampu menghasilkan produk penelitian yang berguna bagi masyarakat.

Baca juga :  38 Jurusan di Polban Bandung dan Akreditasinya

Universitas Negeri Malang (UM)

Status: Universitas Negeri

Jika Anda tertarik mempelajari ilmu psikologi, masuk ke kampus yang satu ini bisa menjadi salah satu alternatif.

Fakultas Psikologi yang dulunya menjadi bagian dari Fakultas Ilmu Pendidikan ini telah mengantongi akreditasi B oleh BAN-PT. Tentu Anda tidak perlu meragukan lagi kualitas pendidikannya.

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel

Status: Universitas Negeri

Sejak tahun 2013, UIN Sunan Ampel Surabaya ini telah menyelenggarakan tiga fakultas baru dengan background keilmuan ‘general studies’, yaitu Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Psikologi dan Kesehatan, serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Tertarik dengan ilmu psikologi? Mungkin Anda akan cocok berkuliah di Fakultas Psikologi dan Kesehatan UIN Sunan Ampel! Fakultas yang terbilang masih baru ini sebenarnya lahir dari program studi psikologi yang dulunya merupakan bagian dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

Sejalan dengan perkembangan zaman, program studi itu pun berkembang dan lahirlah Fakultas Psikologi dan Kesehatan pada tahun 2014. Jadi, kalau Anda mau menjadi psikolog, bergabung saja di fakultas ini!

IAIN Tulungagung

Status: Institut Negeri

Meskipun masih muda, kampus ini cukup populer. Terbukti IAIN Tulungagung berada di peringkat 219 di Indonesia tahun 2020 menurut versi webometric.

Universitas yang Ada Jurusan Psikologi di Jogja

Berikut ini merupakan daftar rekomendasi Universitas yang Ada Jurusan Psikologi di Jogja.

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Universitas yang ada jurusan Psikologi
Universitas Negeri Yogyakarta

Status: Universitas Negeri

Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNY merupakan bagian pedagogik dari Fakultas Sastra, Pedagogik dan Filsafat UGM. FIP UNY menyelenggarakan pendidikan akademik dan profesional berbasis penelitian yang lekat dengan nilai keimanan, kepemimpinan, profesionalisme dan kebangsaan.

Program Pascasarjana (PPs) UNY membuka sembilan program studi (prodi) baru baik pada jenjang magister (S2) maupun doktor (S3).

Kini, total keseluruhan prodi program S2 UNY mencapai 29 program studi, sementara program S3 mencapai 6 program studi. PPs UNY juga memiliki visi besar yaitu menjadi program pascasarjana kependidikan yang unggul dalam pendidikan dan penelitian di Asia Tenggara di tahun 2025.

Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

Status: Universitas Negeri

Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora yang berdiri pada tahun 2004, bersamaan dengan fakultas Sains dan Teknologi, mempunyai tiga program studi yang seluruhnya merupakan program studi umum yang berlatar belakang IPS.

Meskipun demikian, kurikulum yang ada di fakultas ini juga mengintegrasikan dan menginterkoneksikan antara keilmuan umum yang dipelajari dengan keilmuan agama agar para lulusannya menjadi lulusan handal dan berbudi luhur. Berikut adalah program studi tersebut:

  • Sosiologi (A)
  • Ilmu Komunikasi (B)
  • Psikologi (B)

Universitas yang Ada Jurusan Psikologi di Medan

Universitas yang Ada Jurusan Psikologi di Medan dapat Anda temukan dari beberapa kampus berikut ini.

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Universitas yang ada jurusan Psikologi
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Status: Universitas Negeri

Kampus ini awalnya berstatus institut yaitu Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sumatera Utara dan hanya membuka dua fakultas, yaitu Fakultas Syariah yang berinduk ke IAIN Ar-Raniry Banda Aceh dan Fakultas Tarbiyah yang berinduk ke IAIN Imam Bonjol Padang. Kini IAIN SU resmi sudah menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara.

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan mempunyai misi menjadi fakultas unggul dalam pengembangan pendidikan Islam di tingkat nasional untuk mewujudkan masyarakat pembelajar.

Alumninya diharapkan mampu mencerdaskan kehidupan masyarakat serta unggul dalam bidang Pendidikan dan Keguruan untuk meningkatkan SDM Bangsa. Penelitian dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologinya semua berbasis pendidikan.

Universitas Negeri Medan (Unimed)

Status: Universitas Negeri

Universitas Negeri Medan merupakan salah satu kampus negeri unggulan yang berada di Sumatera Utara. Hal ini dibuktikan dengan beberapa prestasi yang diraih oleh Unimed, baik secara institusional maupun perwakilan mahasiswa.

FIP Unimed menyelenggarakan pendidikan pada bidang pendidikan yang terbagi menjadi empat kategori, antara lain: pendidikan umum, pendidikan sosial, bimbingan dan penyuluhan, serta administrasi pendidikan. Semua jurusan yang disediakan telah terakreditasi Unggul oleh BAN-PT lho.

Demikian informasi seputar Universitas yang ada jurusan Psikologi di Indonesia. Semoga dapat menjadi alternatif pilihan bagi calon psikolog muda.

Referensi: Quipper Campus