bentuk tenses dan penggunaannya
bentuk tenses dan penggunaannya. source : Canva.com

16 Bentuk Tenses dan Penggunaannya dalam Bahasa Inggris

Posted on

Artikel ini membahas tentang penjelasan 16 bentuk tenses dan penggunaannya yang sering dipakai dalam kalimat Bahasa inggris beserta dengan contoh kalimat.

Penaguru.com– Halo sahabat pena semuanya, kembali lagi admin akan berbagi tentang materi Bahasa inggris yaitu tentang tenses. Pasti diantara kalian ada yang masih bingung dan belum paham mengenai tata bahasa dalam Bahasa Inggris kan?.

Terkadang sebagian orang masih mengalami kesulitan ketika ingin mengucapkan suatu kalimat yang kejadiannya terjadi pada masa yang telah lampau atau kejadian yang akan datang.

Nah pada artikel kali ini kita akan membahas mulai dari rumus hingga contoh kalimat penggunaan tenses. Bagi kita yang bukan penutur asli memang akan sedikit kesulitan dalam mempelajarinya, namun akan terasa lebih mudah apabila kita mengetahui konsep dasar dari tenses itu sendiri.

Apa Itu Tenses?

Meskipun merupakan inti dari Tata Bahasa atau Grammar suatu kalimat, masih banyak yang belum tau apa sih tenses itu sebenarnya. Sederhananya mungkin dapat dikatakan kalua Tenses itu adalah bentuk waktu.

Tenses adalah Bentuk waktu atau konsep yang digunakan untuk menyatakan waktu suatu kejadian atau peristiwa, apakah kejadiannya berlangsung pada waktu lampau, waktu sekarang maupun waktu yang akan datang.

Secara umum, 16 bentuk tenses yang harus kita pelajari dan kuasai agar kita bisa menyusun suatu kalimat yang tepat sesuai dengan konteks waktu kejadian.

Bentuk Tenses dan Penggunaannya

Secara umum ada empat bentuk waktu dalam Bahasa Inggris yaitu, Present (sekarang), Past (lampau), Future (akan datang) dan Past Future (Telah terjadi pada masa akan datang). Masing-masing bentuk waktu ini memiliki empat bentuk tenses yaitu, Simple, Continuous, Perfect dan perfect Continuous.

A. Tenses Bentuk Present

1. Simple Present Tense

Simple present tense adalah bentuk tenses yang digunakan untuk menyatakan kejadian yang berlangsung pada saat sekarang ini.

Rumus

bentuk tenses dan penggunaannya
bentuk tenses dan penggunaannya

Subject verb Agreement

  • Untuk kalimat positif, subject: I, You, We dan They kata kerjanya tidak diikuti imbuhan s/-es. Contoh : I go to mosque. Sedangkan subject: He/She/It, kata kerjanya harus diikuti imbuhan s/-es. Contoh kalimat : He goes to musque.
  • Untuk Kalimat negative, subject I/You/We/They, do not atau don’t digunakan sebelum kata kerja. Contoh : I don’t go to school. Sedangkan Subject He/She/It, menggunakan does not atau doesn’t sebelum kata kerja. Contoh : She does not go to school.
  • Untuk kalimat interogatif, subject I/You/they/We diawali dengan “do”. Contoh: Do you bring my book? Sedangkan subject He/She/It diawali dengan “does”. Contoh: Does she bring her book?
  • Untuk kalimat yang menggunakan to be, maka harus selalu menggunakan to be bentuk present yaitu am, is dan are dan penggunaannya tetap mengikuti subjeknya.

Penggunaan

  • Untuk menyatakan suatu fakta (mutlak). Contoh, The sun sets in the west (Matahari terbenam di arah barat). Juventus is a club of Italia (Juventus adalah klub sepakbola Italia).
  • Untuk menyatakan kebiasaan atau kejadian yang dilakukan secara rutin berkali-kali. Contoh, My mother wakes up at 4.30 am every morning (Ibu saya bangun tiap jam 5 pagi). They always play football int that field every Saturday (Mereka selalu bermain bola di lapangan itu setiap hari sabtu)
  • Untuk mengungkapkan perasaan atau emosi. Biasanya menggunakan kata kerja statis seperti, feel, worry, love, dll. Contoh, I love you 3000 (Aku sangat menyayangimu). She feels anxious waiting for her result test announcement (Dia merasa cemas menunggu pengumuman hasil ujiannya)
  • Untuk menyatakan kepemilikan dan hubungan yang logis. Biasanya menggunakan stative verbs seperti, has/have, own, belong, consist, dll. Contoh, My company has 100 branches around the world (Perusahaanku memiliki 100 cabang di penjuru dunia). The car belongs to me (Mobil itu adalah punyaku)
  • Untuk menyatakan pendapat. Contoh, I agree that penalty kick should be replayed (Saya setuju tendangan penalty itu mesti diulang)
  • Digunakan untuk kalimat instruksi. Contoh, peel the apple! (kupas apel tersebut)

2. Present Continuous Tense

Present continuous tense adalah bentuk tenses yang digunakan untuk menyatakan suatu kejadian yang berlangsung pada waktu tertentu di masa sekarang.

Baca juga :  Materi Descriptive Text Dengan Contoh Soal Terbaru Kurikulum 2013

Contoh kalimat, It is 21.00. They are debating something right now.

Penjelasan:

Mereka berdebat sejam yang lalu. Sekarang waktu menunjukkan pukul 21.00 dan mereka masih berdebat. Ini menunjukkan bahwa debat mereka dimulai pada masa lampau (begins before), masih berlangsung pada saat sekarang (is in progress at the present), dan mungkin akan berlanjut sampai nanti (continuous after).

Rumus

bentuk tenses dan penggunaannya
bentuk tenses dan penggunaannya

Penggunaan

  • Untuk menunjukkan suatu kejadian yang sedang berlangsung dan terjadi sekarang. Contoh:
    It is raining and I am waiting for my father to pick me up (sekarang sedang hujan dan saya sedang menunggu ayah saya untuk menjemput saya)
  • Untuk membicarakan kejadian yang terjadi sekitar waktu pembicaraan. Contoh:
    This year, Ronaldo is playing for Juventus FC (Tahun ini, Ronaldo bermain untuk klub Juventus)
  • Untuk membicarakan rencana yang sudah pasti akan terjadi dalam waktu dekat. Contoh:
    They are spending their holiday in bali next month (Mereka akan menghabiskan liburan mereka di Bali bulan depan.

Keterangan waktu

Pada saat terjadi pembicaraan, right now, at the moment, today, at present, dll. Pada waktu sekitar waktu pembicaraan, this month, this year, this week, this semester, dan lain-lain.

3. Present Perfect tense

Present perfect tense adalah bentuk tenses yang digunakan untuk menyatakan suatu kejadian yang terjadi sebelum satu spesifik waktu di masa lalu tetapi masih berlangsung sampai sekarang.

Rumus

bentuk tenses dan penggunaannya
bentuk tenses dan penggunaannya

Penggunaan

  • Untuk menjelaskan suatu kejadian yang dimulai pada masa lampau dan masih berlanjut sampaiu sekarang. Contoh:
    We have lived in Bandung for four years (Kami telah tinggal di Bandung selama empat tahun). He has studied in Yogyakarta since two years ago (Dia telah kuliah di Yogyakarta sejak dua tahun lalu). Kalimat pertama berarti bahwa kami masih tinggal di bandung sampai saat ini, begitupun kalimat kedua berarti bahwa dia masih kuliah sampai saat ini.
  • Untuk menjelaskan kejadian yang dimulai dan berakhir di masa lampau dan efeknya masih berlanjut sampai sekarang. Contoh:
    I have tasted the soup (Saya telah mencicipi sup tersebut) artinya dia telah mencicipi tapi masih bisa merasakan rasa kuenya. Roni has lied to all of us (Roni telah berbohong kepada kita semua)
  • Untuk menyatakan bahwa suatu kejadian terjadi berulang kali di masa lampau. Contoh:
    Budi has phoned you six times (Budi menelepon kamu enam kali). I have read that poem several times (Saya telah membaca puisi itu beberapa kali)
  • Untuk mengungkapkan kejadian yang baru saja terjadi atau dilakukan. Contoh:
    My uncle hast just gone to my grandma’s home (Pamanku baru saja berangkat ke rumah nenekku). The committee has just announced the result of speech contest (Panitia baru saja mengumumkan hasil lomba pidato)

4. Present Perfect Continuous Tense

Present perfect continuous tense adalah bentuk tenses yang digunakan untuk menyatakan suatu kejadian yang telah berakhir pada suatu spesifik waktu di masa lampau atau kejadian yang telah dimulai di masa lampau dan terus berlangsung hingga saat sekarang.

Rumus

bentuk tenses dan penggunaannya
bentuk tenses dan penggunaannya

B. Tenses Bentuk Past

1. Simple Past Tense

Simple past tense adalah bentuk tenses yang digunakan untuk menyatakan kejadian atau peristiwa yang terjadi pada waktu spesifik di masa lampau. Salah satu ciri utamanya adalah menggunakan kata kerja bentuk kedua (verb 2).

Rumus

bentuk tenses dan penggunaannya
bentuk tenses dan penggunaannya

Penggunaan

  • Untuk menjelaskan suatu kejadian yang terjadi pada suatu waktu yang pasti di masa lampau. Contoh:
    I met my wife in 2011 (Saya bertemu istriku pada tahun 2011). My family went to Raja Ampat Island last year (Keluargaku mengunjungi Pulau Raja Ampat tahun lalu)
  • Untuk menjelaskan kejadian yang berlangsung dalam suatu periode di masa lampau. Contoh:
    Abdul attended Indonesia University for two years as an postgraduate. He played a lot of drum when he was younger (Dia bermain drum ketika dia masih muda)
  • Untuk menunjukkan suatu kebiasaan atau aksi yang berulang kali pada masa lampau. Contoh:
    When she lived in my village, She always walked a mile to her school everyday (Dia selalu berjalan kaki sejauh 1 mil ke sekolahnya setiap hari ketika dia tinggal di desaku). We went to visit our grandma every school holiday until she moved to our home (Kami selalu mengunjungi nenek tiap liburan sekolah hingga dia pindah ke rumah kami)

2. Past Continuous Tense

Past continuous tense adalah bentuk tenses yang digunakan untuk menyatakan suatu kejadian yang sedang berlangsung pada waktu tertentu di masa lampau.

Baca juga :  ✓ 11 Contoh Narrative Text Singkat dalam Kehidupan Sehari-hari Lengkap dengan Terjemahan

Contoh kalimat

I was sleeping when my uncle arrived at 19.00.

Penjelasan:

Saya sedang tidur ketika pamanku tiba pada pukul 19.00. Ini berarti bahwa saya telah tidur sebelum jam 19.00 (began before), masih tidur ketika paman tiba pada pukul 19.00 (was in progress), dan mungkin masih tidur setelah pukul 19.00 (continued after). Semua rentetan kejadian tersebut terjadi di masa lampau, artinya sudah tidak terjadi pada masa kini.

Rumus

bentuk tenses dan penggunaannya
bentuk tenses dan penggunaannya

Penggunaan

  • Untuk menyatakan suatu kejadian dimulai, berlangsung, dan selesai di masa lampau. Contoh:
    Joko was sleeping at 14.00 (Joko tidur pada pukul 14.00, berarti kejadian Joko tidur dimulai, berlangsung, dan selesai di masa lalu. Jadi, pada saat ini Joko tidak sedang tidur.
  • Untuk menyatakan bahwa suatu kejadian terjadi terelebih dahulu dan masih berlangsung ketika aksi kedua terjadi. Contoh:
    My father was repairing our car when the lamp fell on the floor (Ayahku sedang memperbaiki mobil kami ketika lampu jatuh ke lantai.
  • Untuk menyatakan bahwa dua kejadian berlangsung secara bersamaan. Contoh:
    Messi was shooting the ball while the referee was stopping the match (Messi sedang menendang bola ketika wasit menghentikan pertandingan)

3. Past Perfect Tense

Past perfect tense adalah bentuk tenses yang digunakan untuk menyatakan suatu kejadian yang terjadi sebelum waktu tertentu di masa lampau, biasanya lebih memfokuskan kepada fakta daripada waktu.

Rumus

bentuk tenses dan penggunaannya
bentuk tenses dan penggunaannya

Penggunaaan

  • Untuk menyatakan kejadian di masa lampau yang selesai terjadi sebelum kejadian kejadian masa lampau lainnya terjadi. Contoh:
    When she arrived at school, all of her friends had studied. Artinya, teman-teman subjek sudah belajar (kejadian pertama) saat dia tiba di sekolah (kejadian kedua). They had left by the time he came (Mereka telah pergi pada saat dia tiba)
  • Untuk menyatakan frekuensi kejadian yang telah berlangsung di masa lampau. Contoh:
    She had been married twice. They had applied many times
  • Untuk menyatakan pengandaian yang tidak mungkin terjadi lagi karena sudah terjadi di masa lalu. Contoh:
    If Ari had called me a bit earlier, I would not have missed my flight.

4. Past Perfect continuous Tense

Past perfect continuous tense adalah bentuk tenses yang digunakan untuk menyatakan kejadian yang terjadi di masa lampau dan telah selesai pada waktu tertentu di masa lampau juga. Tenses ini memfokuskan pada durasi waktu kejadiannya.

Rumus

bentuk tenses dan penggunaannya
bentuk tenses dan penggunaannya

C. Tenses Bentuk Future

1. Simple Future Tense

Simple future tense adalah bentuk tenses yang digunakan untuk menyatakan kejadian yang akan terjadi di masa yang akan datang.

Rumus

 

bentuk tenses dan penggunaannya
bentuk tenses dan penggunaannya

Penggunaan

  • Untuk mengungkapkan gagasan umum. Contoh, Families will always be important for us.
  • Untuk mendeskripsikan kebiasaan. Contoh, we will visit our grandparents twice a year.
  • Untuk menggambarkan emosi. Contoh, my little brother will love his new toys.

Shall, Will, dan going to

bentuk tenses dan penggunaannya
bentuk tenses dan penggunaannya
bentuk tenses dan penggunaannya
bentuk tenses dan penggunaannya

2. Future Continuous

Future continuous adalah bentuk tenses yang digunakan untuk menyatakan suatu kejadian yang akan sedang terjadi pada waktu tertentu di waktu yang akan datang.

Rumus

bentuk tenses dan penggunaannya
bentuk tenses dan penggunaannya

3. Future Perfect Tense

Future perfect tense adalah bentuk tenses yang digunakan untuk menyatakan kejadian yang telah selesai di waktu yang akan datang.

Rumus

bentuk tenses dan penggunaannya
bentuk tenses dan penggunaannya

4. Future Perfect Continuous Tense

Future perfect continuous tense adalah bentuk tenses yang digunakan untuk menyatakan kegiatan yang akan terus terjadi di waktu yang akan datang.

Rumus

bentuk tenses dan penggunaannya
bentuk tenses dan penggunaannya

D. Tenses Bentuk Past Future

1. Past Future Tense

Past future tense adalah bentuk tenses yang digunakan untuk menyatakan kejadian yang akan dilakukan di masa lampau namun gagal.

Rumus

bentuk tenses dan penggunaannya
bentuk tenses dan penggunaannya

2. Past Future Continuous Tense

Bentuk tenses yang digunakan untuk menyatakan suatu kejadian yang akan dilakukan di masa lampau dan akan berlangsung hingga waktu tertentu di masa lampau.

Rumus

bentuk tenses dan penggunaannya
bentuk tenses dan penggunaannya

3. Past Future Perfect Tense

Past future perfect tense adalah bentuk tenses yang digunakan untuk menyatakan suatu kejadian yang akan sudah dilakukan di masa lampau namun ternyata tidak dilakukan.

Rumus

bentuk tenses dan penggunaannya
bentuk tenses dan penggunaannya

4. Past Future Perfect Continuous Tense

Bentuk tenses yang digunakan untuk menyatakan kegiatan yang akan sudah dan masih sedang dilakukan di masa lampau, namun sebenarnya tidak terjadi.

Rumus

bentuk tenses dan penggunaannya
bentuk tenses dan penggunaannya

Demikianlah pembahasan tentang 16 bentuk tenses dan penggunaannya dalam Bahasa Inggris. Semoga bermanfaat buat kita semua, lihat materi lainnya di channel kami.

Salam Penaguru.