Apa itu Personal Letter? Struktur, Tujuan Hingga Contohnya

Posted on

Apa itu Personal Letter merupakan materi pembelajaran Bahasa Inggris yang ramai dicari tiap tahunnya oleh peserta didik. Tak hanya kalangan SD, SMP, SMA sederajat bahkan mahasiswa perguruan tinggi juga membahas tentang materi ini.

Agar mampu menguasai Bahasa Inggris dengan cepat, diperlukan banyak latihan dan praktik. Pengetahuan secara teori saja tidak akan berdampak signifikan. Oleh karena itu, Anda harus membiasakan diri untuk selalu menggunakan Bahasa Inggris dalam setiap kesempatan.

Salah satunya yaitu dengan membuat personal letter. Meskipun saat ini, teknologi sudah serba digital namun Anda bisa menggabungkan teknologi dalam penggunaan personal letter. Misalnya dengan menggunakan media E-mail untuk mengirim personal letter.

Kemudian apakah personal letter itu? Pada artikel kali ini sobat pena akan menemukan pembahasan lengkap mengenai personal letter, struktur, tujuan hingga contohnya.

Apa itu Personal Letter?

apa itu personal letter

Personal letter merupakan surat pribadi yang ditujukan kepada orang lain, biasanya kepada teman dekat, guru, orang tua, sahabat, dan keluarga.

Personal letter is a letter written personally to another people”.

Personal letters ini masuk ke dalam jenis informal letter (surat tidak resmi). Karena sifatnya yang tidak resmi maka tidak membutuhkan kop dan semacamnya. Melalui surat pribadi ini, Anda dapat berbagi kisah dan cerita dengan orang lain seperti menceritakan tentang:

  • Suasana sekolahmu.
  • Hal-hal menarik tentang keluarga dan teman.
  • Kejadian menarik yang Anda temui di jalan.
  • Menceritakan pengalaman liburan, dan lain sebagainya.

Agar bisa membuat personal letter yang baik dan menarik untuk dibaca, Anda harus memahami struktur dan tujuan penulisan surat pribadi terlebih dahulu.

“You should know what is the structure and purpose of the personal letter”.

Tujuan Personal Letter

apa itu personal letter

Dalam menulis apa itu personal letter, hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah tujuannya. What is the purposes of personal letter? Berikut ini adalah rinciannya.

To inform (Menginformasikan)

Mengingat bahwa jenis surat ini adalah personal letter yang bersifat informal atau tidak formal, maka Anda bisa menggunakan personal letter untuk menyampaikan suatu informasi. Isinya tergantung dari topik apa yang ingin Anda beritahukan, misalnya tentang kegiatan di akhir pekan, peristiwa yang Anda alami dan informasi lain yang menurut Anda perlu untuk disampaikan dalam surat tersebut.

To Keep in Touch (Menjaga Silaturrahmi)

Apabila Anda memiliki teman atau kerabat yang tinggalnya berada diluar kota atau bahkan luar negeri, personal letter bisa menjadi alternatif media yang bisa digunakan untuk menjalin komunikasi secara intens.

Baca juga :  Contoh Procedure Text Tentang Benda dan Terjemahannya

Kalian dapat berbagi cerita melalui personal letters yang dikirim melalui E-mail.

Dengan demikian, sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui, belajar Bahasa Inggrisnya dapat silaturrahmi pun tetap terjaga.

To share (Berbagi)

Tujuan lain dari personal letter adalah untuk membagikan kabar kepada orang lain. Tidak hanya sebagai alat untuk bertukar informasi dan cerita, personal letter dapat menjadi media untuk berbagi kabar jika terjadi situasi darurat.

Ketika salah satu teman atau keluarga terkena musibah maka bisa menggunakan personal letter agar kabar itu dapat tersampaikan kepada kerabat jauh.

To Persuade (Membujuk/Mempengaruhi)

Selain ketiga tujuan diatas, Anda juga dapat menggunakan personal letter untuk membujuk seseorang agar melakukan sesuatu. Misalnya, membujuk teman yang tinggal di luar negeri untuk liburan ke kotamu.

“You can send them a letter to persuade them to visit Indonesia”

Dengan demikian secara tidak langsung telah mempromosikan wisata di Indonesia.

Struktur Personal Letter

Setelah menentukan tujuan penulisan personal letter, selanjutnya Anda harus memahami format penulisan personal letter yang baik dan benar. Tentunya terlebih dahulu dengan mengetahui struktur dan bagian-bagiannya.

apa itu personal letter

Berikut ini adalah struktur personal letter yang perlu ada dalam format penulisannya.

Address and Date: Alamat dan Tanggal

Tuliskan nama kota dan tanggal pengiriman surat. Biasanya dituliskan dipojok kanan/kiri atas surat. Sedangkan alamat pengirim yang lebih rinci seperti nama jalan, desa, kota, nomor handphone, kode pos dan lainnya biasa dituliskan pada sampul surat. Ini penting jika Anda mengharapkan balasan dari personal letter Anda.

Contoh

Sinjai, 26 September 2022

Salutation

Salutation adalah salam pembuka yang ditulis pada permulaan personal letter. Kata-kata yang biasa digunakan seperti “Hi”, “Dear”, “Hello”, dan berbagai macam lainnya yang bersifat non-formal.

Contoh

“Dear Andi”

“Hi Bella”

Opening

Setelah memberikan salam pembuka, Anda bisa memulai pesan pembuka surat Anda. Karena sifatnya yang tidak formal, maka bisa dimulai dengan sapaan umum. Misalnya menanyakan kabar.

Content/Body

Bagian ini merupakan inti dari personal letter. Disini Anda bisa menuangkan segala informasi yang akan disampaikan atau dibagikan. Sebaiknya gunakan paragraf yang singkat-singkat saja antara 3 – 5 kalimat.

Closing

Bagian closing atau penutupan ini adalah bagian surat pribad yang menunjukkan bahwa surat tersebut akan berakhir. Isinya dapat berupa kesimpulan isi surat yang telah kamu sampaikan. Anda juga bisa menuliskan undangan agar penerima surat Anda berkunjung ke tempatmu.

Signature

Bagian signature dalam personal letter ini biasanya diisi dengan tanda pengenal atau inisial dan dapat juga berupa tanda tangan yang dirangkaikan dengan nama lengkap atau nama panggilan yang akrab bagi sang penerima surat.

Contoh

“Your Brother,

Ronaldo.”

P.S (Post Script)

Ini adalah semacam catatan tambahan yang biasa dituliskan diakhir surat.

Baca juga :  50 Soal Bahasa Inggris Kelas 11 Semester 2 dan Jawabannya

Contoh Personal Letter

Agar semakin paham apa itu personal letter, Anda dapat mempelajari contoh-contoh personal letter beserta terjemahan berikut ini.

Dengan memahaminya satu per satu, Anda bisa meningkatkan kompetensimu terkait cara menulis surat pribadi dalam bahasa Inggris.

Berikut adalah contoh surat pribadi untuk guru dalam bahasa inggris beserta analisis strukturnya:

apa itu personal letter
apa itu personal letter, struktur, tujuan hingga contohnya

Perhatikan juga contoh surat kepada teman yang bertujuan memberikan informasi tentang pindah rumah.

Personal Letter: Move to new house

Dear Sule,

I’m just writing to let you know that I’ve moved house.

As you know, I went for an interview for a job here in Bandung. Well, they gave me the position! It would have been impractical to travel down from Manchester every day, so we’ve found a house here, in a nice part of Bandung called Ciraos.

Our new house isn’t ideal. Bandung prices are crazy, and we were only able to afford a one-bedroom flat. But on the bright side, it’s on the ground floor, it’s got nice big windows, and a lovely view out onto the garden.

If you ever fancy a trip to Bandung, you’re more than welcome to come and stay. It would be great to see you. From where we live, it’s only a quick ride on the underground into the city center, so we could do some sightseeing together.

Keep in touch!

All the best

Tukul

Personal Letter tentang liburan

Visiting Raja Ampat

Dear Santi,

How are you? I want to tell you about my visit to Raja Ampat. I traveled to Raja Ampat with my family in my summer holiday. First, let me tell you about my flight; it was a comfortable flight.

We reached Waisai, Capital city of Raja Ampat at 10.30 in the morning. We stayed in Park Hotel near Waisai beach. The first day was wonderful as we went to many interesting places. For example Raja Ampat Fort, Wayag, Pianemo, Misool. The next day, we went for shopping and I bought many dresses. My family liked the cold wather. We stayed there for five days.

So as you can see, I really enjoyed my visit to Raja Ampat and I think I would like to get there again. How was your simmer camp? Write to me about it. Waiting for your letter and regards to your family.

Your friend,

Abdullah.

Penutup

Demikian pembahasan tentang apa itu personal letter, struktur, tujuan hingga contohnya. Semoga bisa bermanfaat.