cara membuka info gtk terbaru
Sumber : canva.com

Cara Membuka Info GTK Terbaru Dapodik Versi 2021.a

Posted on

Penaguru.com – Cara membuka info GTK terbaru – Haloo para sobat pena, apa kabarnya nih semoga kita semua dalam keadaan sehat selalu dan pandemi ini segera berakhir. Kali ini, admin akan membahas tentang info GTK. Salah satu bagian penting dari dunia pendidikan, Salah satu penyebab yang seringkali membuat bapak dan ibu guru yang telah sertifikasi tidak dapat mendapatkan tunjangan profesinya. Mari kita simak pembahasan berikut ini.

Apa Itu Info GTK?

Setelah rilis pembaruan aplikasi dapodik versi 2021.a, kemdikbud juga meluncurkan Info GTK v.2020.2.0 versi ujicoba. Info GTK terbaru sudah bisa di akses oleh Bapak dan Ibu Guru. Apa itu info GTK? Info GTK sendiri merupakan singkatan dari info guru dan tenaga kependidikan.  Jadi segala data guru dan tenaga kependidikan yang diinput ke dalam dapodik bisa dilihat oleh GTK bersangkutan melalui akun info GTK masing-masing.

Selama ini mungkin banyak diantara rekan-rekan guru yang tidak pernah membuka sendiri akun info GTK nya sehingga belum mengetahui apa isi dari info GTK itu sendiri. Pengalaman di sekolah penulis,  kebanyakan guru-guru senior hanya mempercayakan tentang aksesnya kepada operator Dapodik sehingga operator Dapodik yang notabene tugasnya hanya menginput semua data guru menjadi bertambah tugasnya karena harus memonitor data guru bersangkutan yang tidak valid.

Fungsi Info GTK

Tujuan utama dari info GTK sendiri sebenarnya adalah sebagai alat bagi tenaga GTK untuk mengecek info dapodikdasmen. Apabila ada yang tidak valid segera dilaporkan kepada operator untuk diperbaiki datanya melalui Dapodik. Ini merupakan hal yang penting apalagi buat guru yang sudah sertifikasi, SKTP bagi guru sertifikasi tidak akan pernah keluar apabila salah satu data di dapodik tidak valid. Nah kalau gtk yang bersangkutan tidak pernah mengecek datanya sampai kepada masa penarikan info gtk untuk penerbitan SKTP maka sktp nya tidak bisa diterbitkan apabila ada data yang tidak valid. Baiknya teman-teman GTK rajin mengecek sendiri info GTK nya.

Baca juga :  Cara Mengaktifkan Akun Pembelajaran Belajar.id

Oleh karena itu pada postingan kali ini admin akan membahas tentang cara membuka atau mengecek info GTK. Untuk mengakses info gtk yang perlu diperhatikan adalah pastikan akun anda telah terverifikasi. Setelah itu persiapkan :

  1. Username, yaitu email yang telah diverifikasi
  2. Password, yang telah dibuatkan oleh operator dapodik.

Apabila belum ada, segera tanyakan kepada operator dapodik di sekolah anda. Pengaturan ulang akun info GTK hanya bisa dilakukan melalui manajemen dapodik oleh operator dapodik. Jadi anda tidak bisa mengubah username maupun password anda.

Cara Membuka Info GTK Terbaru

Berikut ini langkah-langkah caramembuka info GTK terbaru:

1. Buka situs atau website info gtk di : info.gtk.kemdikbud.go.id, maka akan muncul tampilan seperti berikut.

cara membuka info gtk terbaru
login gtk via, source: info.gtk.kemdikbud.gtk.id

Tampilan awal dibagi ke dalam 2 bagian, yaitu bagian login denagn bagian regulasi terkait GTK. Pada bagian login info GTK, terdapat dua pilihan untuk login yaitu melalui login langsung ke GTK atau login menggunakan SSO. Jika anda hanya ingin melihat dan mencetak data anda, pilih opsi pertama. Sedangkan apabila anda login menggunakan SSO, anda bisa mengubah data anda, khususnya hanya dibagian riwayat pendidikan. Nanti akan diperlihatkan perbedaan tampilan antara kedua opsi login tersebut. Pertama kita akan login menggunakan opsi pertama.

2. Klik login langsung ke GTK, maka akan muncul halaman berikut.

cara membuka info gtk terbaru
source : info.gtk.kemdikbud.go.id

Pada halaman ini anda akan diminta memasukkan username dan password yang telah disiapkan. Jangan lupa untuk memasukkan kode chaptcha yang diperlihatkan kemudian klik LOGIN.

3. Setelah menekan tombol LOGIN maka akan muncul halaman berikut.

cara membuka info gtk terbaru
source: info.gtk.kemdikbud.go.id

Pada halaman ini ditampilkan semua data anda.Mulai dari data individu, status NUPTK, status data sertifikat pendidik, rombongan belajar dan data tunjangan profesi guru. Anda dapat mmeriksa data anda satu persatu dan apabila ada yang tidak valid segera laporkan kepada operator dapodik anda. Dibagian atas halaman ini telah disediakan tombol PRINT/CETAK untuk mencetak data anda. Sampai tahap ini anda telah berhasil membuka akun GTK anda, cukup mudah kan.

Baca juga :  10+ Daftar Sekolah Kedinasan Terpopuler di Indonesia 2020

Login Menggunakan SSO

Karena terlanjur dibahas tadi, maka saya juga akan memberikan tampilan cara membuka info gtk terbaru jika login menggunakan SSO. Dari langkah pertama di atas, klik login menggunakan SSO, akan muncul tampilan login seperti gambar berikut.

cara membuka info gtk terbaru
source: info.gtk.kemdikbud.go.id

Pada halaman tersebut anda akan diminta untuk memasukkan USERNAME dan PASSWORD, setelah itu klik MASUK. Maka akan terbuka tampilan berikut.

cara membuka info gtk terbaru
source: info.gtk.kemdikbud.go.id

Dari gambar di atas dapat anda lihat data-data yang ditampilkan mulai dari biodata, beban ajar, tugas, pendidikan, sertifikasi, kepangkatan, kenaikan gaji berkala dan riwayat pekerjaan. Pada halaman ini, anda hanya dapat mengubah riwayat pendidikan anda sedangkan perubahan data yang lain tetap harus melalui manajemen dapodik.

Silahkan simak juga video tutorial bagaimana cara membuka info GTK terbaru di bawah ini!


Nah itulah pembahasan bagaimana cara membuka info GTK terbaru. Sekali lagi perlu dipahami bahwa ini masih versi ujicoba dan data yang terdapat didalamnya masih belum fix karena sementara masih dalam proses validasi dan penarikan data. Tetapi apabila menemukan data yang tidak valid segera melapor kepada operator dapodik anda. Ini juga membantu operator dapodik anda dalam memverifikasi data anda sebelum melakukan sinkronisasi dapodik.

Terima kasih telah membaca, semoga info ini bermanfaat buat semua sobat pena.

Salam Pena..