memperkenalkan diri dan orang lain
memperkenalkan diri dan orang lain. source : canva.com

Cara Mudah Memperkenalkan Diri dan Orang Lain dalam Bahasa Inggris

Posted on

Artikel ini membahas tentang cara mudah memperkenalkan diri dan orang lain dalam Bahasa Inggris.

Penaguru.com– Apa yang anda lakukan ketika pertama kali bertemu dengan seseorang? Pastinya hal pertama yang anda lakukan adalah saling memperkenalkan diri. Bagaiamana cara kita membuat terkesan orang yang pertama kali dijumpai yaitu melalui kesan perkenalan kita.

Memperkenalkan diri dalam Bahasa Inggris tidaklah serumit yang dipikirkan oleh sebagian orang. Selain kata-kata yang digunakan, ketenangan, sopan santun dan salam perkenalan juga harus kita perhatikan. Tidak perlu tergesa-gesa, gunakan kata-kata yang sopan dan salam seperti jabat tangan dan senyum yang menarik.

Mengapa harus Memperkenalkan Diri?

Perkenalan dalam bahasa inggris disebut dengan Introduction, berasal dari kata kerja introduce yang artinya memperkenalkan yang mendapatkan akhiran -ion sehingga berubah menjadi kata benda (noun) yakni Introduction. Mengapa perlu? tentu saja agar orang lain dapat mengenali kita, terutama mengetahui nama kita. Bayangkan apabila semua orang saling tidak mengetahui nama masing-masing. Di dalam kelas misalnya, ketika seorang guru meminta salah seorang peserta didik untuk maju ke depan kelas maka guru itu perlu mengetahui nama dari peserta didik tersebut.

Seperti pepatah yang sering kita kenal “Tak kenal maka tak sayang” artinya kita baru bisa benar-benar memahami dan bergaul dengan seseorang apabila kita sudah saling mengenal. Buatlah agar orang lain mengenal anda, sebaliknya anda juga harus mengenal orang lain pula.

Unsur-Unsur dalam Perkenalan Diri

memperkenalkan diri dan orang lain
memperkenalkan diri dan orang lain. source : canva.com

Dalam memperkenalkan diri dan orang lain dalam Bahasa Inggris, beberapa identias yang umumnya disampaikan adalah:

  • Name, nama baik itu nama lengkap (full name) yang biasanya digunakan dalam perkenalan formal dan nama panggilan (nickname) yang biasanya digunakan dalam non formal. Biasanya kita menggunakan kalimat-kalimat seperti berikut ini:
  1. My name is ….
  2. My full name is ….
  3. My nickname is ….
  4. I am ….
  5. You can call me …
  • Address, alamat. Sebutkan dimana domisili anda, dengan kalimat seperti berikut:
  1. I live in
  2. My address is
  3. I stay at ..
  4. My house is on
  • Age, umur atau usia
  1. I am … years old
  2. My age is
  3. I was born on
  • Origin, daerah/kota asal
  1. I am from
  2. I come from ..
  3. My hometown is
  • Job, pekerjaan apabila telah bekerja namun jika masih sekolah bisa meyebutkan nama sekolah.
  1. My job is ..
  2. My occupation is
  3. I work in
  4. My profesion is
  5. I am a ….. (nama profesi)
  6. I study in
  • Hobby, kegemaran atau hal paling disenangi.
  1. My hobby is
  2. I like ….
  3. I love
Baca juga :  3+ Contoh Narrative Text Bahasa Inggris SMP

Contoh Cara Memperkenalkan Diri dan Orang Lain

Memperkenalkan Diri Sendiri

memperkenalkan diri dan orang lain
memperkenalkan diri dan orang lain. source : canva.com

Contoh 1: Memperkenalkan diri di depan kelas (pendek)

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hello my friends. Let me introduce myself. My name is Muhammad Jupri. You can call me Jupe. I am fourteen years old. I am from Wasuponda. I live at Tobelo Street No 15. I live with my parents and two little brothers. My hobby is playing football and reading a book. Thank you.

Terjemahan : Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Halo teman-teman. Perkenankan saya memperkenalkan diri. Nama saya Muhammad Jupri. Kalian bisa memanggil saya Jupe. Saya berusia 14 tahun. Asal saya dari Wasuponda. Saya tinggal di jalan Tobelo nomor 15. Saya tinggal dengan kedua orangtua dan dua adik laki-lakiku. Saya suka bermain sepakbola dan membaca buku. Terima kasih.

Contoh 2 : Memperkenalkan diri di depan kelas (agak panjang)

Good morning, my friends. How are you today? I want to introduce myself. I am Arman Muhaeran but people usually call me Mamank. I was born on Maret 26th, 2005 in Makassar. I live at Imam Bonjol Street number 60 with my family. I like some sports, especially Football and Volleyball. My favorite football team is Juventus and my favorite volleyball team is Modena. I enjoy reading a book, especially for adventure and detective stories. I also love anime movies. I like Naruto and One piece anime very much. That’s all, thank you.

Terjemahan : Selamat pagi teman-teman. Bagaimana kabar kalian? Saya ingin memperkenalkan diri. Nama saya Arman Muhaeran tetapi orang-orang biasa memanggilku Mamank. Saya lahir pada tanggal 26 Maret 2005 di Makassar. Saya Tinggal di jalan Imam Bonjol nomor 60 bersama dengan keluargaku. Saya suka berolahraga, terutama sepakbola dan bola volli. Klub sepakbola favoritku adalah Juventus dan klub voli favoritku adalah Modena. Saya suka membaca buku terutama kisah petualangan dan detektif. Saya juga menyukai film-film anime. Saya sangat menyukai Naruto dan One piece. Demikian, terima kasih.

Memperkenalkan Orang Lain

memperkenalkan diri dan orang lain
memperkenalkan diri dan orang lain. source : canva.com

Contoh 1 : Memperkenalkan seseorang

Hi Budi, this my cousin. His name is Budi. He comes from Manado. He will stay here for this holiday.

Terjemahan : Hai Budi, ini adalah sepupu saya. Namanya Budi. Dia berasal dari manado. Dia akan tinggal disini selama liburan kali ini.

Baca juga :  Bahasa Inggris: Materi Teks Naratif Pertemuan 2 Semester 2 Kelas 9 SMP

Contoh 2 : Memperkenalkan banyak orang

Hello my friends, I would like to introduce my family. I have one big sister and one little brother. My sister’s name is Santi and my brother’s name is Joko. Santi is a student of senior high school grade 11 while Joko is in elementary school. My father is a farmer. My mother is a housewife. That’s all can I say about my family. Thanks.

Terjemahan : Halo teman-teman, saya ingin memperkenalkan keluarga saya. Saya memiliki seorang kakak perempuan dan seorang adik laki-laki. Saudara perempuan bernama Santi dan adik laki-lakiku bernama Joko. Santi duduk di kelas 2 SMA sedangkan Joko masih di sekolah dasar. Ayahku adalah seorang petani dan ibuku seorang ibu rumah tangga. Hanya itu yang bisa saya katakan tentang keluargaku. Terima kasih.

Kalimat-kalimat Percakapan dalam Memulai Perkenalan

Berikut admin bagikan kalimat-kalimat yang sering digunakan dalam memulai sebuah perkenalan. Penggunaannya bisa disesuaikan dengan situasi dan kondisi perkenalan itu terjadi.

  1. Hi, I am Joko. What is your name? (Hi, saya Joko. Siapa namamu?)
  2. Nice to meet you. How do you do? (senang bertemu dengan anda. Bagaiaman kabarmu?)
  3. Where are you from? (kamu berasal dari mana)
  4. Where do you live? (dimana kamu tinggal)
  5. What is your favorite … ? (apa … favoritmu?
  6. I am 17 years old. How about you ? (Usiaku 17 tahun. Kalau kamu?)

Melakukan perkenalan dalam Bahasa inggris tidak perlu berbelit-belit. Just, tell them what they should know. Katakan saja apa yang penting dan mesti orang lain ketahui tentang diri kamu. Begitu pun ketika menanyakan sesuatu hal kepada orang lain. Tanyakan hal-hal yang benar-benar kamu perlukan tanpa harus terlalu jauh ke dalam ranah pribadi mereka. Tapi jangan juga terlalu singkat.

Ingat kesan pertama dalam menarik hati seseorang dinilai dari awal perkenalan kalian. Jangan sampai di awal perkenalan sudah memberikan kesan yang buruk sehingga membuat orang lain ilfeel terhadap kamu. Demikian pembahasan mengenai cara memperkenalkan diri dan orang lain dalam bahasa inggris, semoga bermanfaat buat kalian semua. Jangan lupa dipraktekkan yah guys, because practice makes better.

Salam Pena.