5 Cara Menghafal Kosakata Bahasa Inggris dengan Cepat

Posted on

Kemampuan bahasa Inggris yang baik sangat penting dalam era globalisasi ini. Namun, salah satu kendala yang sering dihadapi oleh banyak orang adalah sulitnya menghafal kosakata bahasa Inggris dengan cepat. Bagi sebagian orang, proses ini membutuhkan waktu dan usaha yang besar. Namun, tidak perlu khawatir, karena ada cara-cara yang dapat membantu Anda menghafal kosakata bahasa Inggris dengan cepat. Dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa tips dan trik sederhana untuk membantu Anda meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda dengan cara menghafal kosakata bahasa Inggris dengan cepat.

Table of Contents

Cara Menghafal Kosakata Bahasa Inggris dengan Cepat

cara menghafal kosakata bahasa Inggris dengan cepat
Salah satu cara menghafal kosakata bahasa Inggris dengan cepat

Apakah kamu kesulitan untuk menghafal kosakata bahasa Inggris dengan cepat? Tidak perlu khawatir, karena di sini kami akan memberikan beberapa tips dan trik yang dapat membantu kamu menghafal kosakata bahasa Inggris dengan mudah dan cepat.

Buat Daftar Kosakata Baru

Langkah pertama dalam cara menghafal kosakata bahasa Inggris dengan cepat adalah membuat daftar kosakata baru. Buatlah daftar kosakata baru dari sumber-sumber yang dapat dipercaya seperti buku, artikel, atau sumber online. Anda juga dapat menulis kata-kata yang sering Anda dengar dalam bahasa Inggris tetapi tidak tahu artinya.

Baca juga :  150 Kosakata Bahasa Inggris Untuk Anak SD Kelas 2 Beserta Artinya

Setelah membuat daftar kosakata, pelajari kosakata secara bertahap. Jangan mencoba menghafal semua kosakata dalam satu waktu karena itu akan membuat kamu merasa kewalahan. Fokuslah pada beberapa kosakata terlebih dahulu, dan setelah kamu menguasai kosakata tersebut, baru pindah ke kosakata lainnya.

Buat Asosiasi dan Kaitkan Dengan Gambar

Cara menghafal kosakata bahasa Inggris dengan cepat yang efektif adalah dengan membuat asosiasi dan mengaitkannya dengan gambar. Misalnya, ketika Anda belajar kata ‘apple’, cobalah bayangkan dan kaitkan dengan gambar buah apel. Cara ini akan membantu Anda mengingat kosakata bahasa Inggris dengan lebih mudah dan cepat.

Berlatih Menggunakan Kosakata Baru Dalam Konteks

Menggunakan kosakata baru dalam konteks adalah cara yang baik untuk memperkuat dan mengingat kosakata bahasa Inggris dengan cepat. Berlatihlah menggunakan kosakata baru dalam percakapan sehari-hari, menulis kalimat atau paragraf menggunakan kosakata baru, atau bahkan membuat cerita menggunakan kosakata baru.

Berlatih secara konsisten sangat penting dalam menghafal kosakata bahasa Inggris dengan cepat. Cobalah untuk meluangkan waktu setiap hari untuk mempelajari kosakata baru. Jangan menunggu sampai kamu lupa kosakata lama, tetapi berlatihlah secara konsisten agar kosakata tersebut tetap teringat di dalam otakmu.

Gunakan Metode Pengulangan

Metode pengulangan adalah salah satu cara yang efektif untuk menghafal kosakata bahasa Inggris dengan cepat. Cobalah mengulang-ulang kosakata baru dalam jangka waktu tertentu, seperti setiap hari atau seminggu sekali. Hal ini akan membantu otak Anda memperkuat koneksi dan meningkatkan kemampuan memori Anda.

Gunakan kosakata dalam percakapan

Terakhir, dalam cara menghafal kosakata bahasa Inggris dengan cepat adalah gunakan kosakata dalam percakapan sehari-hari. Hal ini akan membantumu untuk mengingat kosakata tersebut dengan lebih mudah dan cepat. Kamu dapat berlatih berbicara dengan teman atau keluarga yang juga mempelajari bahasa Inggris atau bergabung dengan komunitas bahasa Inggris untuk berlatih bersama.

Mengetahui Kosakata yang Perlu dihafal

cara menghafal kosakata bahasa Inggris dengan cepat
Jenis kosakata yang perlu dihafal

Anda perlu mengetahui jenis-jenis kosakata yang sering digunakan dan menentukan prioritas kosakata yang harus dihafal.

Jenis kosakata yang sering digunakan

Kosakata yang sering digunakan biasanya terdiri dari kosakata dasar yang dipakai dalam keseharian, seperti kosakata tentang angka, warna, hari, bulan, makanan, transportasi, benda-benda sehari-hari, dan sebagainya. Selain itu, kosakata yang sering digunakan juga mencakup kata-kata yang sering dipakai dalam Bahasa Inggris seperti preposisi, konjungsi, dan kata kerja.

Contoh:

  • Angka: one, two, three, four, five, six, seven, eight, nine, ten
  • Warna: red, blue, green, yellow, black, white
  • Hari: Monday, Tuesday, Wednesday, Thursday, Friday, Saturday, Sunday
  • Bulan: January, February, March, April, May, June, July, August, September, October, November, December
  • Preposisi: in, on, at, for, of, to, with, by
  • Konjungsi: and, but, or, so
  • Kata kerja: eat, drink, sleep, walk, run, study, work

Menentukan prioritas kosakata yang harus dihafal

Setelah mengetahui jenis-jenis kosakata yang sering digunakan, kita perlu menentukan prioritas kosakata mana yang harus dihafal terlebih dahulu. Hal ini dapat dilakukan dengan mempertimbangkan kebutuhan dan tujuan belajar Bahasa Inggris, serta memperhatikan frekuensi kemunculan kosakata tersebut dalam percakapan sehari-hari.

Baca juga :  Kata Kerja Beraturan dalam Bahasa Inggris: Daftar, Penggunaan, dan Contohnya!

Contoh:

Jika seseorang ingin belajar Bahasa Inggris untuk keperluan bekerja di perusahaan multinasional, kosakata yang berhubungan dengan pekerjaan dan bisnis seperti “meeting”, “presentation”, “deadline”, “target”, dan “proposal” bisa menjadi prioritas untuk dihafal terlebih dahulu.

Sedangkan jika seseorang ingin memperdalam kemampuan Bahasa Inggris untuk berkomunikasi sehari-hari dengan teman-teman dari negara berbahasa Inggris, kosakata sehari-hari seperti “hi”, “how are you?”, “what’s up?”, “good morning”, “good night”, dan “see you” bisa menjadi prioritas utama.

Manfaat Menguasai Kosakata Bahasa Inggris

Menguasai kosakata Bahasa Inggris memiliki banyak manfaat, antara lain:

  • Meningkatkan kemampuan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris.
  • Mempermudah dalam memahami bacaan atau mendengarkan percakapan dalam Bahasa Inggris.
  • Membuka peluang untuk bekerja di perusahaan multinasional atau berkarir di luar negeri.
  • Menambah nilai tambah pada CV atau resume.
  • Memperluas jaringan sosial dan kemungkinan untuk berinteraksi dengan orang dari berbagai negara.
  • Memperkaya pengalaman belajar dan menambah wawasan tentang budaya dan kebiasaan orang lain.

Aplikasi Belajar Kosakata bahasa Inggris

cara menghafal kosakata bahasa Inggris dengan cepat
Aplikasi belajar Bahasa Inggris

Ada beberapa aplikasi yang bisa membantu dalam cara menghafal kosakata Bahasa Inggris dengan cepat, di antaranya:

  • Duolingo: Aplikasi ini menyediakan banyak latihan kosakata dan tata bahasa, serta memberikan pengulangan secara terus menerus untuk membantu memperkuat ingatan.
  • Quizlet: Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membuat flashcard sendiri dan membagikan atau mengunduh set kosakata Bahasa Inggris yang sudah ada, serta menggunakannya untuk memperdalam kosakata dalam bentuk permainan.
  • Memrise: Aplikasi ini menggunakan teknik memori dan pengulangan yang efektif untuk membantu pengguna menghafal kosakata Bahasa Inggris dengan cepat.
  • Drops: Aplikasi ini menyajikan kosakata dalam bentuk gambar, serta menyediakan latihan interaktif dan pengulangan yang sistematis.
  • Lingoda: Aplikasi ini lebih berfokus pada kursus online untuk meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris, namun juga menyediakan latihan kosakata dan tata bahasa yang efektif.

Aplikasi-aplikasi ini dapat membantu mempercepat proses pembelajaran kosakata Bahasa Inggris, namun tetap memerlukan upaya dan latihan teratur untuk menguasai kosakata tersebut dengan baik.

Kesimpulan

Menghafal kosakata bahasa Inggris dengan cepat dapat menjadi tugas yang menantang bagi banyak orang. Namun, dengan cara-cara sederhana seperti membuat daftar kosakata, membuat asosiasi dengan gambar, berlatih menggunakan kosakata dalam konteks, menggunakan metode pengulangan, dan menggunakan teknologi, Anda dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda. Ingatlah bahwa konsistensi adalah kunci dalam belajar bahasa Inggris, jadi luangkan waktu setiap hari untuk belajar dan memperkuat kemampuan bahasa Inggris Anda. Semoga tips dan trik dalam artikel ini dapat membantu Anda cara menghafal kosakata bahasa Inggris dengan cepat dan mudah.


Apa yang harus saya lakukan jika saya kesulitan mengingat kosakata bahasa Inggris?

Cobalah metode pengulangan atau membuat asosiasi dengan gambar.

Apakah perlu belajar kosakata bahasa Inggris setiap hari?

Ya, belajar kosakata bahasa Inggris setiap hari dapat membantu Anda memperkuat kemampuan bahasa Inggris Anda.

Apakah saya harus menghafal seluruh kamus bahasa Inggris dengan cepat?

Tidak, tidak perlu menghafal seluruh kamus bahasa Inggris. Mulailah dengan kosakata yang paling sering digunakan dan tingkatkan secara bertahap.

Apakah perlu menggunakan teknologi untuk membantu menghafal kosakata bahasa Inggris?

Ya, ada banyak aplikasi dan situs web yang dirancang khusus untuk membantu Anda menghafal kosakata bahasa Inggris dengan cepat, seperti flashcards atau games.

Berapa kosakata untuk bisa bahasa Inggris?

Jika demikian, berapa banyak kosakata yang harus anda kuasai untuk bisa mengerti bahasa asing? Melalui sebuah artikel yang dikutip dari BBC, pertanyaan ini dijawab, dan jawabannya adalah 800 hingga 1000 kosakata.