laporan pembelajaran jarak jauh
source : canva.com

Begini Contoh Format Laporan Pembelajaran Jarak Jauh | Daring 2020

Posted on

Penaguru.com– Laporan Pembelajaran Jarak Jauh, apa kabar teman-teman guru? Kali ini saya akan membahas materi tentang laporan pelaksanaan kegiatan pembelajaran daring sebagai bagian dari kegiatan Work from Home (WFH)  karena kebanyakan sekolah sekarang melaksanakan pembelajaran daring atau belajar dari rumah meskipun pemerintah sudah menyiapkan atau memberikan solusi pembelajaran untuk siswa kita di TVRI tapi itu saya kira belum cukup mantap, ini saja dari masih agak kacau apalagi kalau sekolah sekolah di pedesaan seperti saya itu masih sangat sedikit sekali yang siswa yang melek akan teknologi, belum lagi mereka tidak punya handphone, belum lagi mereka beli handphone tapi tidak punya data belum lagi mereka punya data tapi tidak tahu bagaimana melaksanakan tugas-tugas untuk mengerjakan tugas-tugas lewat media online seperti ini.

Pentingnya Laporan Pembelajaran Jarak Jauh

laporan pembelajaran jarak jauh
source: canva.com

Namun penting untuk diperhatikan oleh para guru, bahwa belajar jarak jauh harus dibuat secara terencana dan sistematis, tetap memperhatikan unsur tantangan yang membuat pembelajaran menjadi berkembang dengan fasilitas teknologi internet dan komunikasi digital .

Bukan belajar yang hanya mengalihkan metode transfer pengetahuan, dari transfer bentuk instruksional oleh guru di kelas menjadi tutorial berbasis digital. Atau merubah aktifitas belajar di sekolah menjadi belajar di rumah dengan pola dan jadwal kegiatan selayaknya di sekolah. Belajar di rumah perlu didefinisikan dengan definisi yang lebih moderat, ia bukanlah aktifitas akademik seperti mendengarkan ceramah guru dan menulis latihan soal di kelas.

Belajar di rumah menumbuhkan kesadaran tentang konektifitas yang lebih luas cakupannya, belajar di rumah dengan perangkat komunikasi dan teknologi harus lebih memotivasi siswa belajar lebih dalam, memahami pengetahuan secara kontekstual, yang mengarahkan siswa mampu melihat permasalahan dengan berbagai perspektif, dan menemukan pemecahannya secara efektif dan rasional.

Baca juga :  Modul Pembelajaran Daring IPA Kelas 7 8 9 Berbasis Aktivitas Semester Genap SMP

Beberapa sekolah sudah menerapkan laporan pelaksanaan ini tapi di sekolah saya sendiri belum diterapkan belum disuruh atau belum diberi perintah untuk membuat laporan seperti ini tapi kebanyakan sekolah-sekolah yang yang maju atas sekolah-sekolah yang sudah ada di perkotaan itu kebanyakan Kepala Sekolahnya meminta gurunya untuk melakukan laporan pelaksanaan kegiatan pembelajaran daring dan ini juga sangat dibutuhkan oleh teman-teman guru yang terutama honorer karena honorer itu kan gajinya berasal dari dana BOS dan kepala sekolah kebanyakan butuh yang namanya buktilah bahwa si guru A  memang berhak mendapatkan gaji dari dana Bos karena dia telah melaksanakan PJJ, ya ini dianggap sebagai bukti laporan pertanggungjawaban kepala sekolah kepada daerah, dinas maupun Pusat.

Format Laporan Pembelajaran Jarak Jauh

Disini saya akan memperlihatkan dua contoh format laporan,  yang pertama format untuk guru SMP dan  format untuk guru SD. Oke kita akan lihat dulu format untu guru SMP.

Contoh Laporan Untuk SMP

Silahkan amati contoh format laporan pembelajaran jarak jauh berikut.

Contoh format laporan pembelajaran jarak jauh tingkat SMP.

Dari contoh format diatas, dapat kita lihat struktur laporan yang sangat sederhana. Laporan tersebut memiliki struktur sebagai berikut:

  1. Kop Sekolah, Jadi nanti tinggal bapak dan ibu guru mengedit dan menyesuaikan dengan kop sekolah anda. Begitupun dengan yang mengajar di madrasah.
  2. Judul, Sudah sangat jelas.
  3. Identitas Guru, berisi nama Nip  dan jabatan.
  4. Pendahuluan, berisi latar belakang atau dasar pelaksanaan pembelajaran jarak jauh.
  5. Isi, berisi rombongan belajar yang diampu beserta dengan jumlah siswa, media atau aplikasi apa saja yang telah yang digunakan dalam pembelajaran, jadwal kegiatan pembelajaran daring, beserta rincian hari dan tanggal, kompetensi dasar,indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi serta bagaimana cara pemberian materi dan jangan lupa untuk melampirkan foto-foto kegiatan
  6. Penutup.
Baca juga :  Cara Mengaktifkan Akun Pembelajaran Belajar.id

Contoh Laporan Untuk SD

Berikut adalah contoh format laporan untuk guru SD.

Contoh format laporan pembelajaran jarak jauh tingkat SD

Dari contoh format diatas, dapat kita lihat bahwa untuk guru SD formatnya lebih simpel dari format untuk guru SMP. Hal ini tentunya berkaitan dengan tupoksi yang berbeda antara guru kelas dengan guru mata pelajaran. Guru kelas mengajar semua mapel untuk satu kelas, sedangkan guru mapel mengajar satu mapel untuk beberapa kelas. Strukturnya sebagai berikut:

  1. Judul
  2. Identitas guru
  3. Hari dan tanggal
  4. Uraian kegiatan
  5. Hasil kegiatan

Contoh format laporan yang terdapat di atas bukanlah format baku atau format wajib karena memang belum ada format yang resmi dikeluarkan oleh kemendikbud. Bapak/ibu guru bisa memodiifikasi dan menambah hal yang sekiranya perlu. Semoga contoh yang telah disediakan mampu menjadi inspirasi buat bapak/ibu guru dalam menyusun laporan pembelajaran jarak jauh. Filenya dapat anda dapatkan disini : Format laporan PJJ SMP dan Format laporan PJJ SD!

Salam penaguru..