descriptive text
sumber : burst.shopify.com

Materi Descriptive Text Dengan Contoh Soal Terbaru Kurikulum 2013

Posted on

Materi descriptive text – Apa yang akan anda lakukan ketika anda ingin memberitahu teman anda tentang seseorang, mencari sesuatu yang hilang atau ingin mengetahui tempat tertentu? Apakah anda hanya cukup dengan menyebutkan nama, benda atau tempat tersebut, seperti ‘Saya punya teman baru’. Saya sangat suka dia.’ ‘Bu, saya kehilangan sepatu saya. Tahukah Ibu dimana sepatu saya? ‘Ujung Suso.’ Alangkah membingungkannya apa yang anda ungkapkan itu.

Pasti orang yang anda ajak bicara akan bertanya, ‘bagaimana orang tersebut ?Apakah dia menyenangkan?Mengapa anda tertarik kepadanya?’ Demikian pula ketika anda sedang melaporkan sepatu anda yang hilang, pasti seseorang yang anda beri laporan minimal akan bertanya, ‘ Warna apakah sepatu anda? Apa merk nya?’ Siapa yang paham ketika anda mengatakan ‘Ujung suso’? Apakah anda bermaksud memberitahu seseorang  atau menanyakannya?

Apa Itu Descriptive Text?

descriptie text
sumber : pexels.com

Untuk memperjelas semua itu, anda harus menggambarkannnya. Apabila anda ingin memberitahu tentang seseorang, setidaknya anda perlu mendeskripsikannya dengan jelas, seperti ‘saya memiliki kenalan baru, namanya Rini. Dia bekerja di kantor X. Dia sangat ramah dan suka menolong. Kulitnya bersih dan memiliki lesung pipi. Dia sangat konsisten dengan pekerjaannya. Saya sangat suka dengan tipe perempuan seperti itu. Jika anda melaporkan sepatu yang hilang, maka anda juga harus menggambarkannya, mulai dari warnanya, bahannya, model nya, ukurannya dan ukurannya.

Demikian pula jika anda menyebutkan Pantai Ujung suso, anda harus memperjelas apakah anda sedang memberitahukan atau bertanya. Jika anda bertanya, minimal anda harus menanyakan dimana tempatnya, bagaiamana cara menjangkau tempatnya, akses apa yang bisa dilewati atau seperti apa tempatnya. Lain halnya jika anda bermaksud untuk memberitahu, maka anda harus mendeskripsikan secara detail.

” A text aimed to describe person, thing or place to the reader – Descriptive Text”.

Teks deskriptif adalah suatu bentuk teks yang ditujukan untuk menggmbarkan seseorang atau sesuatu benda/tempat. Menurut Kane (2000) menyatakan bahwa teks deskriptif adalh teks yang menjelaskan gambaran seseorang, benda atau tempat tertentu untuk mengungkapkan atau menggambarkannya. Dalam menggambarkan sesuatu, Anda harus fokus pada ‘sesuatu’ tersebut. Misal anda ingin menjelaskan tentang Cristiano Ronaldo, fokuslah pada dia. Anda tidak perlu menggambarkan tentang sepatu yang dia gunakan, di lapangan mana saja dia pernah bertanding, apalagi menggambarkan tentang apartemen dan hotelnya yang luas dan besar.

Baca juga :  Soal Descriptive Text Tempat Wisata Bahasa Inggris

Misalnya ‘Cristiano Ronaldo is a great footbll player. His skills are very awesome. He has a powerfull shot. It make him a top scores in spanish league and won the UCL champions League with his team.’ Fokus deskripsi seperti itu sudah cukup menggambarkan tentang dirinya.

General Structure of Descriptive Text

Descriptive text bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena tentang kondisi atau karakteristinya dengan apa adanya. Struktur umum teks dekriptif sangat simple karena hanya terdiri dari dua bagian, yaitu:

  1. Identifikasi atau pengenalan
  2. Deskripsi atau penggambaran

Pada bagian identifikasi, kita mengenalkan siapa atau apa yang akan digambarkan. Sementara pada bagian deskripsi berisi tentang bagian, kualitas atau karakteristik dari orang, tempat atau benda yang dideskripsikan. Untuk mendeskripsikan orang tertentu, kita bisa menambahkan kebiasaan dan kesukaannya. Untuk menggambarkan benda tertentu, kita bisa menambahkan fungis benda yang dideskripsikan. Sementara untuk mendeskripsikan tempat tertentu, kita bisa menggambarkan apa yang bisa atau tidak bisa dilakukan di tempat tersebut, berapa estimasi biaya sampai ke tempat tersebut, dan lain-lain.

Unsur Kebahasaan (Language Feature) of Descriptive Text

  • Kata benda tertentu, Berupa orang, benda atau tempat tertentu yang akan di deskripsikan, misalnya my father, my school, my cat, Raffi Ahmad, dan lain-lain
  • Simple Present Tense, digunakan untuk menyatakan kebenaran umum, kebiasaan dan kejadian yang terjadi pada masa sekarang.
  • Frase kata benda, untuk memberikan informasi tentang subjek.
  • Adjective, Kata sifat yang digunakan untuk menggambarkan sifat atau karakter subjek. Misal, Five white shoes, two strong men.
  • Relating verbs, memberikan informasi tentang subjek, misal My dog is really cool, it has black fur.
  • Thingking verbs, untuk mengungkapkan pandangan pribadi penulis tentang subjek. misal, I think it is a wild animal.
  • Adverbials, untuk memberikan informasi tambahan tentang perilaku subjek. Misalnya, slow, at the center of the roof.

Contoh Descriptive Text

[Title]

Baca juga :  5 Contoh Teks Prosedur Bahasa Inggris Tentang Teknologi Terbaru 2021

My Younger Son

[Identification]

This my younger son. His name is Muhammad Bayanaka. He is 7 years old. He went to TK Pertiwi. Now, he studies at SDN 45 GMC elementary school.

[Description of Phisycal Appearance]

In my opinion, he is a cool boy. he has a bit dark skin, white teeth, thick eyebrow and a bit pointed nose. His tall body makes him perfect.

[Description of Personality]

Bayanaka is a nice guy and has a caring personality. He never makes me sad. He loves other people and likes helping others. He talk less do more.

Contoh Soal

Soal yang biasanya muncul dari teks dekriptif.

  • Menentukan gambaran umum teks tertulis fungsional berbentuk descriptive text dengan tepat.

The text above mostly about . . .

a. Bayanaka’s phisycal appearance

b. Bayanaka’s personality

c. Bayanaka’s study

d. Muhammad Bayanaka

  • Menentukan makna kata teks tertulis fungsional berbentuk descriptive text dengan tepat.

“He  has a bit dark skin, beautiful teeth, thick eyebrow and a bit pointed nose.” The word in bold and italic means . . .

a. having a sharpened or tapered tip or end

b. a dot or other punctuation mark, in particular a full stop

c. a single item or detail in an extended discussion, list or text

d. expressing criticism in a direct

  • Menemukan informasi tersurat dalam teks

How is the personality?

a. nice

b. tall

c. humble

d. caring

Demikian pembahasan tentang materi teks dekriptif, semoga bermanfaat buat para pembaca yang sedang mencari materi tersebut.

Salam penaguru…