materi pembelajaran pkn kelas 10

Materi Pembelajaran PKN Kelas 10 11 12 SMA/MA

Posted on

PenaGuru.Com – Fokus Materi Pembelajaran PKn Kelas 10-12 SMA/MA merupakan pemetaan kekhasan muatan terkait dengan kajian Pancasila, identitas nasional, hak dan kewajiban, serta persatuan dan kesatuan. Kekhasan lain yang menjadi fokus pembelajaran adalah nasionalisme, UUD NRI 1945, konstitusi, demokrasi, Hak Asasi Manusia, dan perilaku antikorupsi. Berdasarkan pemetaan kekhasan tersebut, selanjutnya dijabarkan menjadi topik bahasan, sehingga diperoleh pengalaman pembelajaran yang dilakukan peserta didik.

Tujuan Fokus Pembelajaran untuk memudahkan guru PKn dalam membaca ruang lingkup materi dan sasaran kompetensi yang diharapkan. Selain itu, guru dapat menentukan prioritas materi yang akan disajikan dalam pembelajaran. Di sisi lain, guru dapat melakukan inovasi pembelajaran dengan memilih pendekatan, metode, dan media yang tepat sesuai dengan karakteristik materi, peserta didik dan kondisi sekolah.

Materi Pembelajaran PKn tersebut bertujuan untuk mengkaji Pancasila sebagai pandangan hidup, dasar dan ideologi negara dalam percaturan berbagai ideologi di dunia, dinamika pelaksanaan UUD NRI Tahun 1945 dalam sistem ketatanegaraan Indonesia, dan strategi mengatasi ancaman terhadap keutuhan NKRI, serta Pelanggaran dan penegakan HAM.

Muatan PKn ini juga dimaksudkan untuk mengkaji ciri-ciri Kepemimpinan Pancasila, ciri-ciri warga negara yang baik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila serta harmonisasi hak dan kewajiban warga negara dalam masyarakat global dan mutikultural.

Fokus Materi Pembelajaran PKn Kelas 10

Sikap Jujur dan Anti Korupsi: Mengembangkan Sikap Jujur dan Anti Korupsi
materi pembelajaran pkn kelas 10
Source : Freepik.com

Peserta didik menggali informasi dari berbagai sumber media massa mengenai kasus korupsi yang sudah memperoleh keputusan hukum dari pengadilan dan memilih beberapa kasus untuk dijadikan topik diskusi. Peserta didik mendiskusikan kasus korupsi yang dipilih, meliputi: mengapa terjadi korupsi dikaitkan dengan sikap jujur, apa dampak yang ditimbulkan dari korupsi, langkah-langkah yang perlu diambil untuk menghindari korupsi. Melalui pembelajaran ini, Guru mengarahkan peserta didik untuk selalu bersikap jujur dan anti korupsi.

Nilai-nilai Pancasila: Nilai Fundamental, Instrumental, dan Praksis Pancasila

Peserta didik menggali informasi dari berbagai bahan pustaka dan mendiskusikan tentang arti, sifat, dan bentuk dari nilai-nilai fundamental, instrumental, dan praksis dari sila- sila Pancasila disertai dengan contoh nyata. Melalui pembelajaran ini, Guru mengarahkan peserta didik untuk meyakini keunggulan dan keluwesan Pancasila sebagai ideologi terbuka.

Pancasila dan Percaturan Ideologi Dunia: Pancasila sebagai Pandangan Hidup, Dasar, dan Ideologi Negara dalam Percaturan Berbagai Ideologi di Dunia

Peserta didik menggali informasi dari berbagai bahan pustaka mengenai fungsi utama Pancasila dan berbagai ideologi yang ada di dunia, seperti Marxisme, Sosialisme, Liberalisme, dan Kapitaisme. Peserta didik berdiskusi membandingkan antara Pancasila dengan berbagai ideologi lainnya dan menjelaskan keunggulan Pancasila dibanding beberapa ideologi lainnya di dunia. Dengan bimbingan Guru, peserta didik mengidentifikasi beberapa ancaman dari beberapa ideologi dunia terhadap eksistensi Pancasila dan menentukan sikap yang tepat untuk menghadapinya.

Persatuan dan Kesatuan: Sikap Persatuan dan Kesatuan, serta Rela Berkorbanmateri pembelajaran pkn kelas 10

Peserta didik melakukan pengamatan di masyarakat sekitar untuk menemukan contoh sikap persatuan dan kesatuan serta rela berorban untuk tanah air, bangsa, dan negara. Peserta didik mempresentasikan hasil pengamatan di depan kelas secara bergiliran. Melalui pembelajaran ini, Guru mengarahkan peserta didik agar menjaga persatuan dan kesatuan serta sikap rela berkorban untuk menjaga keutuhan tanah air, bangsa, dan negara Indonesia.

Konstitusi di Indonesia: Dinamika Konstitusi yang Pernah Berlaku di Indonesia

Peserta didik menggali informasi tentang berbagai konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia sejak kemerdekaan sampai sekarang. Peserta didik mendiskusikan kurun waktu berlakunya masing-masing konstitusi, latar belakang pemberlakuannya, dan ciri atau sifat dari masing-masing konstitusi. Dalam kegiatan ini, Guru mengarahkan agar peserta didik meyakini bahwa UUD NRI Tahun 1945 adalah konstitusi yang sesuai dengan kepribadian dan budaya bangsa Indonesia.

Pelaksanaan UUD NRI Tahun 1945: Dinamika Pelaksanaan UUD NRI Tahun 1945 dalam Sistem Ketatanegaraan Indonesia

Peserta didik menggali informasi dari berbagai bahan pustaka dan mendiskusikan mengenai dinamika pelaksanaan UUD NRI Tahun 1945 dalam sistem ketatanegaraan Indonesia sejak kemerdekaan sampai sekarang, dilihat dari sistem parlemen, sistem kabinet atau pemerintahan, dan tata hubungan antar lembaga-lembaga negara. Melalui kegiatan ini, Guru mengarahkan perlunya melaksanakan UUD NRI Taun 1945 secara murni dan konsekuen.

Baca juga :  Materi dan Soal Hortatory Exposition Text Bahasa Inggris SMA

Sasaran Kompetensi yang Diharapkan

  • Memperlihatkan pemahaman, penghayatan, dan kesadaran berahlak mulia, jujur, patuh terhadap hukum dan norma sosial secara kritis dan konstruktif.
  • Memperlihatkan keyakinan dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara.
  • Memperlihatkan keyakinan dan mendorong perilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, dan semangat berkorban untuk tanahair, bangsa, dan negara.
  • Memperlihatkan kesadaran, semangat berkorban, menjalankan hak dan kewajiban sebagai warga negara yang demookratis dan bertanggung jawab.
  • Memperlihatkan sikap patuh dan sadar terhadap hukum dan norma sosial secara kritis dan konstruktif.
  • Memperlihatkan kesadaran sejarah, sikap patuh dan kesadaran terhadap hukum dan norma sosial secara kritis dan konstruktif.

Fokus Materi Pembelajaran PKn Kelas 11

Integrasi Nasional: Strategi Mengatasi Ancaman terhadap Keutuhan NKRI

Peserta didik menggali informasi dari berbagai sumber dan berdiskusi mengenai bentuk- bentuk ancaman terhadap keutuhan wilayah NKRI (integrasi nasional) disertai dengan contoh, serta menganalisis berbagai pendekatan dalam mengatasinya. Melalui bimbingan Guru, peserta didik melakukan praktik kewarganegaraaan sebagai bentuk partisipasi dalam menjaga keutuhan, persatuan, dan kesatuan bangsa dan wilayah Indonesia.

Hak Asasi Manusia: Pelanggaran dan Penegakan HAM

Peserta didik menggali informasi dari berbagai sumber mengenai pengertian HAM, konsep HAM internasional, macam-macam HAM, dan pengaturan HAM dalam peraturan perundang-undangan nasional. Peserta didik mencari informasi dari berbagai media massa untuk menemukan beberapa kasus pelanggaran HAM yang terjadi di Indonesia dan penangannya serta memberi tenggapan terhadap kasus HAM dan penanganannya. Dalam kegiatan ini, Guru mengarahkan tentang pentingnya menghormati HAM dalam kehidupan sehari-hari.

Sistem Peradilan: Sistem Peradilan dan Penegakan Hukum di Indonesiamateri pembelajaran pkn kelas 10

Peserta didik menggali informasi secara berkelompok melalui wawancara kepada petugas penegak hukum, yaitu: Polisi, Jaksa, Pengacara/Advokat, dan Hakim mengenai tugas dan wewenang masing-masing penegak hukum. Setelah melaporkan hasil wawancara, pesserta didik menggali informasi dari berbagai bahan pustaka dan mendsikusikan tentang jenis dan tingkatan sistem peradilan di Indonesia. Dalam pembelajaran ini, Guru mengarahkan peserta didik untuk mematuhi hukum dan tidak main hakim sendiri.

Kedaulatan Negara Indonesia: Teori Kedaulatan yang Dianut oleh Negara Indonesia

Peserta didik menggali informasi dari berbagai bahan pustaka dan mendiskusikan mengenai pengertian, sifat, dan macam-macam teori kedaulatan beserta ciri masing- masing, dan teori kedaulatan yang dianut oleh negara Indonesia disertai dengan bukti yuridisnya. Melalui pembelajaran ini, Guru menegaskan kepada peserta didik tentang pentingnya kedudukan rakyat atau warga negara dalam teori kedaulatan yang dianut oleh Indonesia.

Demokrasi Pancasila: Sistem dan Dinamika Pelaksanaan Demokrasi Indonesia

Peserta didik menggali informasi dari berbagai bahan pustaka dan mendiskusikan mengenai sistem demokrasi yang berlaku di Indonesia serta dinamika pelaksanaannya mulai dari jaman Orde Lama, Orde Baru, dan Reformasi. Dalam kegiatan ini, Guru memberikan penegasan tentang pentingnya sistem demokrasi dalam pelaksanaan pemerintahan di Indonesia.

Baca juga :  Materi Noun dan Pronouns (Kata Ganti) Materi Bahasa Inggris SMP Kelas 7

Sasaran Kompetensi yang Diharapkan

  • Memperlihatkan kesadaran sejarah, dan semangat berkorban untuk tanah air, bangsa dan negara.
  • Memperlihatkan kesadaran sejarah, semangat berkorban, menjalankan hak dan kewajiban, serta kepatuhan terhadap hukum dan norma sosial secara kritis dan konstruktif.
  • Memperlihatkan kepatuhan dan kesadaran terhadap hukum dan norma sosial secara kritis dan konstruktif.

Fokus Materi Pembelajaran PKn Kelas 12

Pembangunan Nasional: Pembangunan Berkelanjutan untuk Mewujudkan Kemakmuran Bangsa

Peserta didik melakukan pengamatan terhadap pelaksanaan pembangunan di daerahnya masing-masing selama sepuluh tahun terakhir. Peserta didik membandingkan kemajuan dan kemakmuran pada masa sepuluh tahun yang lalu dengan masa sekarang dan memberi tanggapan terhadap pelaksanaan pembangunan tersebut. Dalam pempelajaran ini, Guru memberikan penegasan mengenai pentingnya pembangunan secara berkelanjutan untuk mewujudkan kemakmuran bangsa.

Kepemimpinan Pancasila: Ciri-ciri Kepemimpinan Pancasilamateri pembelajaran pkn kelas 10

Peserta didik menggali informasi dari berbagai bahan pustaka untuk mennemukann
berbagai tipe kepemimpinan. Pesrta didik berdiskusi untuk menganalisis tipe yang sesuai dengan kepemimpinan Pancasila dan merumuskan beberapa ciri dari kepemimpinan Pancasila. Dalam kegiatan ini, Guru mengarahkan peserta didik agar jika kelak menjadi pemimpin dapat menerapkan ciri kepemimpinan Pancasila dengan konsekuen.

Warga Negara: Ciri-ciri Warga Negara yang Baik sesuai Pancasila

Peserta didik melakukan curah pendapat untuk merumuskan ciri-ciri warga negara yang baik sesuai nilai-nilai Pancasila dilihat dari aspek interaksi sosial, partisipasi, dan cara berpikir. Setiap peserta didik mengelaborasi ciri-ciri yang ditemukan disertai dengan alasan dan impplikasinya. Dalam pempelajaran ini, Guru mengarahkan agar peserta didik bisa menjadi warga negara yang baik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Hak dan Kewajiban: Harmonisasi Hak dan Kewajiban Warga Negara dalam Masyarakat Global dan Multikultural

Peserta didik melakukan pengamatan dan mengidentifikasi peristiwa-peristiwa yang menggambarkan pelaksanaan hak dan kewajiban sebagai warga negara yang multikulltural. Peserta didik menggali informasi dari berbagai media sosial untuk menemukan contoh peristiwa-peristiwa yang menggambarkan pelaksanaan hak dan kewajiban pada masyarakat global.

Dengan bimbingan Guru, peserta didik melaporkan hasil pengamatan dan berdiskusi untuk merumuskan prinsip-prinsip yang harus dipegang teguh dalam pelaksanaan hak dan kewajiban agar tidak menyimpang dari nilai-nilai Pancasila. Dalam pembelajaran ini, Guru mengarahkan peserta didik agar selalu berpegang pada nilai-nilai Pancasila dalam melaksanakan hak dan kewajiban baik pada masyarakat multikultural maupun masyarakat dunia.

Sasaran Kompetensi yang Diharapkan

  • Memperlihatkan kepatuhan dan kesadaran terhadap hukum, pemahaman, kebiasaan kepedulian dan kesadaran melestarikan lingkungan alam dan sosial.
  • Memperlihatkan keyakinan terhadap Pancasila sebagai dasar negara, berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila, menjalankan hak dan kewajiban, serta kebiasaan berinteraksi secara terbuka dan komunikatif.
  • Memperlihatkan pemahaman dan kesadaran berinteraksi secara sopan dan terbuka, serta kebiasaan hidup gotong royong, berpikir mandiri, kreatif, dan konstruktif.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan tentang pelajaran PKn yang di keluarkan oleh BSNP. Melalui rangkuman materi pembelajaran PKn Kelas 10 11 12 SMA/MA tersebut diharapkan pelajaran PKn SMA dapat menjadi pelajaran favorit peserta didik demi memupuk rasa cinta tanah air.

Referensi: Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP)