menciptakan suasana kelas yang menyenagkan
menciptakan suasana kelas yang menyenagkan via Source : pexels.com

Cara Mudah Dalam Menciptakan Suasana Kelas Yang Menyenangkan | Bagian 1

Posted on

Penaguru.com– Halo sahabat pendidik dimanapun anda berada, kali ini kita akan membahas bagaimana cara menciptakan suasana kelas yang Menyenangkan. Seperti apa yang dimaksud? Langsung saja kita simak kiat-kita berikut yang dapat membantu anda dalam menyatukan peserta didik anda selama kelas anda berlangsung.

Guru melakukan banyak hal untuk mempersiapkan kelas baru. Namun, terlepas dari persiapan selama berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan, para guru menemukan bahwa beberapa kelas ada yang tidak berjalan dengan baik dan yang lainnya lebih baik dari yang diharapkan. Apa yang membuat perbedaan antara suasana kelas yang positif dan suasana kelas yang kurang baik bagi peserta didik dan guru? Seringkali perbedaan muncul dalam beberapa hari pertama di kelas baru. Padahal hari-hari pertama ini sangat penting dalam pembelajaran kedepannya. Guru dan peserta didik dapat menggunakan bagian awal pembelajaran untuk memperjelas ekspektasi, untuk mengembangkan rutinitas dan hubungan, dan untuk menetapkan nada positif dan dorongan yang dapat berlanjut sepanjang semester. Singkatnya, langkah penting dalam mengembangkan kelas yang hebat adalah membangun komunitas kelas yang kuat.

Beberapa kiat yang dapat dilakukan guru untuk menciptakan suasana kelas yang menyenangkan dan sukses untuk semua anggota komunitas kelas. Dalam minggu pertama, Anda akan menemukan serangkaian strategi dan teknik untuk mempromosikan rasa kebersamaan yang kuat di kelas Anda. Minggu kedua menawarkan aktivitas tentang bagaimana memperjelas harapan sehingga semua orang di kelas siap untuk sukses. Dalam minggu ketiga, Anda akan belajar tentang aktivitas sederhana dan teratur yang dapat mendorong hubungan anatara sesama peserta didik dan peserta didik-ke-guru sebagai cara untuk mempromosikan perasaan komunitas dan tanggung jawab bersama di kelas. Terakhir, minggu keempat menawarkan cara untuk membuat peserta didik berinteraksi dan berbicara melalui tulisan.

Menciptakan Suasana Kelas yang Menyenangkan Bagian Pertama

Beberapa perubahan sederhana tentang bagaimana guru mempresentasikan dan menyusun kelas di awal pertemuan dapat menciptakan suasana kelas yang menyenangkan. Memulai dengan kuat dapat memberikan manfaat besar bagi guru dan peserta didik, dan permulaan yang kuat dapat memiliki dampak yang bertahan lama pada perasaan peserta didik tentang pengalaman kelas mereka. Ketika peserta didik merasa lebih positif tentang pengalaman belajar mereka dan merasa lebih memiliki, mereka lebih termotivasi dan terlibat dalam kelas yang mengarah pada pembelajaran yang lebih sukses.

Menciptakan Rasa Memiliki

menciptakan suasana kelas yang menyenagkan
menciptakan suasana kelas yang menyenagkan. via source: pexels.com

Cara Anda mendesain dan menggunakan ruang di kelas dapat menjadi komponen penting untuk menciptakan suasana kelas yang menyenangkan. Bayangkan betapa berbedanya saat Anda berbicara dengan seseorang sambil melihat mereka,  atau berbicara dengan seseorang dari ruangan lain. Ketika Anda berada di ruangan yang berbeda, apakah Anda merasa terhubung dengan orang atau percakapan tersebut? Kebanyakan orang tidak. Ini juga berlaku untuk peserta didik anda. Mereka sering merasa lebih terdorong untuk berpartisipasi ketika orang-orang melihat dan mendengarkan mereka. Untuk meningkatkan perasaan keterhubungan di kelas, gunakan ruang kelas anda untuk mendorong diskusi dan berbagi pengalaman. Berikut beberapa cara menyiapkan ruang kelas Anda untuk melakukan ini. Perhatikan bahwa beberapa teknik cukup sederhana dan mudah diterapkan.

  • Mintalah peserta didik duduk dalam lingkaran menghadap satu sama lain. Meskipun meja di kelas Anda tidak dapat dipindahkan, sesekali mintalah mereka berdiri atau duduk dalam lingkaran untuk membahas topik baru atau untuk mendengarkan ceramah baru. Ketika mereka dapat melihat semua orang di kelas, mereka cenderung lebih memperhatikan dan didorong untuk berpartisipasi lebih penuh di kelas.
  • Turun ke sekitar mereka. Guru dapat terlihat mengintimidasi dan tidak dapat didekati karena mereka berdiri di depan ruangan sementara peserta didik duduk dan menghadap mereka. Sebaliknya, menjauhlah dari papan atau meja anda dan bergeraklah di antara mereka. Jika seorang peserta didik sedang bekerja dan mengajukan pertanyaan, berlutut atau duduk sehingga Anda sejajar dengannya. Dengan berkeliling kelas dan berinteraksi dengan peserta didik pada level mereka, Anda dapat memberi kesan kepada mereka bahwa mereka itu penting dan mengurangi rasa segan mereka terhadap anda. Ketika mereka dapat berinteraksi dengan seorang guru dengan cara yang membuat mereka merasa lebih nyaman dan dilibatkan, maka mereka lebih cenderung untuk memperhatikan dan berpartisipasi.
  • Gunakan bahasa tubuh untuk membuat semua siswa merasa dilibatkan. Misalnya, ketika seseorang  sedang menjawab sebuah pertanyaan, daripada hanya melihat peserta didik yang menjawabnya, lihatlah peserta didik tersebut dan juga peserta didik lain di kelas. Dengan melakukan itu, anda menunjukkan bahwa anda mendengarkan peserta didik tersebut dan juga memeriksa bahwa peserta didik yang lain juga mendengarkan. Kesempatan lain untuk menggunakan bahasa tubuh adalah dengan memindai ruangan secara teratur dan tidak hanya fokus pada satu bagian ruangan. Para guru sering kali menemukan bahwa mereka secara teratur hanya melihat ke satu bagian ruangan atau hanya ke peserta didik tertentu; Namun, dalam melakukannya, mereka mengabaikan peserta didik lainnya. Para peserta didik yang diabaikan dengan cepat mengenali ini dan mungkin mulai kehilangan minat atau menjadi kecil kemungkinannya untuk berpartisipasi.  ruangan secara teratur dengan melihat semua bagian kelas dan semua kelompok siswa membantu Anda terhubung dengan siswa dan menjaga perhatian mereka.
  • Pelajari nama peserta didik, dan dorong mereka untuk mengingat nama teman sekelasnya. Pikirkan saat seseorang lupa nama Anda. Bagaimana perasaan Anda? Di sisi lain, dapatkah Anda mengingat saat seseorang, secara mengejutkan, mengingat nama Anda? Bagaimana perasaan Anda? Peserta memiliki perasaan yang sama ketika guru (dan peserta didik lain) mengingat atau tidak mengingat nama mereka. Mempelajari nama satu sama lain bisa menjadi langkah kecil tapi penting dalam menciptakan rasa memiliki dalam komunitas kelas. Jika Anda kesulitan mengingat nama mereka, minta mereka untuk memakai nametag, atau gunakan plakat dengan nama mereka yang ditulis dengan huruf besar. Akhirnya, Anda dan peserta didik lain akan mengingat nama semua orang di kelas.
Baca juga :  Catat! Ringkasan Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 2 Tahun 2020-2021

Menggunakan Bahasa Inklusif

menciptakan suasana kelas yang menyenagkan
menciptakan suasana kelas yang menyenagkan. via source : pexels.com
  • Puji peserta didik secara teratur. Ketika peserta didik berperan serta dan memberikan jawaban yang benar, lakukan dua hal: berterima kasih atas partisipasi mereka, dan pujilah jawaban mereka. Misalnya, Anda bisa mengatakan, Terima kasih Budi, jawaban kamu tepat. Nice job. Dia tidak hanya akan merasa dihargai, tetapi temannya yang lain akan terpicu olehnya. Jika seorang peserta didik menjawab salah, penting bagi Anda untuk tetap berterima kasih atas partisipasinya dan dengan lembut mendorong atau mengarahkannya ke jawaban yang benar. Misalnya, Anda bisa mengatakan, “Bagus sekali Arya. Mengapa Anda memilih jawaban ini? ” Anda juga dapat mengatakan, “Terima kasih, Arya, karena telah mengangkat tangan Anda. Apakah Anda ingat ketika kita berbicara tentang bentuk lampau? Dapatkah Anda memikirkan pengecualian untuk menambahkan –ed di akhir kata kerja? ” Selalu beri mereka kesempatan untuk menjawab sendiri terlebih dahulu. Jika mereka terlihat kecil hati, ingatkan mereka bahwa mereka melakukannya dengan baik, kemudian beri mereka pertanyaan yang dapat mereka jawab. Alternatif lain, ketika seorang siswa memberikan jawaban yang salah, adalah berterima kasih kepada siswa tersebut karena telah berpartisipasi dan kemudian meminta semua siswa untuk berpaling kepada tetangga mereka untuk membahas pertanyaan tersebut. Setelah siswa membahas pertanyaan tersebut, tanyakan kepada siswa asli apakah dia telah memikirkan jawaban yang berbeda.
  • Gunakan dan mendorong bahasa dan media pembelajar. Peserta didik berkomunikasi dalam berbagai cara, dan ada sejumlah cara yang Anda dapat lakukan dengan menggabungkan banyak mode komunikasi yang tersedia dan akrab bagi mereka. Menghubungkan peserta didik  melalui media sosial sehingga mereka dapat bertukar informasi di dalam dan di luar kelas. Cobalah membuat akun media sosial, misalnya facebook, untuk digunakan peserta didik selama kelas sebagai cara untuk mengomentari diskusi atau ceramah. Gunakan  aplikasi telepon yang memberi siswa cara berbeda untuk menjawab pertanyaan. Ada banyak software dan aplikasi telepon yang menanyakan pertanyaan peserta didik melalui polling atau survei. Anda kemudian membagikan nomor di mana siswa dapat mengirim teks jawaban mereka. Anda dapat melihat hasil polling atau survei (hasilnya dapat anonim atau ditautkan ke nama peserta didik) dan menggunakan hasilnya untuk menyesuaikan pelajaran Anda sesuai kebutuhan. Banyak peserta didik jauh lebih nyaman berkomunikasi melalui telepon atau komputer daripada secara langsung. Dengan menggunakan media yang berbeda, Anda dapat memastikan bahwa peserta didik akan berpartisipasi secara penuh dan nyaman di kelas melalui berbagai saluran komunikasi.
  • Cari tahu kesamaan di dalam kelas. Pengalaman, sikap, dan aspek apa yang menghubungkan peserta didik di kelas Anda? Bagaimana Anda dapat membantu menciptakan suasana kelas yang menyenangkan dengan cara yang positif yang menyatukan mereka sebagai komunitas? Salah satu kemungkinannya adalah dengan menggunakan tugas untuk membedakan peserta didik dari kelas atau kelompok lain. Misalnya, “Di kelas ini, kami akan menghabiskan sedikit waktu ekstra untuk X, tidak seperti kelas lainnya, sehingga Anda akan lebih siap untuk… Ini mungkin membutuhkan waktu ekstra di pihak Anda, tetapi sebagai peserta didik di kelas, Anda akan menyelesaikan pelajaran dengan perasaan yang lebih besar… ”Setelah mereka menyadari bahwa mereka berada dalam sebuah proyek atau pengalaman bersama, mereka mengembangkan rasa tanggung jawab bersama kepada komunitas mereka. Rasa tanggung jawab ini dapat meningkatkan partisipasi dan motivasi karena mereka mungkin tidak ingin dianggap berlawanan dengan komunitas mereka.
Baca juga :  Belajar Jarak Jauh | 3 Tips Mendampingi Anak Belajar Di rumah Bagi Orang Tua

Sahabat pendidik, demikian kiat untuk mencipatakan suasana kelas yang menyenangkan bagian pertama. Ternyata membangun komunitas positif di dalam kelas tidak perlu hal-hal yang terlalu wah, terkadang hanya dengan hal sederhana seperti yang telah disampaikan di atas. Oh ya, jangan lupa pantau terus penaguru agar tidak ketinggalan info/tips-tips terbaru.

Salam penaguru.