5 Contoh Penerapan Numerasi di Kehidupan Sehari-hari

Posted on

Numerasi tidak hadir dalam konteks pejaran matematika saja. Numerasi seyogyanya hadir dalam kehidupan sehari-hari. Mari kita selami penerapan numerasi di kehidupan sehari-hari khususnya untuk kebutuhan bermasyarakat dan ilmiah. Seperti apa maksudnya? Mari kita simak artikel berikut ini.

Numerasi di Kehidupan Sehari-hari

Numerasi sering disamakan dengan kemampuan menghitung dan memanipulasi angka, tetapi ini lebih dari sekadar keterampilan teknis. Numerasi adalah kemampuan untuk memahami, menggunakan, dan memberi makna pada angka. Keterampilan ini penting bagi individu yang ingin berpartisipasi penuh sebagai anggota masyarakat dan memenuhi kebutuhan domain ilmiah.

Di dunia yang serba cepat saat ini, kemampuan berhitung menjadi semakin penting baik di lingkungan pribadi maupun profesional. Mulai dari mengelola anggaran rumah tangga hingga membuat keputusan yang tepat di tempat kerja, kemampuan untuk menerapkan konsep numerik dan keterampilan komputasi sangatlah penting.

Dalam artikel blog ini, kami akan mengeksplorasi pentingnya keterampilan berhitung dalam berbagai aspek kehidupan dan mendiskusikan bagaimana keterampilan ini berkontribusi pada pertumbuhan pribadi dan kemajuan peradaban.

Numerasi – Kebutuhan bermasyarakat dan Ilmiah

numerasi di kehidupan sehari-hari

Saat ini kita hidup di dunia yang digerakkan oleh data, di mana volume data yang beredar di masyarakat diperkirakan akan berlipat ganda setiap tiga tahun. Berkat berbagai sumber data, platform digital, sensor nirkabel, aplikasi online, dan perangkat yang kita gunakan, data yang berlimpah ini tidak akan berarti tanpa kemampuan berhitung atau literasi numerik. Literasi numerik memungkinkan seseorang untuk memberi label, memahami, menginterpretasikan, dan menggunakan data untuk membuat keputusan yang tepat.

Isu-isu publik seperti pertumbuhan ekonomi, subsidi bahan bakar, reformasi layanan kesehatan, dan hak asasi manusia sering kali disajikan dalam bentuk data visual, proyeksi statistik, dan kesimpulan berbasis data.

Hal ini membutuhkan pembacaan yang cermat dan cerdas terhadap presentasi data agar masyarakat dapat menginterpretasikan data yang ditampilkan. Setiap anggota masyarakat harus mampu menelaah isu-isu publik secara ilmiah dan logis. Mereka juga harus mampu menarik hubungan antar fenomena untuk membentuk pemahaman yang komprehensif tentang realitas yang ada di masyarakat.

Baca juga :  3 Contoh Aktivitas Numerasi yang Menyenangkan dan Inspiratif

Dengan demikian, masyarakat tidak mudah dimanipulasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang membangun narasi yang salah.

Bagaimana dengan memanfaatkan kemampuan berhitung untuk memenuhi kebutuhan ilmiah? Sebelumnya, kita sudah melihat contohnya. Masih ingatkah Anda dengan berbagai presentasi data tentang isu-isu publik? Presentasi data tersebut melalui proses yang sangat ilmiah.

Ketika sebuah peristiwa atau fenomena terjadi di masyarakat, para ilmuwan, intelektual, atau analis data mengumpulkan fakta dan data yang relevan dengan menggunakan metode ilmiah. Data-data tersebut kemudian dianalisis dan diproses dengan pengukuran yang akurat untuk disajikan kepada publik dengan cara yang paling mudah dimengerti. Hasil analisis data dapat dipertanggungjawabkan dan dipertanggungjawabkan.

Kemampuan berhitung sangat penting dalam dunia yang digerakkan oleh data saat ini. Keterampilan ini diperlukan saat membaca informasi numerik, mengamati pola, menggunakan prinsip-prinsip logis, dan terlibat dalam berbagai wacana ilmiah.

Numerasi membantu kita, sebagai anggota masyarakat, ilmuwan, dan pembuat kebijakan, untuk mencari sumber data atau informasi yang valid dan dapat diandalkan. Numerasi harus menghilangkan rasa takut atau keengganan untuk memeriksa sumber data yang berkaitan dengan angka, pola, logika, dan wacana ilmiah.

Dengan demikian, individu dapat membuat keputusan yang tepat dan mengambil tindakan yang tepat dalam menanggapi suatu fenomena.

Bagaimana dengan anak-anak? Apakah mereka juga bisa menjadi anggota masyarakat yang aktif jika memiliki literasi numerik yang baik? Tentu saja! Anak-anak dapat berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang telah disebutkan sebelumnya, sehingga memungkinkan terjadinya pertukaran ide yang lebih kaya dan lebih bermakna serta pemrosesan konsep-konsep dalam masyarakat. Peran literasi numerasi dalam kemajuan masyarakat dan bangsa secara keseluruhan tidak dapat dipungkiri.

Oleh karena itu, tugas penting kita saat ini adalah mempersiapkan generasi penerus bangsa yang mampu membawa Indonesia ke tingkat sosial, budaya, ekonomi, dan teknologi yang kita impikan.

Numerasi – Kebutuhan Personal dan Pekerjaan

numerasi di kehidupan sehari-hari

Kemampuan numerasi dapat diartikan sebagai kemampuan untuk mengaplikasikan konsep bilangan dan keterampilan operasi hitung di dalam kehidupan sehari-hari, dan kemampuan untuk menginterpretasi informasi kuantitatif yang terdapat di sekeliling kita. Kemampuan ini menjadi sangat penting bagi kebutuhan personal dan pekerjaan karena numerasi membantu seseorang dalam penguasaan keterampilan dasar yang diperlukan dalam hidup.

Mengelola Anggaran Rumah Tangga

Salah satu bidang di mana keterampilan berhitung memainkan peran penting adalah dalam mengelola keuangan rumah tangga. Memahami dan menganalisis data konsumsi listrik dan air, misalnya, membutuhkan kemampuan berhitung yang mumpuni.

Baca juga :  Akhirnya Aku Tahu Numerasi Lintas Kurikulum Bisa Seperti Ini!

Dengan menginterpretasikan informasi ini secara efektif, seseorang dapat membuat keputusan yang tepat untuk mengoptimalkan penggunaan dan menghemat uang. Selain itu, kemampuan berhitung juga sangat penting ketika mengalokasikan sumber daya, memperkirakan target proyek, dan mengelola keuangan perusahaan dalam konteks yang berhubungan dengan pekerjaan.

Kebutuhan Pribadi dan Kegiatan Sehari-hari

Kemampuan berhitung juga sangat penting dalam memenuhi kebutuhan pribadi dan melakukan aktivitas sehari-hari. Mulai dari menghitung dan membaca data hingga menarik kesimpulan dan menganalisis argumen, keterampilan berhitung memungkinkan individu untuk menavigasi berbagai tugas. Misalnya, saat berbelanja bahan makanan, keterampilan berhitung berperan penting saat membaca informasi nutrisi pada kemasan makanan dan menyesuaikannya dengan kebutuhan nutrisi pribadi dan keluarga.

Selain itu, memperkirakan jarak dan waktu perjalanan menggunakan aplikasi peta membantu individu merencanakan perjalanan mereka secara efektif, menghindari potensi kerugian atau penyimpangan dari rencana yang telah ditetapkan.

Hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan

Keterampilan berhitung sangat dihargai di tempat kerja di berbagai profesi. Pilot, misalnya, mengandalkan kemampuan berhitung untuk memahami konsep-konsep rumit seperti gaya angkat, daya dorong mesin, dan hubungan antara ketinggian, tekanan udara, dan turbulensi.

Demikian pula, dokter membutuhkan kemampuan berhitung untuk menghitung dosis obat secara akurat berdasarkan faktor-faktor seperti berat badan dan usia. Pedagang menggunakan kemampuan berhitung untuk menghitung produksi dan keuntungan, menganalisis tren penjualan, dan mengidentifikasi peluang pertumbuhan bisnis. Guru, administrator kantor, petani, dan nelayan juga mengandalkan kemampuan berhitung untuk menjalankan peran masing-masing secara efektif.

Semakin Pentingnya Keterampilan Berhitung

Dengan pesatnya perkembangan teknologi, keterampilan berhitung menjadi semakin penting di tempat kerja. Kemampuan untuk menganalisis data, menafsirkan tren, dan membuat keputusan yang tepat telah menjadi kualifikasi pekerjaan yang banyak dicari.

Seiring dengan perkembangan teknologi, individu dengan kemampuan berhitung yang kuat akan lebih siap untuk beradaptasi dan berkembang dalam lanskap profesional yang terus berkembang.

Kesimpulan

Keterampilan berhitung sangat penting bagi individu untuk memaksimalkan potensi mereka dan berkontribusi pada kemajuan peradaban. Mulai dari mengelola anggaran rumah tangga hingga membuat keputusan yang tepat di tempat kerja, keterampilan berhitung memungkinkan individu untuk menavigasi berbagai aspek kehidupan.

Dengan mengembangkan dan mengasah keterampilan ini, individu dapat membuat keputusan yang bijak, memecahkan masalah, dan berkontribusi pada pertumbuhan pribadi dan kemajuan masyarakat. Demikian pembahasan terkait dengan penerapan numerasi di kehidupan sehari-hari.

Referensi:
https://pgsd.binus.ac.id/2021/07/17/pentingnya-keterampilan-literasi-dan-numerasi/
https://literasinusantara.com/literasi-numerasi-pengertian-tantangan-dan-peluang/