Pengertian Pidato: Tujuan, Jenis dan Stukturnya

Posted on

Pengertian Pidato – Pidato merupakan salah satu cara efektif untuk menyampaikan pesan atau ide kepada orang banyak. Dengan pidato, seseorang dapat menyampaikan ide atau pesan yang ingin disampaikan dengan lebih terstruktur dan jelas. Selain itu, pidato juga dapat membantu seseorang untuk meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan berbicara di depan orang banyak.

Sebelum berpidato diperlukan persiapan yang matang, terutama mengenai kegiatan tempat pidato akan dibawakan. Nah, kali ini sobat PenaGuru akan membahas tentang apa itu pidato, mulai dari pengertian pidato, apa tujuannya, bagaimana strukturnya, dan ada berapa jenis pidato.

Pengertian Pidato

Pengertian Pidato

Pidato adalah suatu bentuk pertuturan yang dilakukan oleh seseorang di depan orang banyak dengan tujuan memberikan informasi, mempengaruhi, atau menyampaikan sesuatu kepada orang lain. Pidato dapat dilakukan dalam berbagai macam acara seperti pertemuan, rapat, atau acara resmi lainnya.

Isi dari pidato tersebut biasanya berisi ide dan petunjuk yang bermanfaat bagi audiens. Namun, terkadang pidato juga dapat berisi nasihat kepada audiens tergantung pada konteks atau situasi pidato tersebut. Biasanya, pidato dilakukan oleh seseorang yang dianggap penting dan dibutuhkan untuk menyampaikan informasi atau pandangan melalui cara berorasi.

Pengertian Pidato Menurut Para Ahli

Menurut beberapa ahli, pengertian pidato adalah sebagai berikut:

1. Koentjaraningrat

Menurut Koentjaraningrat, pidato adalah suatu bentuk pertuturan yang dilakukan oleh seseorang di depan orang banyak dengan tujuan memberikan informasi, mempengaruhi, atau menyampaikan sesuatu kepada orang lain.

2. Harianja

Harianja menjelaskan bahwa pengertian pidato adalah suatu bentuk pertuturan yang dilakukan oleh seseorang di depan orang banyak dengan tujuan memberikan informasi, mempengaruhi, atau menyampaikan sesuatu kepada orang lain.

3. Soerjono Soekanto

Menurut Soerjono Soekanto, pengertian pidato adalah suatu bentuk pertuturan yang dilakukan oleh seseorang di depan orang banyak dengan tujuan memberikan informasi, mempengaruhi, atau menyampaikan sesuatu kepada orang lain.

4. Sudaryatmo

Menurut Sudaryatmo, pidato adalah suatu bentuk pertuturan yang dilakukan oleh seseorang di depan orang banyak dengan tujuan memberikan informasi, mempengaruhi, atau menyampaikan sesuatu kepada orang lain.

Menurut pengertian pidato secara umum dan menurut para ahli, pidato memiliki tujuan yang bervariasi, seperti menghibur, memberikan informasi, atau membujuk audiens. Dengan demikian, pidato merupakan cara yang efektif untuk menyampaikan pesan kepada orang lain dalam situasi komunikasi yang spesifik.

Baca juga :  Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1 Beserta Jawabannya

Tujuan Pidato

Pengertian Pidato

Tujuan pidato adalah sesuatu yang ingin dicapai oleh seseorang yang memberikan pidato. Tujuan pidato dapat berbeda-beda tergantung dari kebutuhan dan tujuan yang ingin dicapai oleh pembicara.

Berikut ini beberapa tujuan pidato yang sering dijumpai:

1. Memberikan informasi

Tujuan utama dari pidato adalah memberikan informasi kepada audiens tentang sesuatu yang ingin disampaikan. Informasi tersebut dapat berupa pengetahuan, fakta, atau data yang bermanfaat bagi audiens.

2. Mempengaruhi

Pidato juga dapat digunakan untuk mempengaruhi audiens agar berpikir atau bertindak sesuai dengan apa yang ingin disampaikan oleh pembicara. Misalnya, pidato tentang kepentingan memilih produk-produk yang ramah lingkungan dapat mempengaruhi audiens agar lebih memilih produk-produk tersebut.

3. Menyampaikan sesuatu

Pidato juga dapat digunakan untuk menyampaikan sesuatu kepada audiens. Misalnya, pidato tentang visi dan misi perusahaan dapat digunakan untuk menyampaikan visi dan misi tersebut kepada audiens.

4. Menyampaikan harapan

Pidato juga dapat digunakan untuk menyampaikan harapan kepada audiens. Misalnya, pidato tentang kepentingan membantu sesama dapat digunakan untuk menyampaikan harapan agar audiens lebih membantu sesama.

5. Menyampaikan pesan

Pidato juga dapat digunakan untuk menyampaikan pesan kepada audiens. Pesan tersebut dapat berupa sesuatu yang ingin disampaikan oleh pembicara kepada audiens, seperti pesan tentang pentingnya menjaga lingkungan.

Dengan demikian, tujuan pidato bervariasi tergantung dari kebutuhan dan tujuan yang ingin dicapai oleh pembicara. Dengan mengetahui tujuan pidato, pembicara dapat lebih fokus dan terarah dalam menyusun struktur pidato dan menyampaikan pesannya kepada audiens.

Jenis-jenis Pidato

Pengertian Pidato

Pidato dapat dikelompokkan ke dalam beberapa jenis berdasarkan tujuan utama dari isi pidato tersebut. Beberapa jenis pidato yang sering dijumpai antara lain:

1. Pidato informatif

Pidato informatif adalah pidato yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada audiens. Pidato informatif dapat berisi fakta, data, pengetahuan, atau informasi lain yang bermanfaat bagi audiens.

2. Pidato persuasif

Pidato persuasif adalah pidato yang bertujuan untuk mempengaruhi audiens agar berpikir atau bertindak sesuai dengan apa yang ingin disampaikan oleh pembicara. Pidato persuasif sering digunakan dalam kegiatan iklan atau promosi.

3. Pidato motivasi

Pidato motivasi adalah pidato yang bertujuan untuk menyemangati atau memberikan motivasi kepada audiens. Pidato motivasi sering digunakan dalam acara-acara korporat, seminar, atau acara lain yang bertujuan untuk memberikan motivasi kepada peserta.

4. Pidato keagamaan

Pidato keagamaan adalah pidato yang bertujuan untuk menyampaikan pesan-pesan agama kepada audiens. Pidato keagamaan biasanya dilakukan oleh para pendeta atau ustadz di gereja atau masjid.

5. Pidato sambutan

Pidato sambutan adalah pidato yang dilakukan oleh seseorang untuk memberikan sambutan kepada audiens dalam sebuah acara. Pidato sambutan biasanya dilakukan oleh pimpinan acara atau oleh seseorang yang dianggap penting dalam acara tersebut.

Baca juga :  Soal Pilihan Ganda Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 1 Kurikulum 2013

6. Pidato pembukaan

Pengertian pidato pembukaan adalah pidato yang dilakukan oleh seseorang untuk membuka sebuah acara. Pidato pembukaan biasanya dilakukan oleh pimpinan acara atau oleh seseorang yang dianggap penting dalam acara tersebut. Pidato pembukaan bertujuan untuk menyambut audiens, menjelaskan tujuan acara, dan memberikan gambaran umum tentang acara yang akan dilaksanakan. Pidato pembukaan biasanya dilakukan sebelum acara utama dimulai.

Struktur Teks Pidato

Pengertian Pidato

Struktur teks pidato adalah susunan atau pola yang digunakan dalam menyusun pidato agar bisa terusun rapi dan jelas.

Struktur teks pidato secara umum adalah sebagai berikut:

1. Introduction (Pembukaan)

Introduction adalah bagian pertama dari pidato yang bertujuan untuk menarik perhatian audiens dan memberikan gambaran umum tentang apa yang akan disampaikan dalam pidato. Introduction biasanya terdiri dari:

  • Greeting (Salam/ Sapaan)

Greeting adalah sapaan yang dilakukan oleh pembicara kepada audiens. Greeting bertujuan untuk menyambut audiens dan menciptakan suasana yang akrab.

  • Attention getter (Pertanyaan pemantik)

Attention getter adalah kalimat atau pertanyaan yang bertujuan untuk menarik perhatian audiens. Attention getter biasanya berupa pertanyaan yang menarik, anekdot, atau fakta yang mengejutkan.

  • Thesis statement

Thesis statement adalah kalimat yang menyatakan secara jelas apa yang akan disampaikan dalam pidato. Thesis statement biasanya terletak di akhir introduction dan merupakan inti dari pidato.

2. Body (Isi)

Body adalah bagian kedua dari pidato yang bertujuan untuk menjelaskan secara detail apa yang akan disampaikan dalam pidato. Body terdiri dari beberapa paragraf yang masing-masing membahas satu poin utama. Setiap paragraf dapat terdiri dari beberapa kalimat yang bertujuan untuk mendukung poin utama tersebut.

3. Conclusion (Kesimpulan)

Conclusion adalah bagian terakhir dari pidato yang bertujuan untuk menyimpulkan apa yang telah disampaikan dalam pidato. Conclusion biasanya terdiri dari:

  • Summary

Summary adalah kalimat yang menyimpulkan apa yang telah disampaikan dalam pidato. Summary bertujuan untuk memudahkan audiens mengingat apa yang telah disampaikan dalam pidato.

  • Call to action

Call to action adalah ajakan atau saran yang diberikan oleh pembicara kepada audiens untuk melakukan sesuatu setelah mendengarkan pidato. Call to action bertujuan untuk mengajak audiens untuk bertindak sesuai dengan apa yang telah disampaikan dalam pidato.

  • Closing

Closing adalah sapaan penutup yang dilakukan oleh pembicara kepada audiens. Closing bertujuan untuk mengakhiri pidato dengan baik dan menciptakan suasana yang akrab.

Penutup

Demikian informasi terkait dengan pengertian pidato, tujuan, jenis dan stukturnya yang dapat kami bagikan. Semoga bermanfaat untuk seluruh pembaca PenaGuru.com.

Simak Video Pidato berikut ini!