this or that

Penggunaan This or That yang Benar dan Contohnya

Posted on

This or that – Dalam Bahasa Inggris kita sering mendengar istilah This, That, These, dan Those. Seringkali pula kita melakukan kesalahan dalam menggunakan kata-kata tersebut. Masih banyak yang masih belum memahami mana penggunaan yang benar antara “This or That” dan “These or those”. Padahal aturan penggunaan kata tersebut seharusnya sudah dikuasai sejak awal belajar Bahasa Inggris.

Namun kali ini sahabat PenaGuru akan membahas tentang bagaimana penggunaan antara “This or That”. Jadi bagi Anda yang belum paham atau sudah mulai lupa tentang kata-kata tersebut, silahkan simak postingan ini sampai selesai.

What is a this or that?

This or that adalah kata tunjuk dalam Bahasa inggris. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah “ini dan itu”. Kata “this dan that” digunakan ketika Anda ingin menunjukkan keberadaan atau letak suatu benda. Misalnya This is a book and that is a book.

Lalu apa yang membedakan antara keduanya? Silahkan simak perbedaan antara “this dan that” berikut ini.

Baca juga :  Latihan Soal Try Out Bahasa Inggris Kelas 9 dan Kunci Jawaban

This dan Penggunaannyathis or that

This artinya adalah “ini”, digunakan ketika Anda ingin menunjuk sesuatu benda yang jaraknya dekat dengan Anda. Contohnya:

  • This is a table. (Ini adalah meja)
  • This is my chair. (Ini adalah kursiku)
  • This is my sister. (Ini adalah saudara perempuanku)
  • This is our classroom. (Ini adalah kelas kita)
  • This is our new team. (Ini adalah tim baru kita)this or that

That dan Penggunaanya

That artinya adalah “itu”, digunakan ketika ingin menunjukkan suatu benda yang berada agak jauh dari kita. Contohnya:

  • That is my father. (Itu adalah ayahku)
  • That is my new house. (Itu adalah rumah baruku)
  • I want to buy that sportcar. (Saya ingin membeli mobil sport itu)
  • That is a very beautiful peacock. (Itu adalah burung merak yang sangat cantik)
  • Please, give me that smartphone. (Tolong beri saya ponsel itu)

Dari penjelasan di atas sudah jelas apa perbedaan antara “this or that”. Lalu bagaimana pula dengan istilah “these and those”? simak ulasannya berikut ini.

Perbedaan antara These and Those

These and those pada dasarnya artinya sama dengan this and that yaitu berarti “ini dan itu”. Perbedaannya hanya terletak pada ‘jumlah” benda yang disebutkan. Dengan kata lain, “these dan those” merupakan bentuk jamak (plural) dari “this dan that”.

Baca juga :  Soal Narrative Text SMP Kelas 8 Pilihan Ganda dan Jawabannya

Perhatikan contoh kalimat berikut ini.

  1. This is a bag. (Ini adalah sebuah tas)
  2. These are bags. (Ini adalah –banyak– tas)
  3. That is a tiger. (Itu adalah seekor harimau)
  4. Those are tigers. (Itu adalah –banyak-harimau)

Dari kalimat 1 dan 2 kita dapat lihat bahwa kedua kalimat tersebut sama-sama menunjukkan tas. Hanya saja pada kalimat pertama hanya ada sebuah tas sedangkan pada kalimat kedua ada banyak tas (lebih dari satu). Begitupun dengan situasi pada kalimat 3 dan 4.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan contoh kalimat yang ada kita dpat menyimpulkan bahwa kita menggunakan this or that untuk menujukkan benda yang sifatnya singular (tunggal) sedangkan “these and those” digunakan untuk benda yang sifatnya plural (jamak).

Demikian informasi pengenai penggunaan this or that yang benar. Semoga dapat menambah pengetahuan tentang Bahasa inggris.

Jangan lupa untuk mengikuti PenaGuru.Com melalui aplikasi Google News dengan cara Following untuk mendapatkan update artikel terbaru kami.