Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran
Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran. source : canva.com

Pentingnya Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Abad 21

Posted on

Pentingnya Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Bahasa Abad 21

Penaguru.com– Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi khususnya fasilitas internet telah memberikan berbagai layanan dan kemudahan yang dapat diaplikasikan dalam kepentingan hidup manusia. Saat ini penggunaan jaringan komputer misalnya, banyak diterapkan dalam semua aspek bidang kehidupan dan tak ketinggalan juga dalam bidang pendidikan. Jika kita amati dari semua bidang di atas, ternyata yang paling minim dalam hal penggunakan teknologi informasi dan komunikasi adalah bidang pendidikan, terutama pendidikan bahasa.

Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) bukanlah barang baru dalam dunia pendidikan. Pemanfaatannya telah memasuki dunia pendidikan sejak dicantumkan dalam kurikum tahun 2004. TIK telah dimasukkan kedalam kegiatan intra sekolah dengan tujuan agar peserta didik mampu mengoptimalkan keterampilannya sehingga dapat diintegrasikan pada mata pelajaran lain sebagai lintas kurikulum. Seperti pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran bahasa inggris, kurikulum melihat bahwa dalam perkembangan kehidupan masyarakat ke arah globalisasi keduanya memegang peranan yang sangat penting sehingga peserta didik wajib dibekali dengan keterampilan keduanya.

Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran
Pentingnya Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Bahasa. source : pexels.com

Materi yang menarik dari seorang guru akan memudahkan peserta didik dalam memahami pelajaran bahasa inggris. Seorang guru harus mampu menemukan strategi ajar apabila menemukan peserta didik yang mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran. Kita harus menciptakan suasana belajar mengajar yang nyaman dan menyenangkan sehingga membuat peserta didik lebih santai dalam memahami pelajaran.

Kita bisa menggunakan media visual yang bisa didapatkan dengan mudah di internet, rekaman video-video tentang materi pembelajaran yang dapat diambil dari youtube, bahkan kita dapat merancang dan membuat bahan ajar berbasis teknologi dengan menggunakan software yang juga bisa kita dapatkan dari internet, seperti smart apps creator, mango animation, ispring suite dan banyak lainnya. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang dapat memberi manfaat besar jika dilaksanakan secara konsisten.

Penggunaan TIK dalam pembelajaran bahasa inggris berkaitan erat dengan penggunaan komputer. Komputer tidak hanya menjadi alat elektronik yang memudahkan guru dalam membuat bahan ajar dan perangkat pembelajaran atau sebatas penggunaan microsoft office (word, excel dan powerpoint). Komputer juga telah menjadi alat komunikasi jarak jauh/daring dengan banyaknya fasilitas video conference seperti zoom, meet, teams, e-mail, skype dan sebagainya.

Baca juga :  Belajar Jarak Jauh | 3 Tips Mendampingi Anak Belajar Di rumah Bagi Orang Tua

Guru harus mampu melihat peluang dengan perkembangan internet yang pesat, apalagi di era belajar daring seperti saat ini. Misalnya ketika anda mendapatkan peserta didik yang mengalami kesulitan dalam skill writing/menulis, anda bisa memotivasi dan mengarahkannya untuk membuat suatu mailing list yang menggunakan bahasa inggris sebagai base dalam berkomunikasi. Komunitas seperti itu akan membiasakan mereka berkomunikasi dengan menggunakan bahasa inggris, sehingga akan terbiasa untuk selalu menulis.

Media Teknologi Informasi dan Komunikasi

Pentingnya Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran
Pentingnya Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Bahasa. source : pexels.com

Beberapa media TIK yang dapat digunakan dalam pembelajaran menurut Hartoyo:

  1. Multimedia Interaktif, Teknologi ini membantu untuk mempermudah dalam menggabungkan beberapa media seperti graphic, audio, text, video dan animasi sehingga menjadi aplikasi komputer. Ini bisa ditemui di banyak website;
  2. Televisi, Teknologi ini sekarng sudah hampir dimiliki oleh setiap keluarga;
  3. Komputer, Hampir sama dengan televisi, komputer sudah menjamur dimana-mana. Bahkan sekarang telah di perkecil dalam bentuk laptop atau notebook sehingga mudah dibawa kemana-mana;
  4. Sound system, perangkat audio yang sudah menjadi satu bagian dari komputer. Perangkat ini ada yang tergabung dengan komputer dan ada yang tidak, era sekarang ini sudah banyak dijumpai dalam bentuk portable.

Jenis Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Bahasa

Beberapa jenis TIK dalam pembelajaran bahasa berdasarkan pendapat Hartoyo:

  1. CALL (Computer-Assisted Language Learning), merupakan sebuah software yang dapat diaplikasikan dalam pembelajaran bahasa inggris yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan listening, speaking, reading dan writing. Software ini ada yang berbayar dan ada yang free. Untuk versi free bisa gunakan Hot Potatoes yang bisa didapatkan di laman hotpot.uvic.ca.
  2. Information Hubs, Kita dapat memanfaatkan internet untuk mentransfer data yang berhubungan dengan proses belajar mengajar.
  3. Publication Forum, Guru dan peserta didik dapat menggunakan website dan blog untuk mempublikasikan portofolio mereka. Dewasa ini semakin menjamur orang-orang yang ingin membuat blog atau website. Paltform yang bisa digunakan secara gratis dan mudah adalah wordpress dan blogger.
  4. Medium to converse or correspond, Hal ini dapat dilakukan dengan fasilitas video conference.
  5. Intercultural Communication, Peserta didik dapat berkomunikasi dan bertukar materi/data yang behubungan dengan pelajaran melalui media/jejaring sosial seperti fcebook, twitter, skype dan sebagainya.
  6. Research Support, TIK membantu dalam melakukan riset dan proses pengumpulan data mealalui database yang tersimpan di internet dan survey yang bisa dilakukan secara daring.
Baca juga :  Cara Mudah Dalam Menciptakan Suasana Kelas Yang Menyenangkan | Bagian 1

Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

Pentingnya Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Bahasa
Pentingnya Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Bahasa. Source: pexels.com

Dengan metode yang bervariasi dan dipadukan dengan pemanfaatan TIK dalam proses pembelajaran akan membuat peserta didik tidak merasa bosan dan jenuh. Jadi guru tidak hanya menyajikan materi secara lisan, namun juga secara visual, audio maupun audio-visual. Contoh pemanfaatan TIK antara lain :

1. Tape recorder dan sound system

Ini biasa digunakan untuk menyampaikan materi lagu dalam bahasa inggris, namun seiring dengan perkembangan zaman mulai jarang ditemukan kecuali di daerah pelosok yang belum tersentuh dengan teknologi.

2. LCD atau OHP

Digunakan untuk menayangkan materi yang telah dibuat dalam bentuk powerpoint ataupun video-video pembelajarana.

3. Laboratorium Bahasa

Biasa digunakan untuk menyampaikan materi listening, dengan memanfaatka laboratorium para peserta didik dapat menggunakan headset yang tersedia sehingga pendengaran mereka tidak terganggu dengan suara bising di luar kelas.

4. Komputer atau Notebook

Digunakan untuk mengakses data dari internet.

5. Search Engine

Guru bisa menggunakan search engine atau mesin pencari untuk mengajari para peserta didik untuk browsing dan surfing di dunia maya dengan menggunakan mesin pencari yang terkenal seperti google dan yahoo.

6. Media Sosial

Saling bertukar media sosial antara guru dan peserta didik sehingga komunikasi tetap berjalan walau di luar sekolah.

7. Chat room

Guru bisa menggunakan fasilitas ini untuk melatih keterampilan berbicara para peserta didik.

Di luar dari semua itu, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran bahasa dapat berjalan dengan baik apabila guru memiliki komitmen dalam menjalankan programnya. Mereka juga harus senantiasa memotivasi diri dan mengupgrade pengetahuan tentang teknologi. Jangan sampai kalah dengan peserta didik dalam hal pengetahuan teknologi informasi dan komunikasi.

Sekian pembahasan kali ini tentang pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran, khususnya dalam pelajaran bahasa inggris. Semoga bermanfaat bagi seluruh rekan pendidik.

Salam Penaguru.