teknologi informasi dan komunikasi
source: canva.com

Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Online | Daring 2020

Posted on

Penaguru.com-Halo sahabat pendidik dimanapun anda berada. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran online memberikan kesempatan kepada pendidik untuk dapat lebih memahami berbagai metode belajar peserta didik baik audio, visual, audiovisual maupun kinestetik. Hal ini dimungkinkan dengan sumber belajar yang beragam dan dapat menggunakan model blended learning dimana peserta didik dapat bertatap muka melalui online dengan berbagai sumber belajar itu sendiri. Dengan memanfaatkan teknologi (TIK) terkini maka  peserta didik akan mendapatkan pembelajaran yang otentik dan jauh dari kata membosankan.

Bagaimana Mengaplikasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Online

Ada beberapa tahapan yang mesti diperhatikan terlebih dahulu.

1. Menguasai silabus mata pelajaran

Ketika sahabat pendidik telah menguasai isi silabus maka akan memdapatkan gambaran dari keseluruhan materi yang akan diajarkan, terutama tujuan dan hasil yang ingin dicapai dalam pembelajaran tersebut. Dengan demikian kita dapat merancang bagaimana metode dan gaya yang tepat agar dapat memperoleh hasil pembelajaran yang maksimal.

2. Manajerial waktu dan Sarana.

Sahabat pendidik harus mampu mengatur waktu dengan memperhitungkan saran dan prasarana yang ada, agar proyek dikerjakan tidak banyak menyita waktu.

3. Pembagian kelompok kerja

Tiap peserta didik memiliki karakteristik yang berbeda, ini yang perlu dipahami oleh pendidik. Masing-masing memiliki keunggulan dalam bidang tertentu sehingga kita mesti mampu mengatur dan membagi mereka ke dalam kelompok yang saling melengkapi. Jangan menggabungkan peserta didik yang unggul dalam satu bidang tertentu, tetapi harus dibagi secara merata agar terjadi keseimbangan.

4. Konsep dasar dari materi yang akan digunakan dalam pembelajaran harus tersampaikan dengan jelas kepada peserta didik agar mereka lebih terarah.

Baca juga :  Begini Rencana Alur Proses Seleksi Guru PPPK 2021 dan Tanya Jawab P3K

5. Selalu melaksanakan kontrol dan pengawasan serta tetap membeerikan koreksi selama proses pembelajaran berlangsung.

Sejatinya teknologi hanyalah alat bantu dalam memudahkan kita dalam mendokumentasikan hasil karya peserta didik. Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi sendiri harus tetap mengutamakan nilai pedagogik, peran pendidik tetap lebih utama dibanding teknologi itu sendiri.

Beberapa Situs yang Dapat Dijadikan Referensi Sumber Materi

1. www.bbc.com dan www. voaindonesia.com

Sahabat Pendidik dapat menggunakan situs ini untuk materi reading and listening bahasa inggris. Peserta didik dapat mempelajari berita terbaru yang terjadi di seluruh dunia dalam bidang budaya, teknologi dan pendidikan. Situs ini dapat diakses secara free.

2. www.ed.ted.com

Melaui situs ini, Pendidik dapat memperoleh referensi sumber materi yang terkait dengan ilmu exacta, ilmu sosial dalam bentuk animasi. Tentu saja ini sangat menarik dan menumbuhkan minat belajar dan imajinasi peserta didik. Situs ini juga free.

3. www.guruberbagi.kemdikbud.go.id

teknologi informasi dan komunikasi
gambar 1. contoh tampilan situs

Dalam situs ini, pendidik dapat memperoleh materi baik, rpp, artikel, video dan media pembelajaran lainnya. Semuanya bisa didapatkan secara gratis.

4. www.youtube.com

Peserta didik dapat menggunakan situs ini untuk menyimak lagu dan film pendek. Mereka juga dapat mengunggah tugas project mereka ke dalam situs ini secara gratis.

5. www.goodreads.com

teknologi informasi dan komunikasi
gambar 2. contoh tampilan situs

Peserta didik dapat menggunakan situs ini untuk materi membaca. Banyak literatur gratis dapat didapatkan dari situs ini. Situs ini ada yang berbayar, ada juga yang free.

Media Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi yang Dapat Digunakan untuk Berkreasi dalam Pembelajaran

Di era millenial seperti sekarang ini, telah banyak platform media sosial atau situs pendidikan yng dapat digunakan dalam pembelajaran.

1. www.facebook.com

teknologi informasi dan komunikasi
gambar 3. contoh tampilan media sosial

Pendidik maupun peserta didik dapat membuat grup belajar melalui media sosial terpopuler ini. Boleh dikatakan, facebooklah media sosial yang paling banyak penggunanya karena dapat diakses secara gratis. Kita dapat menyimpan proyek kita dalam bentuk gambar maupun video di platform ini.

Baca juga :  Cara Mengaktifkan Akun Pembelajaran Belajar.id

2. www.twitter.com dan www. instagram.com

Kedua platform ini bisa dikatakan sebagai anak dari facebook, karena mereka belakangan hadir. Akan tetapi penggemar kedua medsos ini sekarang hampir menyaingi facebook. Para anak muda misalnya sekarang banyak yang lebih eksis di platform ini. Kita bisa menggunakan untuk mempopulerkan hasil karya kita melalui medsos ini.

3. www.new.edmodo.com

teknologi informasi dan komunikasi
ganbar 4. contoh tampilan media sosial

Media ini mampu mendorong untuk mengoptimalkan daya imaginasi, daya kreasi dan daya kritis peserta didik. Mereka dapat menggunakan media ini untuk berbagi hasil karya mereka ke seluruh penjuru dunia.

4. www.soundcloud.com

Soundcloud bisa dikatakan sebagai facebook versi audio, karena platform ini hanya dalam bentuk suara. Peserta didik dapat menggunakan media ini untuk merekam audio terutama buat pembelajaran bahasa inggris.

5. MS Powerpoint

Ini merupakan bagian dari microsoft office, dipergunakan untuk membuat slide show/presentasi yang menarik. Peserta didik dapat menggunakan media ini untuk menampilkan proyek mereka. Bahkan sekarang ini fitur dari powerpoint semakin lengkap, bisa untuk membuat video dan convert presentasi ke dalam bentuk apk android.

Masih banyak lagi media yang bisa digunakan oleh pendidik maupun peserta didik selain yang telah disebutkan di atas untuk mengembangkan potensi. Pendidik juga harus menyampaikan rambu-rambu dan kaidah pemanfaatan media tersebut untuk menghidari pelanggaran UU ITE dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran online. Itulah pentingnya supaya sejak dini, pengetahuan tentang UU ITE mesti disampaikan kepada peserta didik.

Sahabat pendidik, demikian pembahasan mengenai pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran online . Semoga bisa membantu sahabat semua dalam melaksanakan kewajiban sebagai tenaga pendidik.

Salam Pena.