teknik pembelajaran
sumber: canva.com

Begini 9 Macam Teknik Pembelajaran Terbaru yang Harus Kamu Lakukan!

Posted on

Teknik Pembelajaran  merupakan suatu cara yang dilakukan oleh seorang pendidik dalam mengimplementasikan suatu metode pembelajaran secara spesifik. Teknik adalah alat yang digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran yang telah ditentukan dalam kurikulum. Hal yang harus diperhatikan dalam menentukan teknik pengajaran yang akan digunakan dalam proses pembelajaran yaitu harus memperhatikan kondisi peserta didik dan suasana kelas demi keefektifan proses pembelajaran. Teknik pembelajaran yang dapat digunakan meliputi:

A. Teknik Ceramah

Dalam teknik ini, transfer ilmu pengetahuan dilakukan oleh pendidik kepada peserta didik dengan menyampaikan materi pembelajaran secara lisan atau ceramah, dimana fokus kegiatan pembelajaran adalah peserta didik mendengarkan pemaparan dan penjelasan dari pendidik.

a. Kekurangan teknik ceramah :

  1. Peserta didik menjadi pasif
  2. Proses PBM berfokus pada definisi kata-kata saja
  3. Penilaian proses belajar sulit dikontrol
  4. Peserta didik mudah merasa bosan

b. Kelebihan:

  1. Peserta didik didorong menjadi lebih fokus
  2. Guru memegang kontrol penuh
  3. Gampang diaplikasikan

B. Teknik Diskusi

teknik pembelajaran yang perlu diketahui
sumber: canva.com

Diskusi merupakan interaksi antara dua orang atau lebih dalam satu kelompok yang mempunyai pemahaman ilmu pengetahuan yang sama sehingga dapat mengkomunikasikan ilmu mereka dengan pemahaman yang tepat.

a. Kekurangan teknik ini:

  1. Dimonopoli oleh mereka yang suka berbicara
  2. Kurang cocok digunakan untuk kelas gemuk
  3. Topik yang terbatas

b. Kelebihan:

  1. Peserta didik mampu berpikir kritis
  2. Menanamkan persepsi bahwa setiap masalah ada solusinya
  3. Melatih peserta didik menyampaikan pendapat dalam memberikan masukan atau alternatif pemecahan masalah

C. Teknik Kerja Kelompok

Teknik kerja kelompok merupakan cara mengajar yang dilakukan dengan membagi peserta didik ke dalam beberapa kelompok, untuk bertukar pikiran dalam suatu topik untuk mencapai tujuan tertentu. Hakikat dari teknik ini adalah mengembangkan kesamaan pendapat atau mencari rumusan terbaik mengenai suatu permasalahan.

Baca juga :  3 Cara Terbaru Melakukan Pembelajaran Online | Belajar Daring

D. Teknik Penemuan (Discovery)

Teknik penemuan merupakan proses pembelajaran dimana peserta didik melakukan proses pengamatan, mencerna, mengerti dan menggolongkan serta membuat penarikan kesimpulan. Peserta didik diarahkan untuk menemukan sendiri atau mengalami mental itu sendiri, sementara pendidik hanya melakukan proses pembimbingan dan memberikan arahan.

E. Teknik Simulasi

teknik pembelajaran yang perlu diketahui
sumber: canva.com

Teknik simulasi merupakan cara pengajaran yang dilakukuan akibat kurangnya kemungkinan untuk melakukan praktek dalam kondisi yang sebenarnya sehingga dilakukan dengan memindahkan situasi tersebut ke dalam kegiatan atau ruang belajar. Simulasi dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu simulasi game, peer teaching maupun role playing.

F. Teknik Inquiry

Teknik inquiry merupakan teknik pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik dengan membagi tugas meneliti suatu masalah kelas. Peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok dengan tugas yang berbeda antar kelompok satu dengan yang lainnya. Pendidik hanya berperan sebagai pengarah sedangkan peserta didik mempelajari, menganalisis dan mendiskusikan tugasnya bersama dengan anggota kelompok yang nantinya akan disusun ke dalam suatu laporan yang rapi .

G. Teknik Eksperimen

Teknik eksperimen merupakan teknik mengajar dimana pendidik mengajak peserta didik untuk melakukan percobaan dan observasi yang nantinya di presentasikan di dalam kelas dan mendapatkan feedback serta evalusi dari guru.

Kelebihan:

  • menumbuhkembangkan semangat jiwa peneliti dan rasa ingin tahu
  • membuat peserta didik dapat membuktikan materi dengan melakukan berbagai eksperimen.

Kekurangan:

  • Tidak dapat diterapkan untuk semua mata pelajaran
  • waktu dan alat yang terbatas
Baca juga :  4 Hal Yang Harus Di perhatikan Untuk Menjadi Guru Yang Profesional dan Efektif

H. Teknik Karyawisata

Teknik ini dilakukan dengan mengajak peserta didik ke suatu tempat di luar sekolah. Peserta didik dminta untuk mengamati dan berdiskusi  dengan teman-temannya. Teknik ini cocok diterapkan untuk materi mendeskripsikan suatu objek atau teks deskriptif. Boleh dikatakan kalau teknik semacam ini merupakan cara mengajar yang paling disenangi oleh peserta didik. Merka paling suka belajar sambil berwisata, tetapi teknik ini biasanya hanya dilakukan sekali per semester/pertahun.

Kelebihan:

  • Peserta didik tidak merasa jenuh
  • peserta didik beinteraksi dengan obyek nyata sehingga membuat mereka lebih kreatif

Kekurangan:

  • membutuhkan izin dari berbagai pihak
  • biaya yang cukup banyak
  • membutuhkan pengawasan yang ketat demi keselamatan peserta didik

I. Teknik Drill

Teknik ini merupakan teknik pembelajaran untuk melatih ketangkasan peserta didik.

Kelebihannya adalah kuantitas latihan yang banyak membuat peserta didik terlatih pada bidang pengetahuan tertentu. Kekurangan, peserta didik mudah merasa bosan karena intensitas latihan dan kurangnya variasi cara yang digunakan.

Macam- macam teknik yang disebutkan di atas hanyalah merupakan referensi bagi semua rekan-rekan guru. Adapun pelaksanaannya bergantung pada situasi dan kondisi peserta didik yang dihadapi dan tentunya harus diperhatikan juga bagaimana kultur budaya di dareh tersebut. Bagaimanapun keberhasilan pendidikan di satuan pendidikan bergantung kepada profesionalisme guru. Demikian pembahasan tentang macam teknik pembelajaran yang perlu diketahui, semoga bermanfaat buat semua sobat guru.

Salam Penaguru..