contoh soal us matematika smp
contoh-soal-us-matematika-smp

Contoh Soal US Matematika SMP/MTs Kurikulum 2013 Terbaru

Posted on

Contoh Soal US Matematika SMP/MTs Kurikulum 2013 Terbaru

PenaGuru.Com – Ujian Sekolah atau US/USBN akan dilaksanakan sebentar lagi. Meskipun pelaksanaan UN di tiadakan namun US masih menjadi salah satu syarat pertimbangan kelulusan menurut surat edaran Mendikbud nomor 1 tahun 2020. Oleh karena itu, satuan Pendidikan perlu mempersiapkan diri dalam membuat soal soal US tahun 2021 ini. Pada postingan ini, admin akan membagikan informasi terkait dengan contoh soal US Matematika SMP beserta dengan mekanisme pelaksanaan US.

Sebelum membuat soal US/USBN, terlebih dahulu harus kita pahami tentang prosedur pembuatan soal soal US atau USBN dan tujuan diadakannya ujian sekolah tersebut.

Pengertian Ujian Sekolah

Penilaian pendidikan digunakan untuk memprediksi kompetensi dan menentukan apakah tujuan pembelajaran peserta didik telah tercapai selama proses pembelajaran di satuan pendidikan. Penilaian pendidikan dilakukan secara berkesinambungan mulai dari materi atau kompetensi awal tiap jenjang kelas atau semester hingga kompetensi akhir pada satuan pendidikan, dilakukan secara internal dan eksternal.

Ujian sekolah adalah proses penilaian yang dilakukan untuk kelas 6 jenjang SD, kelas 9 jenjang SMP, dan kelas 12 jenjang SMA. Nilai US menjadi bahan pertimbangan bagi kelulusan peserta didik.

Kompetensi yang diujikan

US mengukur dan menilai kompetensi peserta didik terhadap Standar Kompetensi Lulusan (SKL) sesuai dengan Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 dan SKL ekstra yang diputuskan sekolah. Kompetensi mencakup pengetahuan dan keterampilan dengan mengambil materi dari kelas 7 8 9 bagi jenjang SMP

Waktu Pelaksanaan Ujian

US dilakukan pada akhir di jenjang siswa. Walaupun demikian, pengamalan persiapan ujian ini dapat saja dilaksanakan sejak mula siswa masuk (kelas VII), contohnya untuk evaluasi portofolio, yang akan dibicarakan pada postingan tersendiri.

Baca juga :  Latihan Soal UTBK Saintek Online Berbasis Aplikasi Computer Based Test

Prinsip-prinsip Pelaksanaan Ujian

Pelaksanaan ujian berdasarkan prinsip evaluasi secara umum, yakni:

  • Sahih
  • Objektif
  • Adil
  • Terbuka
  • Menyeluruh
  • Sistematis
  • Beracuan Kriteria
  • Akuntabel
  • Efisien

Langkah-langkah Umum Penyelenggaraan Ujian

Penyelenggaraan ujian oleh satuan pendidikan mengikuti langkah-langkah umum sebagai berikut:

1. Perencanaan

a. Menyusun Prosedur Operasional Standar (POS)
b. Menentukan format ujian dan mengembangkan instrumen

2. Pelaksanaan

Satuan Pendidikan mengemban US sejalan dengan POS. Pada waktu pelaksanaan dilaksanakan monitoring dan penilaian oleh Kepala Sekolah ditolong tim yang ditugasi.

3. Pengolahan dan Tindak Lanjut

Data nilai peserta didik hasil ujian selanjutnya diubah sebagai dasar pemungutan keputusan terhadap peserta didik. Di samping itu, data hasil ujian ini bisa dimanfaatkan lebih lanjut, contohnya sebagai di antara dasar untuk kepandaian satuan edukasi dan perbaikan pembelajaran pada periode selanjutnya.

Langkah-langkah Penyusunan Instrumen Ujian

Penyusunan instrumen ujian yang diadakan satuan pendidikan berdasarkan langkah-langkah sebagai berikut:

1) Melakukan analisis SKL (SKL Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 dan yang diputuskan satuan pendidikan)
2) Menganalisis dan memetakan Kompetensi Dasar (KD) yang sesuai.
Untuk PAS dan PAT memakai seluruh KD pada semester itu. Untuk US memakai sampel KD, yaitu KD-KD yang mewakili SKL)
3) Menentukan lingkup materi cocok indikator
4) Merumuskan indikator soal/instrumen dengan memasukkan bagian audience (peserta didik), behavior (perilaku yang diungkap pada butir instrimen), condition (kondisi ketika ujian pada butir instrumen dilakukan), dan degree (derajat pencapaian indikator)
5) Menentukan format ujian yang sesuai.
6) Merangkum hasil semua tahapan di atas dalam format kisi-kisi,
7) Mengembangkan instrumen yang dipilih beserta rubrik atau pedoman penskoran

Bentuk Ujian yang Diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan

Berbagai bentuk ujian yang dapat dipilih satuan pendidikan, antara lain portofolio, tes tertulis, produk, proyek, tes lisan, tes kinerja, tes praktik, dan bentuk lain. Berbagai bentuk ujian tersebut di atas, dapat dipergunakan oleh satuan pendidikan dalam melaksanakan kegiatan penilaian yang menjadi kewenangan satuan pendidikan, seperti Penilaian Akhir Semester (PAS), Penilaian Akhir Tahun (PAT), dan Ujian Sekolah (US).

Baca juga :  Kisi-Kisi dan Soal PAS PJOK SMP Semester 1 Kelas 7 8 9 Kurikulum 2013

Contoh Soal US Matematika SMP

contoh soal us matematika smp

Contoh soal US Matematika berikut disusun dari materi kelas 7 8 9 SMP dengan perbandingan 25% materi Matematika kelas 7, 25% materi Matematika kelas 8, dan 50% materi Matematika kelas 9.

Untuk mendapatkan referensi contoh soal US/USBN Matematika SMP bisa melalui tautan berikut ini. Format soal dalam bentuk Microsoft word sehingga mudah untuk di sesuaikan dengan materi masing-masing.

Download Soal US Matematika SMP Kurikulum 2013 Terbaru

Bagi yang ingin mendapatkan contoh soal US/USBN SMP mata pelajaran lainnya, silahkan melalui tautan berikut.

Demikian infomasi seputar tatacara pelaksanaan UN dengan referensi contoh soal US/USBN Matematika jenjang SMP yang dapat kami bagikan. Semoga bermanfaat.