Penggunaan Of Course dan Off Course yang Benar

Posted on

Of Course dan Off Course – Dalam sebuah dialog percakapan Bahasa Inggris, seringkali kita mendengar kata of course yang digunakan oleh pembicara. Sekilas untuk mengikuti dan melafalkannya sangat mudah untuk dilakukan. Namun ketika ingin menuliskannya justru terkadang timbul masalah, apakah of course, off course, atau of corse yang merupakan cara penulisan yang betul? Agar tidak terjadi kesalahan dalam ejaan dan penulisan kata of course kedepannya, silahkan simak artikel ini sampai selesai.

Sebagaimana yang kita pahami bahwa dalam Bahasa Inggris kesalahan penulisan salah satu huruf saja dapat mempengaruhi arti dari kata tersebut. Oleh karena itu kita mesti berhati-hati dalam menuliskan suatu kata, jika belum yakin lebih baik untuk mengecek di kamus mana penulisannya yang benar.

Seberapa jauh sih perbedaannya? padahal hanya beda pada satu huruf saja. Penasaran kan? Langsung saja lihat ulasannya berikut ini.

Perbedaan Kata Of Course dan Off Course

Pada saat Anda mencari kata of course melalui internet atau di dalam kamus, pastikan bahwa ejaannya benar. Mengingat baik “of course” maupun “off course” merupakan 2 kata yang benar. Artinya keduanya termasuk dalam kosakata Bahasa Inggris sehingga akan muncul dalam pencarian.

Meskipun sama-sama benar namun keduanya sungguh memiliki arti yang berbeda. Makanya Anda harus memastikan apakah Anda ingin menggunakan “of course” atau “off course”. Agar lebih jelasnya, berikut ini perbedaan makna kata “off course” dan “of course” dan contoh pemakaian dalam kalimat Bahasa Inggris.

Baca juga :  Materi Bahasa Inggris Kelas 3 SD Animal Lengkap dengan Daftar Kosakata

Of Course, dan Penggunaannya

Of course, jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia adalah “tentu saja”, “iya”, “benar”. Olehnya itu kata “of course” sering digunakan untuk mengkonfirmasi kebenaran pernyataan atau pertanyaan dari lawan bicara kita.

Of course, adalah kata yang digunakan untuk memberikan respon positif dengan tujuan memperkuat suatu pernyataan. Jika Anda ingin menekankan sesuatu dengan mengatakan “tentu saja” maka dapat menggunakan “of course”.

Perhatikan contoh pemakaian kata of course dalam kalimat di bawah ini.

Contoh kalimat of course dan artinya

  1. Customer: Excuse me, Can I have extra sugar for my coffee? (Pelanggan: permisi, dapatkah saya meminta tambahan gula untuk kopiku?)
    Waitress: Of course, you can. (Pelayan: Tentu saja)
  2. Budi: Can I sit there? (Budi: dapatkah saya duduk disana?)
    Susi: Of course (Susi: Tentu saja)
  3. Of course, she can join the meeting. (Tentu saja, dia dapat mengikuti pertemuan tersebut)

Setelah melihat penjelasan dan contoh kalimat tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa kata “of course” merupakan bentuk lain dari kata “yes”. Namun pemakaiannya dalam situasi non-formal, sehingga jika anda menulis atau berbicara dalam kondisi formal baiknya menggunakan kata “yes”.

Off Course dan Penggunannya

Kata “off course” jika diartikan kedalam Bahasa Indonesia adalah “diluar jalur atau diluar rute”. Sehingga sekarang sudah nampak jelas apa perbedaan dari kedua kata “of course” dan “off course” tersebut. Satunya bermakna “Ya” sedangkan yang lainnya bermakna “diluar jalur”. Sekarang sobat PenaGuru.Com sudah dapat memutuskan kata mana yang ingin Anda gunakan sesuai dengan artinya.

Baca juga :  Teks Prosedur Cara Membuat Nasi Tumpeng dalam Bahasa Inggris

Agar lebih jelas perhatikan penggunaan kata off course dalam contoh yang kami berikan.

Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan kata off course dalam kalimat:

Contoh kalimat off course dan artinya

  1. The riders were off course because that incident. (Para pembalap keluar lintasan karena insiden tersebut)
  2. My motorcycle was off course due to slippery road. (Motor saya keluar jalur karena jalanan licin)
  3. Andi can not finish the race because he was off course. (Andi tidak dapat menyelesaikan balapan karena keluar jalur)

Demikianlah penjelasan singkat mengenai perbedaan dan penggunaan kata of course dan off course dalam Bahasa inggris. Semoga dengan penjelasan tersebut Anda mampu menentukan kata yang akan digunakan, apakah of course atau off course. Dengan begitu tidak terjadi lagi kesalahan penulisan dan ejaan dari kedua kata tersebut.

Jangan lupa untuk mengikuti PenaGuru.Com melalui aplikasi Google News dengan cara Following untuk mendapatkan update artikel terbaru kami.